#200 Mobil Terbang

Dalam film Harry Potter, kita tahu bahwa Ford Anglia tua milik Mr Weasley dapat terbang dan dinaikki oleh lebih dari 10 orang. Hal ini dapat terjadi karena mobil tersebut terkena mantra sihir oleh Mr Weasley. Mungkin kita membayangkan bahwa hanya dengan ilmu sihir mobil dapat terbang seperti di film itu. Padahal untuk negara-negara yang sering kali menghadapai kemacetan, adanya inovasi kendaraan yang bisa terbang tersebut dapat mengatasi masalah kemacetan yang menimbulkan banyak masalah. Tidak hanya untuk masalah dijalan, namun dapat membuat orang-orangnya menjadi stress karena berada dijalanan dalam waktu yang sangat lama. Ditinjau dari sisi sumber daya, maka banyak kendaran akan menghabiskan banyak bahan bakar hanya untuk berada dalam antrian kemacetan yang tidak berguna. Hal tersebut tentulah sangat merugikan bagi banyak pihak, tidak hanya si pemilik kendaraan, namun alam, bumi turut merasakannya karena hasil pembakaran yang terus menerus di produksi. Namun kini dengan seiringnya teknologi yang maju, maka muncullah berbagai inovasi untuk menciptakan mobil terbang tersebut.

Beberapa waktu ini, publik digembarkan dengan adanya prototipe mobil terbang yang benar-benar dapat berjalan sesuai dengan namanya, yaitu terbang. Dengan bentuk yang disesuaikan agar bisa terbang, tidak seperti Ford Anglia yang benar-benar mengambil bentuk dari mobil Ford Anglia. Mobil Terbang ini tercipta dengan modifikasi tertentu dan kreativitas tertentu.

Sampai saat ini ada dua mobil terbang yang sudah dikenalkan kepada publik, yang pertama adalah milik Perusahaan Belanda yang disebut PAL-V(Personal Air and Land Vehicle). PAL-V adalah kendaraan inovatif yang dapat dikemudikan seperti mobil dan terbang seperti gyrocopter. PROTOTIPE PAL-V merupakan trike (motor roda tiga) yang bisa terbang layaknya pesawat helikopter. PAL-V diciptkan oleh orang Belanda yang bernama Spark bersama dengan designer dan kreator lainnya. Spark berada di Rotterdam dan terdiri dari 25 desainer serta kreator yang berpengalaman dalam bidang inovasi, dipimpin oleh Robert Barnhoorn, MSc dan Maarten Wilming, MSc.

Disokong oleh mesin 160kW, PAL-V ini mampu mencapai 100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 8 detik. Bila sudah terbang, mobil ini mampu melesat hingga kecepatan 180 km/jam dengan konsumsi bahan bakar hanya 12 km/liter yang meningkat menjadi 36 km/liter ketika sudah di udara.PAL-V, ciptaan Spark dan Pal-V Europe NV, berfungsi secara baik di jalan darat dan juga di udara. Kendaraan ini dengan mudah bisa berubah dari mode drive ke mode fly.

Selama dua minggu PAL-V telah diuji dengan beberapa test terbang yang dilakukan di bandara Gilzew Rijen Belanda.Kendaraan ini seperti seperti gyrocopter dengan lift yang dihasilkan oleh kecepatan auto-rotating rotor dan gerakan maju yang dihasilkan oleh baling-baling dorong yang dapat dilipat di bagian belakang mobil.

PAL–V menawarkan pilihan terbang layaknya pesawat atau mengemudi layaknya mobil. Tidak seperti pesawat yang berbahan bakar avtur, PAL–V mengkonsumsi bakar konvensional seperti halnya kendaraan lainnya bahkan akan dibuat versi solar dan bio-ethanol.

Jadi, mobil terbang tidak hanya sebuah impian namun telah dapat digunakan saat ini. PAL-V buatan Perusahaan Belanda merupakan salah satu mobil terbang yang layak untuk dicoba dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk didistribusikan ke banyak negara, terutama negara-negara yang menghadapi persoalan kemacetan jalan.

Semoga semakin banyak inovasi yang diciptakan untuk kebaikan dan kemajuan dunia secara umum dan negara pencipta secara khusus.

- ditulis oleh Fronita

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s