#27 Rumah Oranje dan Pembangkit Ide Tenaga Kincir Angin

doc. ceciliahidayat.blogspot.com

(doc. ceciliahidayat.blogspot.com)

Semua hal yang pernah ada dan yang akan ada di planet ini sebenarnya sudah ada dari jaman dahulu, namun mengkombinasikan beberapa hal dalam tatanan yang tak lazim sehingga terlihat menjadi sesuatu yang baru merupakan buah pemikiran dari seorang manusia yang kreatif. Kreatifitas membutuhkan banyak ide, dan darimana ide-ide itu mengalir? seperti yang tertera pada gambar diatas “good idea comes from good pillow”. Pillow berarti bantal, bantal itu adanya di kamar tidur, dan kamar itu ada di dalam rumah. lalu apa yang ada di dalam sebuah rumah, selain bantal?

Jauh sebelum ada sekolah formal seperti jaman sekarang, rumah merupakan tempat orang belajar berbagai hal tentang kehidupan. Ada banyak nilai yang diturunkan dari orangtua kepada anaknya dalam sebuah rumah. Dan setelah anak itu beranjak dewasa, menikah, punya anak dan memiliki rumah sendiri, besar kemungkinan nilai-nilai yang didapat dari rumah orangtuanya dahulu akan ia wariskan juga kepada anaknya. Pada masa kini, setelah banyak dibangun tempat-tempat pendidikan formal seperti sekolah, universitas ataupun institusi-institusi pendidikan lainnya, orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah. Maka arti rumah pun bergeser, bukan hanya sekedar tempat untuk tinggal, tetapi juga menjadi tempat dimana orang menuntut ilmu dan berbagi pengalaman. Maka tak heran jika sekarang banyak orang menganggap sekolah, kampus, maupun kantor mereka sebagai “rumah kedua”.

Berbicara tentang rumah, setiap orang tentunya punya impian masing-masing untuk memiliki rumah yang bagus akan tetapi, kalau bisa, harganya tidak terlalu mahal. Saya pribadi pun juga bercita-cita memiliki sebuah rumah kecil yang berwarna oranye, karena itu memang warna kesukaan Saya. Dan berbicara tentang warna oranye Saya jadi teringat sebuah Negara kecil di dataran rendah Eropa. The Netherland atau Belanda memang bukan tempat tujuan akhir Saya untuk membangun “My Orange House” akan tetapi negara yang nyaman dan menyenangkan ini membuat Saya ingin menjadikannya sebagai “rumah kedua” (tempat belajar). Mengapa? Karena Saya tertarik untuk belajar lebih dalam lagi tentang dunia bisnis, dan menurut Saya masyarakat negeri kincir angin ini merupakan pembangkit ide yang tak pernah berhenti berputar dan terus-menerus menciptakan energi kreatif. Bukankah bisnis itu harus kreatif?  Siapa yang tidak mengenal perusahaan-perusahaan Belanda seperti Philips, Unilever, Shell, Heineken, dan ING? Dari beberapa gambar berikut ini Anda dapat menyimpulkan filosofi apa yang diajarkan dalam “rumah oranje” mereka, kreatif dan inovatif.

Lampu penerang jalan yang melayang, “Floating Philips LED at Eindhoven” (doc : led-professional.com)

Kantor Pusat Asuransi ING di Amsterdam

(hasil rancangan dua arsitek Belanda, Meyer dan Van Schooten , yang mengagumkan. doc : funzug.com)

Salah satu iklan produk Heineken (doc : edu.glogster.com)

Rupanya “rumah oranje” ini selalu mengajarkan kepada para penghuninya untuk menjadi pionir yang kreatif di bidangnya masing-masing. Tak heran jika Belanda berhasil meraih World’s Second Best Place for Business, setelah Hongkong. Bahkan berhasil mengungguli Amerika Serikat yang berada di posisi ke-3 dalam Bloomberg Ranking 2012. Selain menjadi tempat tujuan utama untuk berbisnis, Belanda juga merupakan tempat yang aman, nyaman dan menyenangkan untuk dikunjungi, apalagi untuk ditinggali. Bagi Saya “rumah oranje” merupakan rumah kedua yang akan selalu menjadi sumber inspirasi Saya.

