#31 Mobil Terbang “Impian” Tercipta di Belanda

“Dutch Flying Car” merupakan Sebuah mobil terbang dan telah menjadi mimpi selama hampir 100 tahun. Sekarang telah menjadi kenyataan. Ini merupakan Inovasi dari Perusahaan Belanda PAL-V (Personal Air and Land Vehicle), dan Lembaga ternama seperti Belanda National Aerospace Laboratoryjuga Delft University yang terlibat dalam pembuatan dan telah berhasil menyelesaikan tes penerbangan dari mobil terbang nya, PAL-V telah diuji dengan beberapa test terbang yang dilakukan di bandara Gilzew Rijen Belanda.

Selama lebih dari satu abad, orang telah memimpikan mobil yang bisa terbang termasuk saya. Kendaraan utama untuk pergi kemanapun dan kapanpun kita mau, dengan mudah mengatasi segala macam hambatan. Sekarang kita dapat meninggalkan rumah dengan tujuan manapun yang kita inginkan dan mengindari kemacetan lalu lintas, melewati danau, sungai, terbang ke sebuah pulau, membuat jembatan virtual kita sendiri dan melewati pegunungan sebebas burung. Bahkan bisa digunakan untuk mengirim bantuan saat terjadi bencana alam, mengontrol di perbatasan antar negara, jasa kurir, polisi, dan masih banyak lagi manfaatnya.
Robert Dingemanse, CEO dan pendiri PAL-V berkomentar: Kami sangat bangga mengumumkan suksesnya penerbangan perdanana ini, dan sekarang kami mengundang investor untuk menciptakan masa depan bersama kami.” 
Lulus dari Delft University jurusan elektro dan mendapatkan gelar MBA dari Universitas Erasmus di Rotterdam, Robert memulai karirnya di Royal Philips Electronics. Dia berhasil meluncrukan banyak produk baru di pasar. Kemudian ia mendirikan dan mengubah arah strategis sejumlah usaha dalam Philips. Sejak 2003 ia telah memulai untuk membuat sejumlah usaha di luar Philips. Untuk PAL-V dia bertanggung jawab untuk manajemen umum dan strategi.

PAL-V ONE resmi diluncurkan bulan April tahun 2012, dan ini merupakan peristiwa bersejarah, hadirnya kendaraan kelas baru yang menawarkan kebebasan, fleksibilitas, petualangan dan kesenangan. PAL-V ONE adalah mobil hibrida dengan dua helicopter.
Kendaraan ini seperti gyrocopter dan baling-baling dapat dilipat di bagian belakang mobil, jika di jalan terlihat seperti mobil sport. Kelebihan dari PAL-V ONE adalah kemudahan terintegrasi dari pintu ke pintu transportasi. Tidak perluinfrastruktur dan lapangan terbang baru yang diperlukan karena menggunakan jalan yang ada. Hal ini dimungkinkan untuk mendaratkan PAL-V praktis di mana saja. Untuk tinggal landas, strip 165 meter (540 kaki) sudah cukup dan itu dapat berupa di aspal atau rumput.

Bila tidak menggunakan wilayah udara terkontrol. Mengkonversi PAL-V ONE dari pesawat ke mobil tidak begitu sulit, karena prosesnya sangat mudah, hanya memakan waktu sekitar 10 menit. Sekali mesin berhenti, baling-baling melipat sendiri secara otomatis ke posisi mengemudi.

Ketika di udara, PAL-V biasanya terbang di bawah 4.000 kaki (1.200 m), untuk di  udara tersedia Visual Flight Rules (VFR) traffic, maka tidak akan ada gangguan dari lalu lintas udara komersial.
Untuk belajar mengemudikan PAL-V ONE hanya membutuhkan waktu 20 sampai 40 jam. Untuk Surat Ijin Mengemudi (SIM) hanya menggunakan SIM  swasta, dan biasanya diperlukan waktu sekitar 30 menit untuk membiasakan diri mengemudikan kendaraan.

PAL–V menawarkan pilihan terbang layaknya pesawat atau mengemudi layaknya mobil. Tidak seperti pesawat yang berbahan bakar avtur, PAL–V mengkonsumsi bakar konvensional seperti halnya kendaraan lainnya bahkan akan dibuat versi solar dan bio-ethanol.
– ditulis oleh Teguh Imam Ariyanto
Iklan

57 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

57 responses to “#31 Mobil Terbang “Impian” Tercipta di Belanda

  1. To Eko : Betul Eko, Belanda juga bisa bersaing di dunia Otomotif.

  2. To Wahab Aby : Semoga saja pelajar dan mahasiswa kita juga bisa membuat yang lebih inovatif.

  3. To Tasa : Betul banget tidak ada yang tidak mungkin.

  4. Maulia Fadiah Danila : Terima kasih, nanti akan saya tanya kepada Hans Joore mengenai hal tersebut.

  5. Anyone interested to order Dutch Flying Car for the future?

  6. Hi everyone, thank you for leaving your comment here. I hope after you read this article you can add your knowledge and you share to your friends and each others.

