#361 Arsitektur Negara Belanda

Belanda. kalo bicara tentang negara satu ini, pikiran gue langsung melayang ke sebuah ladang bunga tulip yang luaaasss banget, udaranya bersih, ada kicir angin raksasa di sebelah kanan gue, dan perancangan kotanya sangat amat baik trus kotanya diisi sama bangunan – bangunan yang punya arsitektur luar biasa. Gue emang sangat mengagumi seni arsitektur dari negara yang beribukota di Amsterdam ini. Dalam sebuah sumber yang gue dapet menyebutkan, ada sekitar 7000 bangunan di negara Belanda yang memiliki nilai historis, baik berupa gedung, monumen, jembatan dan bangunan lainnya sarat dengan nilai arsitektural yang tinggi, unik, serta memiliki karakter khas.

Beberapa bangunan di Belanda memiliki gaya klasik pada arsitekturnya. Salah satunya adalah The Munttoren (Mint Tower) yaitu sebuah menara yang berada di pusat kota amsterdam yang pada awalnya merupakan salah satu gerbang utama di kota ini. Ada jam besar di puncak menara yang memang menjadi ciri khas bangunan-bangunan pada negara ini. Selain bangunan-bangunan klasik, banyak juga bangunan yang bergaya arsitektur modern yang membuat gue berdecak kagum, diantaranya adalah Delftse Poort yang merupakan bangunan tertinggi di negara ini. Gedung ini dilapisi dengan cermin. jadi pada siang hari akan terlihat pantulan langit dan awan dari gedung tinggi tersebut. The Golden Tulip hotel yang ada Rotterdam. Lantai paling atas hotel ini berukuran lebih lebar dari lantai bawahnya. Bangunan Modern Leyden Villa, yang merupakan wujud dari pernyataan designernya yaitu “the canyon flows through the house and encloses the stairs.” Gue rasa villa ini emang diciptakan buat jadi sebuah karya seni. Ada juga Wozoko apartements sebuah apartemen yang punya berbagai balkon dalam ukuran, warna dan lokasi yang berbeda ditambah dengan faktor ramah lingkungan dan kesannya yang agak berantakan tapi outstanding banget. dan masih banyak lagi bangunan unik lainnya.

Selain itu Belanda juga dikenal dengan julukan negri kincir angin karena bangunan Windmill (atau di Indonesia disebut kincir angin) yang berfungsi sebagai sistem bantu irigrasi untuk bidang agrikulturnya, Di negara ini juga terdapat pelabuhan terbesar dan tersibuk di Eropa yang terdapat di kota Rotterdam yaitu sebuah kota yang memiliki arsitektur modern, gedung-gedung pencakar langit dan jembatan-jembatan yang dikombinasikan dengan pemandangan alam yang indah. Kalo dari gambar-gambar yang ada di mbah google sih, satu kata buat negara ini, rapih! Rumah-rumahnya tuh kaya lagi baris. udah gitu warna-warna rumahnya ga monoton, jadi pasti bikin semangat kalo bangun pagi trus mau mulai beraktivitas.

- ditulis oleh Anisyah Surya

About these ads

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s