Sumber : Dutch Daily News

– ditulis oleh Jane Rieuwpassa

71 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

71 responses to “#27 Rumah Oranje dan Pembangkit Ide Tenaga Kincir Angin

  1. JuLiana Phang

    That’s great share, Jane.. 😉
    Orange is aLso my fav CoLour..
    Hope u can reach our dream..
    Ganbatte, Jane!

  2. Mantap kak, tulisan yang kreatif, menginspirasi kita untuk terus berkembang.. Ah aku pengen ke belanda jadinya hehe, ga cuma belanda tapi semua benua eropa, menurutku mereka tak hanya punya manusia2 yg berkualitas tapi pemandangannya jga…. Mantap abis, Europe, i’m coming there for sure, just waiting for me..hahahah

  3. Ocha

    Kreatif dek tulisanmu..
    Menulis bukan perkara mudah.Karena harus kreatif,menggabungkan dan memoles menjadi tulisan yg enak dibaca dan tentunya bermanfaat ataupun memberikan pandangan/ide baru ke orang lain.
    Dan kmu berhasil adikq..
    Dri tempat tidur,rumah,rumah kedua dan cita2 atau rumah oranje yg menginspirasimu.. Alurnya pas, enak dibaca dan menginspirasi jga 😉 apalagi ini blog yg bebas dibaca siapapun..
    Terus menulis dan menginspirasi banyak orang adikq..
    :*

  4. 2 Hana & Mia : ahahhahahai…ketahuan kalian kalau mandi lama ya? hehehe,,,just kidding. Eureekaa!…Mengingatkan Saya pada Ilmuan Archimedes yang menemukan ide saat sedang berendam di bath tub 🙂 Memang ya idekreatif itu datang dari mana saja, terutama dari “rumah”

  5. mia

    like this jane .. bener banget buat yang narsis …suasananya bagus bgt untuk foto-foto …. tapi beneran melayang jane ???
    setuju juga sama hana “good ideas come from good bathroom” biasa nikir di kamar mandi ..ehehehehhe 🙂

  6. maryomanik

    sangat tercengang melihat n membaca tentang lampu melayang tp yg mash bingung apakah ini hemat energi??

    • @maryo manik : tentunya mar, selain gak perlu pakai tiang penyangga, intensitas dan konsentrasi cahayanya disesuaikan dengan banyaknya orang yang ada di jalan. Jadi lebih hemat dan efektif

  7. hana

    wah…keren jane bisa nulis kaya gini…kreatif…hahaha..tapi klo hna slogannya “good ideas come from good bathroom” soalnya suka dpt ide setelah kluar dari kamar mandi…hahahaha…baru tau ada lampu melayang dan bangunan lucu kaya kapal luar angkasa d sana..tu bangunan bisa terbang ga yah..heheheh..ikut ah klo jane ke sana…:D btw, d indonesia jg banyak org kreatif tp lebih sering dipake untuk hal2 yang ga baik..(ini bukan pendapat hna loh..tp dari org luar yg lg kerja di indo)..hahaha..sukaaaa ma tulisannya…

  8. mula

    Maaf saya baru sempat meninggalkan jejak saya saudari lady jane, btw kalo rumah oranje itu negeri belanda kalo rumah coklat tuh negeri apa ya?? Mau dong dirisetin 🙂

    Dan saya sangat setuju kalau sudah hampir tidak ada galur murni lagi dalam proses kreatifitas saat ini, sehingga belakangan ini proses kreatif itu lebih diarahkan kepada pembaharuan (refreshment) yang dituangkan terhadap ide-ide yang sudah ada sehingga sesuatu itu tampak lebih baru atau mungkin berbeda dengan yang sebelumnya ada. What a good point!