  7. Wisnu Irawan

    Semoga sukses.

  8. Wisnu Irawan

    Keren, lanjutkan.

  9. anastrias

    amazing, good job!
    best wishes yaaa 😀

  10. tasa

    segala usaha dan kerja kerasmu akan terbayar lunas nantinya.. semangat!! pal-v akan mmbawa kamu tebang ke sana..

  11. Tasa

    Semoga bisa membawa terbang si penulis menuju Belanda negeri Impian dia.

  12. Dony

    Gas terus, gas poooooooooooool.

  13. Jonathan

    Kerja keras yang menghasilkan mobil terbang dan sekarang bukan hanya mimpi, tapi nyata. 😀

  14. Jonathan

    Terbanglah PALV menuju Indonesiaku

  15. Jonathan

    Semoga mahasiswa di Indonesia bisa lebih kreatif.

  16. Ade

    Terbukti PALV akan sangat dibutuhkan di Indonesia.

  17. Ade

    Wah PALV bisa digunakan saat membantu Tim SAR pencarian dan evakuasi korban peswat sukhoi di gunung salak.

  18. kadrina

    amazing , good idea 😀

  19. adhe lestari

    ide cemerlang seperti ini benr” bikin aku iri,semoga dengan adanya mobil terbang ini kemacetan atau apapun itu yang membuat masalah di jalan agak berkurang kalau bisa sih gak ada lagi.hehehehe

  20. tulisan ini semakin menegaskan ya, kalau segalanya bisa diciptakan diawali dari mimpi!! ;D semoga sukses ya tulisannya!

  21. Anggie

    Pal-v keren banget, merupakan teknologi canggih yang recommended untuk dimiliki. selain berguna bagi masyarakat yang akan menghemat waktu juga dapat menguntungkan negara belanda mengurangi kemacetan lalu lintas melalui Dutch Flying Car ini. Kereeeeeeen ^-^

  22. Uwie

    kalau dilihat dari segi teknologi bisa dibilang ini sebuah terobosan baru dan canggih . dimana kita dapat dengan mudah pergi ke suatu tempat. tapi bagaimanakah cara mengatasinya kalau tiba” bahan bakar habis ditengah jalan, karena ini kan termasuk kendaraan mobil ?
    tapi tetap salut dan hebat akan hadirnya mobil terbang ini ..
    ditunggu sampai ke indonesia .. 🙂

  23. Sofwa

    That’s cool, In Dutch a lot of innovation and always made creativity.

  24. Eko

    Seharusnya Indonesia bisa belajar dari Belanda, meskipun Belanda tidak terlalu banyak penduduk seperti di Indo, dan tekstur tanah juga seperti itu juga bendungan yang sangat kuat, mereka masih saja menciptakan sebuah inovasi.

  25. Eko

    Belanda hebat dan kreatif, biasanya US, Japan, Germany negara dengan pelopor dibidang otomotif, tapi sekarang Belanda sudah membuktikan bisa bersaing secara Internasional dengan mobil yang bisa terbang (PALV)

  26. Luminous

    waw, awesome…. =D

  27. Wahab Aby

    😀 itu bengkel khusunya nanti kaya gimana? Untuk perawatan mesin dan mobil.

  28. triasofa

    waw.. amazing… technology today is developing faster. So as an Indonesian perhaps it can stimulate development in my coutry soon. inspiring information…

  29. Wahab Aby

    Saya berharap pelajar dan mahasiswa Teknik di Indonesia dapat membuat terobosan serupa. Terlepas mobil ESEMKA dari Solo.

  30. Gita

    Is this PALV vehicle will only exist in the Netherlands? or will be in production around the world?

  31. Gita

    I could go to school with easy, without having to pass traffic jam on the highway.

  32. Gita

    Wow, is this a dream?

  33. tasa

    ga ada yg ga mngkin ddunia ini.. slama manusia mau berusaha..

  34. type

    wow………. 🙂 🙂

  35. Maulia Fadiah Danila

    Mobil terbang ini jika banyak yang menggunakan apa tidak terlalu bahaya, bisa dibayangkan jika banyak pengendara yang menggunakan dan saat terbang, saya masih belum paham jika ratusan mobil ini berada di udara.
    Jika terjadi kecelakaan bagaimana?
    Semoga ada solusi terbaik dari perusahaan PAL-V.

