#615 Perkembangan Sektor Pertanian di Belanda Memberikan Solusi Perekonomian

Belanda adalah salah satu negara maju, hal tersebut dikarena perekonomiannya yang selalu stabil. Sektor pertanian manjadi modal utama bagi Belanda untuk menjadi negara dengan hasil pertanian terbanyak di dunia, hal tersebut menjadi sebuah kesuksesan tersendiri bagi negara Belanda. Dengan mengembangkan sektor pertanian negara Belanda berhasil menghidupkan perekonomian yang luar biasa cepatnya. Sektor pertanian menjadi salah satu pendapatan negara Belanda setelah sektor wisata.

Sektor pertanian pada hakikatnya memberikan dampak yang positif bagi negara yang mengembangkannya, karena dengan bertani dan memproduksi suatu barang menjadi salah satu alternatif sebuah negara dalam mendapatkan suatu pendatapan dari hasil yang dilakukannya. Hal ini menjadikan kematangan bangsa untuk bertahan dalam krisis apapun, karena pastinya akan selalu memiliki ketersediaan barang di negaranya untuk kepentingan masyarakat negara Belanda khususnya dan melakukan bantuan sosial kepada negara lainnya yang membutuhkan.

Solusi perekonomian lainnya adalah dengan sektor pertanian sumber daya manusia yang dimiliki dapat diberdayakan dengan maksimal dan merata. Karena sektor pertanian tidak hanya dapat di tekuni oleh masyarakat bawah saja tetapi masyarakat ataspun dapat terjun langsung menekuninya. Dengan budaya negara untuk memproduksi suatu hasil alam sendiri membuat negara Belanda menjadi salah satu negara yang jarang mengalami kekurangan pangan, papan maupun sandang. Hal itu dikarenakan dari kebiasaan masyarakat untuk menjadikan sektor pertanian menjadi salah satu konsentrasi masyarakat di negara Belanda. Masyarakat Belanda menyadari bahwa dengan sektor pertanian, dalam memproduksi sumber daya alam mapun benda lainnya akan memberikan manfaat, untuk budaya masyarakat sekitar agar tidak konsumtif.

Masalah perekonomian tidak hanya dialami oleh negara berkembang saja, negara maju seperti Belanda pun pada hakikatnya selalu juga mendapati kendala dalam penerapan dan pengembangan sektor pertanian untuk mendukung masalah perekonomian bangsa. Mulai dari kemiskinan, kekurangan kebutuhan hidup maupun pengangguran. Kendala yang dihadapi dalam sektor pertanian pada negara maju adalah cuaca yang kurang mendukung sehingga sedikit mengganggu proses produksi, kenaikan harga bahan baku atau produksi, pasar yang tidak menerima produk yang sudah diproduksi. Tetapi walaupun demikian sebagai negara maju Belanda memiliki kemampuan untuk mengatasi kendala tersebut, mereka tidak pernah mengalami kendala yang kritis sehingga produksi barang dari sumber daya alam yang dimiliki mereka tetap mereka produksi dan mereka pasarkan dengan baik.

Negara Belanda meyakini bahwa dengan sektor pertanian dan memproduksi barang negaranya akan maju secara pesat. Dan memiliki kematangan pribadi dalam mengelola negaranya agar tetap memiliki persediaan dari hasil pengolahan sumber daya alam.

Sebagai negara maju dengan sektor pertanian Belanda tidak pernah melupakan lingkungan disekitarnya. Negara Belanda selalu peduli akan negara tetangganya yang mengalami kesulitan papan, pangan maupun sandang. Hasil pertanian dan hasil produksi yang mereka miliki, tidak menjadikan negara Belanda egois untuk memakainya sendiri, tetapi didistribusikan kepada negara yang membutuhkannya.

Sektor pertanian adalah sebuah solusi perekonomian suatu bangsa menjadi lebih baik dan lebih beretika. Solusi perekonomian yang dimiliki Belanda tidak menjadikan negara Belanda lengah akan keberhasilan yang dimilikinya mereka selalu mengembangkan produksi yang dilakukannya dari waktu ke waktu, sehingga inovasi dalam memasarkan hasil produksi dari pertanian negara Belanda selalu menjadi hal yang unik dimata dunia. Karena inovasi baru yang selalu dihasilkan dan diberikan secara totalitas dari sumber daya manusia yang menjadikan hasil produksi pertanian mereka laku dipasar.

- ditulis oleh Sukma F. Putri

About these ads

2 Komentar

Filed under entri

2 responses to “#615 Perkembangan Sektor Pertanian di Belanda Memberikan Solusi Perekonomian

  1. rehann

    sebegitu pentingkah sektor pertanian bagi negara belanda???

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s