#72 Keindahan Lain dari Belanda – Inovasi dan Kreativitas

Apa yang kamu ketahui tentang Belanda kawan? Mayoritas teman-teman saya bila saya tanyakan tentang Belanda jawabanya tidak jauh dari Tulip, Kincir Angin, Kanal Air, dan beberapa tim dan atlet sepakbolanya. Tidak salah memang persepsi mereka, karena memang itulah Belanda, Koninkrijk der Nederlanden alias kerajaan yang berada di tanah-tanah yang rendah.
Kali ini saya ingin melihat Belanda dari perspektif yang lain! Berawal dari tulisan dengan judul Assessing Policies, Programs and Other Initiatives to Promote Innovation in the Public Sector: International Case Studies, yang dibuat oleh Don Scott-Kemmis, saya menemukan fakta menarik bahwa Belanda merupakan salah satu pionir dalam pengembangan e-government. Hal tersebut diawali dengan berbagai inisiatif kebijakan yang dikeluarkan pemerintah Belanda pada era 1990-an dan disertai dengan kebijakan-kebijakan fundamental lainnya seperti The Electronic Government Action Plan pada tahun  1998, kemudian The Dutch Digital Delta pada tahun 1999 serta pengembangan program inovatif lainnya.
Keberhasilan Pemerintah Belanda dalam berinovasi, sangat menarik untuk dikaji dan dijadikan contoh bagi Indonesia. Inovasi dan kreativitas Belanda sebagai sebuah negara, tentu tidak lepas dari peran warganya. Bila melihat latar belakang Belanda, mereka merupakan sebuah bangsa yang menerima keberagaman karena banyaknya migran dari negara lain. Sebagai contoh, lebih dari 50% dari anak yang lahir di Amsterdam pada tahun 2006 memiliki setidaknya satu orang tua yang aslinya tidak berasal dari Belanda. Namun Belanda bukanlah negara yang kaku identitasnya. Tradisi berabad-abad bangsa Belanda dalam perdagangan dunia telah menyebabkan Belanda sangat menghargai nilai toleransi dan mendorong warganya untuk bebas melakukan kreativitas dan inovasi apapun.
Menjawab kehausan warga Belanda akan inovasi dan kreativitas, Public Sector Innovation and Quality Bureau atau Biro Inovasi Sektor Publik dan Kualitas pada Pemerintahan Belanda mengembangkan sebuah database dari ribuan contoh inovasi dari beberapa sektor public (http://www.rijksoverheid.nl/). Hal tersebut tentu sangat menarik, karena setiap warga atau komunitas dapat melihat benchmark inovasi untuk mereka kembangkan. Pemerintah Belanda juga membangun sebuah E-Government Knowledge Centre  (ELO) dan The 21st Century Government Network (ON21) yang mengatur pembelian kolektif untuk peralatan IT dan jasa untuk sektor publik. Bahkan baru-baru ini, sebuah jaringan dari 1.500 organisasi pembelian publik Belanda telah dibentuk untuk berbagi pengetahuan dalam inovasi yang dinamai Professional and Innovative Procurement Network (PIANO).
Apa yang dijabarkan di atas, sangatlah menarik untuk direplikasi di Indonesia. Kemajemukan di Belanda telah mendorong mereka untuk inovatif dan kreatif yang tentu dilatarbelakangi juga dengan bagusnya kualitas pendidikan mereka. Hal tersebut dibuktikan dengan posisi Belanda yang berada pada urutan ke-3 yang negaranya memiliki jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012 (http://www.timeshighereducation.co.uk). Tentu keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua elemen bangsa Belanda yang tidak ragu untuk mengungkapkan ide baru serta iklim diskusi yang nyaman untuk pengembangan ide tersebut. Hasil dari sisi lain keindahan Belanda ini telah menjadikan Belanda sebagai negara terbaik kedua di dunia untuk Best Place for Business (http://www.dutchdailynews.com) dan mengantarkan Belanda memperoleh rangking ke-empat sebagai negara yang paling bahagia di dunia (http://www.dutchdailynews.com).
Sebagai penutup, apakah kita hanya menonton sepak bola atau menikmati Tulip dari Belanda? Tentu, sudah saatnya mereplikasi inovasi dan kreativitas Belanda bagi Indonesia yang lebih baik.
- ditulis oleh Ginanjar M. Sukamdani
About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s