  36. Sumber tulisan ini juga saya dapat karena bertanya kepada Hans Joore, dia merupakan salah satu bagian Design 3D dari perusahaan PAL-V, saya dikenalkan oleh teman saya Eline van den Hout dia salah satu mahasiswi di Leiden University, saya bertanya kepada Eline tentang PAL-V, dan dia tidak banyak tahu, kemudian dia menyarankan saya untuk bertanya langsung kepada Hans mengenai PAL-V, dan melalui E-mail saya banyak bertanya kepada beliau, dan ketika artikel ini selesai, saya langsung mengirimkan kepada mereka.

  37. To :
    Hans : Thank you.

    Tria : that’s right, and it is environmentally friendly, and to fold the rotor blades only takes a few minutes.

    Dedi : Terima kasih, dan saya juga berharap ini akan menjadi kendaraan terbaik yang kita semua inginkan, dan juga murah.

    Roos : Dank jouw

    Tiola : Betul sekali, ini membuktikan bahwa Belanda dan PAL-V mempunyai
    daya inovasi dan kreatifitas dan dibuktikan dengan mobil PAL-V ini.

    Mayya : Semoga saja menjadi kendaraann yang murah jika di jual di Indonesia, saat ini saya belum tahu berapa harga per satu mobil, nanti akan saya tanya kepada teman saya dia adalah bagian desaign 3D dari PAL-V tersebut.

    Clay:I think you should buy this car, and my pray never stop for you to get a lot of money, hehe.

    Tasa : This is not just about in movie, but real.

    Wahab : Semoga saja masyarakat kita dapat menerima dan memang sesuai dengan kebutuhan mereka.

    Alief : Betul inilah kendaraan impian dan sekarang sudah nyata.

    Thanks for giving comment in this article.

    • But I think the most important thing is not how much the cost if we buy it from holland, but how both of countries, Holland and Indonesia, can make a cooperation or agreement for transfer technology information of flying car. Hope it will happen soon 🙂

      i’m proud of you for writing this article, hope you’ll win this competition 🙂

  38. Alief Baihaqki

    Ini dia mobil yang udh di tunggu sejak lama, ada gitu ya mobil bisa terbang, tadinya gw mikir mustahil, tapi setelah gw baca artikel ini hal itu jadi terbantahkan, kenapa ga dari dulu aje gitu ada mobil yg bisa terbang, jadi bisa cabut kemana aja sesuka hati tanpa macet. Asik deh nih kalo gw punya mobil ini, kalo bisa si PALV bikin untuk kendaraan publik yang muat banyak, saran aja sih gan.

  39. Wahab Aby

    Luar biasa, Mobil dan bisa terbang, jika mobil ini di jual di pasar otomotif di Indonesia akan sangat laris di masyarakat, karena transportasi di negara kita begitu tidak tertata dengan baik seperti infrastruktur dan fasilitas, semoga saja kendaraan ini bisa hadir di Indonesia. Tapi tetap harus hati – hati juga saat mengendarainya, karena banyak sekali pengendara di Indonesia yang tidak taat aturan lalu lintas, jangan sampai ini menjadi ajang pelarian dan kebebasan untuk para pelanggar lalu lintas, dan tetap utamakan keselamatan berkendara.

  40. tasa

    Well it’s like a dreams come true.. At the previous year we just could see that car at the movie.. and now we can see that car..the real flying car..

  41. clayhillary

    I’m gonna buy it…
    I’m gonna fly..
    But… If I’ve a lot of money… 😀

    Fantastic!! ^^

  42. wow wow wow, it’s awesome 😀
    wanna ride that car 😀
    how much its cost?
    it must be so expensive 😦
    and when Indonesia can make an invention like that??
    hmmm… i’m waiting a great engineer to create this 😀 😀 😀

  43. tiola

    salah satu kecerdikan manusia

  44. Roos van den Berg

    Very nice, good article! Hope you win the competition.

    • Dedi Dwi Haryadi

      Mobil terbang dari Belanda ini semoga dapat menjadi terobosan kendaraan yang dapat memecahkan solusi kemacetan di masa kini dan masa depan, dan saya berharap dapat menjadi solusi kemacetan di Jakarta yang sudah semakin parah. Semoga sukses untuk perusahaan PAL-V dan Teguh Imam Ariyanto, semoga anda menjadi yang terbaik, dan banyak yang membaca artikel anda. Untuk Neso Indonesia juga terima kasih sudah membuat kegiatan Kompetisi Blog seperti ini, dengan kegiatan seperti ini peserta dan pembaca artikel dapat menambah wawasan serta pengetahuan.

  45. Tria Sofa

    wow, what a great discovery!
    it will be fantastic if I have that one 😀
    But I think the company should choose bioethanol than solar, cause it more environment-friendly
    and it still take a long time when the car fold the air propeller 😦

  46. Hans

    Wow great, Dutch Flying Car.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s