#20 Inilah 3 Cerminan Kreatifitas di Kerajaan Belanda

Jika bicara tentang Belanda, mungkin yang terlintas di mayoritas masyarakat adalah kincir angin, bunga tulip, sepeda, Robin van Persie, atau bahkan VOC. Pendapat tersebut memang benar. Namun, tahukah kamu?di balik semua itu, ada beberapa aspek yang sedikit terlewatkan. Jika kita amati lebih mendalam sebenarnya Belanda adalah negara yang memiliki luas teritori sempit. Menariknya, masyarakat yang tinggal di negeri ini bahagia dengan segala kehidupannya. Bahkan, Belanda didaulat menjadi negara yang memiliki kreatifitas yang bagus di bidang, teknologi, pendidikan, sains dan sosial-budaya. Mungkin selain bidang-bidang yang telah disebutkan diatas, Belanda masih memiliki kreatifitas lain yang belum “terekspos”. Berikut beberapa alasan mengapa Belanda layak didaulat sebagai negara yang kreatif.

Pertama, pemanfaatan kincir angin. Kincir dipakai di belanda sekitar abad ke-13. Saat itu masih berupa kincir air karena masih banyak lokasi belanda yang berada di bawah air. Dahulu kincir angin diapakai untuk mengeringkan tanah di yang masih terendam air, namun sekitar abad ke- 17 revolusi industri di Eropa, kincir angin dapakai untuk kepentingan lain. Saat ini kincir angin sebagai salah satu sarana untuk membantu di bidang pertanian dan industri. Di Belanda sendiri, ada berbagai jenis kincir angin tergantung apa fungsi dari kincir angin tersebut. Ada kincir angin yang digunakan untuk membantu kegiatan industri seperti menggiling jagung, mengasah kayu, memproduksi kertas dan sebagainya. Seiring berjalannya waktu, sekarang kincir angin tidak hanya dipakai untuk membantu kegiatan industri, namun dapat menjadi objek wisata yang menjadi ikon negeri Belanda.

Alasan selanjutnya, peraih penghargaan Nobel. Belanda merupakan negara yang menempati posisi ke-10 sebagai penerima Nobel terbanyak. Ilmuwan Belanda terakhir yang berhasil meraih Nobel ialah Andre Geim dalam bidang Fisika tahun 2010. Peraih nobel pertama dari Belanda adalah Jacobus Henricus van ‘t Hoff di bidang kimia tahun 1901. Hingga sekarang, total peraih Nobel dari Belanda berjumlah 19 orang. Dari 19 orang yang menerima Nobel mayoritas dari mereka meraih di bidang fisika. Dari 19 orang yang menerima Nobel ini dapat kita simpulkan bahwa para ilmuwan Belanda memiliki kreatifitas yang tinggi. Mereka berhasil membuat penemuan-penemuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat Belanda khususnya dan masyarakat dunia umumnya.

 Ketiga, penataan kota dan transportasi. Banyak yang berspekulasi dengan wilayah sempit, Belanda akan mengalami masalah di bidang kepadatan penduduk dan akomodasi. Spekulasi ini tidak ada terpatahkan ketika pemerintah Belanda berhasil mengatasi masalah urbanisasi, transportasi dan akomodasi dengan baik. Sekarang tata kota di Belanda merupakan salah satu yang terbaik. Hampir seluruh daerah di Belanda dibangun akomodasi yang dapat mengembangkan dan memperdayakan masyarakat sehingga berhasil menekan tingkat angka urbanisasi. Model transportasi utama di Belanda juga cukup unik yaitu sepeda. Pengguna sepeda sangat dimanjakan dengan jalur khusus sepeda sepanjang 20.000 km. Transportasi masal juga sangat mendukung untuk beraktifitas karena sangat tepat waktu, nyaman, dan jangkauannya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal masyarakat.
Secara pribadi, tiga alasan diatas yang mendorong Belanda didaulat sebagai negara yang kreatif. Segala kreatifitas yang diciptakan masyarakat, pemerintah maupun ilmuwan akan dianggap berhasil jika itu memberi manfaat bagi masyarakat. Belanda merupakan salah satu negara yang sukses mengaktualisasikan ide-ide kreatif yang berasal dari masyarakatnya untuk kemajuan negara. Sudah sepatutnya negara lain seperti Indonesia, mencontoh apa yang telah dilakukan Belanda agar mencapai negara yang lebih maju.
– ditulis oleh Yuli Trisnanto
Iklan

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#20 Inilah 3 Cerminan Kreatifitas di Kerajaan Belanda

  1. saya sebagai mahasiswa planologi (tata kota) pengen banget bisa mempelajari tata kota belanda! Cool I think!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s