    Kreatif datang dari hal-hal yang sederhana..

    • Mulatua Hasiholan : “Galur Murni” hahaha…bahasa loe sangat IPB sekali, mul. anyway… thanks for your comment, bro. Kapan-kapan deh ya gue bikinin artikel tentang rumah cokelat khusus buat loe, hahaha… *write by request* setuju sama kalimat terakhir “Kreatif datang dari hal-hal yang sederhana” just try to take a look for a moment, mencari apa yang ada di rumah Oranje yang bisa dijadikan sumber kreatifitas 🙂 by the way, kapan nih kita bikin Creative EO ? heehehehe… See you

  9. ptetegp

    Nice post..Hopefully u ll get there soon..Once u get there, don’t forget to say heyy to my sis n bro in Suriname..hehe

  10. Allifan

    wow, floating lamp?? baru tau.. lumayan tuh bisa dipake klo mati lampu. di belanda ngga pernah ada pemadaman listrik kali yah, ngga kayak di indonesia yg suka digilir. hehehe..

  11. Andriany Sinaga

    pantas aja sih orange jadi warna khasnya belanda. sangat mewakili ciri negara ini, penuh kehangatan & semangat 🙂

  12. Opink

    woooow Jane,, baru liat ada lampu bisa melayang layang… jadi mirip UFO.. how can u get it??

    • @Opink : maksudnya “floating LED” atau lampu melayang itu bukan kayak UFO gitu Pink, tapi lampu jalan yang gak perlu pakai tiang-tiang penyangga (menghemat besi), jadi lampunya itu digantung di kabel-kabel yang panjang gitu, dan kalau malam kan gelap tuh jadi kabelnya gak kelihatan, ini yang menimbulkan efek “melayang” itu. bagus kan? jadi inget waktu jaman dulu jadi panitia acara natal di kampus, bikin dekorasi salju-salju melayang di dalam aula GWW 😀

  13. desy

    Great idea and good article,,,, 😀
    jadi pengen kebelanda chabelita…. hhhe :))

  14. isaias

    Menarik sekali menelusuri perjalanan idemu Jane. Dari konsep rumah sebagai awal t4 belajar, lalu ‘luar rumah’ sbg rumah kedua -yg artinya t4 belajar jg- sampai terbang ke negeri oranye. Inspirasi yg bgs untk org2 yg mau terus menerus belajar untuk mengembangkan diri.

  15. Good Article Jane. wanna be there too..
    baca artikel ini jadi termotivasi buat mengejar cita2 bisa sekolah n berkarir d luar negri…heee

    Good Luck Jane…^^

  16. diwi

    ide yang bagus kreatif dan inovatif,,lampu penerangan jalan yang melayang,,coba d Indonesia ada juga kayak gitu,,kapan yach,,,??

  17. hapsari

    memang belajar di sana baik dan jadi menguasai bidang yg di pelajari, tapi ketika kembali k indo bagi2 ilmunya biar yg ga bisa k sana jadi pintar,kreatif dan inovatif juga…

  18. Ester

    kreatifitas tingkat tinggi yang bisa mengubah dunia ini, seperti gambar di atas. pertanyaan sy sekarang kapan Indonesia seperti itu?

  19. Phy_cha

    Wah.. bagus cc, semangat..!!

    • iya…cc lagi ikutan lomba menulis blog tentang negeri Oranje yang kreatif. masih banyak juga kok tulisan lain yang bagus-bagus dan kreatif di blog ini. Makasih ya phy_ca 🙂 semangat juga! Happy Reading 🙂

  20. sulis

    good cece…. jadi pengen kesana…

  21. sulis

    good ce jane….. pengen kesana juga

  22. This article really enlightens my mind about Netherland!

  23. kapan ya indo bisa kayak gitu…
    klopun bisa, semoga saya bisa jadi salah satu inspiratornya…hahaha…
    *ngarep*

  24. Yustika Muharastri

    Jadi pengen ke Negara Oranye..
    Someday i willl … 🙂

  25. Kristina

    Hmmm… bicara produk hasil kreatifitas manusia emang bikin ‘wow wow’ sendiri 😀

    Yang jadi pertanyaan sebetulnya, seberapa besar chance Indo untuk bisa melahirkan pelajar kritis dan inovatif. Dengan kurikulum yang sekarang, produk unggulan kebanyakan dipercaya dicetak dari kurikulum yang dikemas dengan kata ‘internasional’ *sigh, inget dulu jaman gue belajar serba 1 arah*.

    Di samping itu, banyak juga si pelajar indo yang nyumbang ‘nama harum Indo’ with so many awards they have reached abroad. Tapi sekali lagi, kadang kepentok di apresiasi yang kurang.

    That’s why “rumah oranje” looks promising yak, krn sejak tempoe doeloe juga jadi “rumah kedua”-nya tempat belajar bapak pendiri bangsa kita kan? Maybe mostly because when the government say “we are supportive”, they truly mean it 😉 *pendidikan standar bagus yang merata, gak jomplang.

    • @Kristina : terimakasih untuk komentarnya yang super sekali 😀 yup, betul sekali, sebenarnya belajar itu bisa apa saja dan dimana saja, tetapi bukankah tempat yang baik untuk belajar akan menghasilkan output yang baik pula? Dan lebih baik lagi kalau orang yang sudah belajar di Belanda nantinya bisa mewariskan ilmu yang sudah didapatnya saat pulang ke rumah asalnya 🙂

  26. hapsari

    good …..sptx kamu sdh menjiwai dg keadaan di sana..hopefully u can have ur dream…

  27. jcluvaldo

    wahhh…bisa ketemu sama RVP donk critanya..hahahaa…
    patut dicoba neh di negeri kita biar ga terlalu ketinggalan..kudu menyiapkan arsitek2 handal dari seluruh Indonesia…
    ngomong2 tuh bangunan yg ngegantung klo dbgun d Jakarta kira2 bakal hanyut kebawa banjir kga oma??ato malah bisa ngambang jd perahu??

  28. Efendy Purba

    Kalo baca judulnya gw kira ada rumah warna oranye, gak taunya rumah oranye itu negara belanda..
    Penasaran pengen liat lampu melayang kyk apa sih..

    • Iya…hehehe sengaja bikin perumpamaan yang menarik untuk judulnya… lampu melayang itu lampu jalan yang digantung pake kabel (mirip kayak lampu pohon natal kali yee…tapi lebih gede dan lebih terang) dan lebih hemat karena gak perlu lagi pake tiang-tiang penyangga.

  29. Not sure if I really get the idea… so many random things in my head… @,@

  30. Sonti-and-Pooh

    Boleh juga tuh mobil terbang. Tp klo org Indonesia pada latah beli mobil terbang, bisa aja di udara ikut2an macet… Hehehehe…

  31. Sonti-and-Pooh

    Good idea come from a good pillow. Nice quote to start a nice posting! 🙂
    Btw, do u already buy the orange pillow? Hehehe..

    • @sonti : yup, finally I’ve found my orange pillow yesterday at Hyp*rma*t thanks yah udah nemenin jalan2 dan belanja2… kapan2 kita jalan-jalan bareng lagi ya Sonce, mana tau bisa travelling ke Negeri Van Oranje 🙂

  32. ArtisticOne

    Pantesan bru maret kluarnya y,pngn ksnaaaa.eh btw wktu DDW 2009 di Stripe-S ad macem lampu floating ini loh,tpi tuk di ruang tamu/kamar tidur gtu,modelnya kecil,mrka pake magnet tuh.keren bngtttt janottt 🙂

  33. Petro

    Good job jenot… No wonder lah orang2nya d Belanda pinter dan kreatip, tiap hari maem keju 😀

  34. saya dulu sempat ingin belajar di Belanda, tapi Tuhan masih belum memberi kesempatan itu. Good Luck ya buat impiannya 🙂

  35. Ferdy

    andai bisa sesukses cece bikin karya tulis nya hahahaha

    • ayooo….ferdy juga bisa kreatif nulisnya kok. pastinya, kan hobi baca novel tuh… semangat, masih ada setahun lagi, abis lulus SMA mau lanjut kuliah kemana? cari beasiswa ke Negeri Van Oranje aja, hehehe…

  36. Yustika Muharastri

    Belanda memang gudangnya ide…
    Desain arsitek bangunan-bangunannya juga keren ya 😀

    • Iya memang idenya gak habis-habis yah, Yus 🙂 Mungkin karena mereka punya “Pembangkit Ide Tenaga Kincir Angin” ya? itu tuh yang harus kita selidiki dan pelajari dari “Rumah Oranje”

  37. gagesterone

    “rumah oranye” sebagai rumah kedua (tempat belajar) adalah harapan yg kreatif… good luck…Jane..

  38. Anggraeni

    Hmmm… Betul juga, tapi orange belum mendominasi . Tertarik dengan lampu terbang nya nih, kalau bisa nanti tulis juga bagaimana prinsip kerja lampu itu. Sepertinya menarik untuk diketahui.

  39. @juweni :kalau anti banjir mungkin iya, tapi kalau anti gempa belum tau, hehe…nanti saya googling dulu tentang rumah anti gempa, tapi yang jelas sistem pendidikan disana memang mengajarkan para mahasiswanya untuk berpikir kreatif dan menghasilkan inovasi-inovasi baru 🙂

  40. Anggraeni

    Our second home now is peter actually, how if we “orange” that place?

  41. gagesterone

    nice share 🙂

  42. Juweni

    Wach, Kantor Pusat Asuransi ING di Amsterdam bagus ya,,,
    Warnanya biru, mirip dengan rumah panggung yang ada di Kalimantan.,,
    Kayaknya kalau banjir juga tetap aman..
    Tapi kalau ada gempa yang besar ntar apa tidak ambruk ya kantornya..
    Tapi kayaknya pondasinya juga kuat dech, kantor yang unik ya???

    Oza di Amsterdam kan banyak laut yang dijadikan daratan ya untuk rumah dan kantor???
    Apa kantor ini salah satu dari penerapan sistem itu ya???

  43. @ Artistic One : ini link berita lengkapnya http://lighting.com/floating-led-street-lighting/ untuk lebih jelasnya 🙂

  44. @ ArtisticOne : setelah Saya cari di google, ternyata tempatnya di Catharinaplein, Eindhoven 🙂 lucunya lampu melayang ini bisa mengikuti gerakan manusia, jadi otomatis gitu lampunya nyala-mati, dan lebih hemat energi hehehe… Ternyata freelight LED Philips ini sudah dipasang disana sejak Maret 2012, silahkan berfoto disana dan kirim ke Saya yah fotonya 🙂 *penasaran juga*

  45. kurang tau ya dimananya, yang jelas di Eindhoven ini street lighting-nya jadi nggak perlu pake lampu jalan yang banyak tiangnya itu, jadi lebih hemat dan lebih terang karena banyak “lampu-lampu melayang” ini di jalan-jalan trus kalau malam suasananya jadi kelihatan bagus untuk foto-foto disana hehehe… dan produk floating LED ini adalah best professional product dan berhasil memenangkan Dutch Design Award 2011, nih link-nya http://www.designacademy.nl/EVENTS/GRADUATION11/News/tabid/2174/articleType/ArticleView/articleId/631/WINNERS-OF-2011-DUTCH-DESIGN-AWARDS-77.aspx

  46. ArtisticOne

    pengen foto di floating LED.
    Eindhoven nya dimana y jane?dikota nya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s