#25 Belanda adalah Gula Dunia

Gula identik dengan rasanya yang manis, dan disukai oleh anak kecil, bahkan kakek nenek pun menyukai gula.

Bukan hanya kesukaan akan rasanya yang manis, lebih dari itu.

Semua orang membutuhkan gula.

Seperti hidup ini jika tidak ada gula, hidup akan hambar. tidak berasa dan akan menjadi hidup yang biasa biasa saja atau datar.

Gula merupakan kebahagian bagi semua orang yang menyukainya dan membutuhkannya.

Seperti belanda yang menjadi negeri paling berbahagia ke-4 di dunia, bisa saya katakan belanda adalah gula dunia.

Menjadi perasa manis bagi dunia, dan apapun efek dari gula telah di rasakan masyarakat belanda dari dahulu.

Bahagia merupakan sebuah kata tetapi memiliki sejuta makna dan arti. bahagia merupakan harapan semua orang. ya, semua orang ingin bahagia dan harus bahagia. bagaimana memperoleh kebahagian? dan apakah bahagia satu dengan yang lainnya itu sama. belum tentu kebahagiaan saya berarti bahagia untuk orang lain. dan siapakah yang dengan berani menjamin kebahagiaan untuk semua orang?

Menurut saya semua orang di dunia ini bahagia, tinggal bagaimana setiap orang memaknai kebahagiaan itu dan mau atau tidak mengambil kebahagiaan itu, kebahagiaan tidaklah gratis dan harus berusaha untuk memperolehnya. semua orang bahagia? saya katakan iya. tinggal bagaimana setiap orang bersyukur atas apa yang mereka miliki. ini bukan tentang materi atau harta. lebih dari itu

Jika berkata tentang belanda, sangat familiar sekali di telinga saya. oma saya orang belanda. bahasa belanda saya sedikit mengerti, sanak saudara saya ada di belanda. kehidupan di belanda sedikit saya tahu.

Kebebasan berpolitik, jejaring sosial yang kuat dan ketiadaan korupsi memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Di tingkat individu, kesehatan mental dan fisik, job security dan keluarga yang stabil.

Hal hal diatas menurut saya adalah sebagian dari kebahagiaan yang ada di belanda.

Jika boleh jujur, semua orang atau semua anak muda di penjuru dunia ingin ke Belanda. karena suatu hal.

Saya tahu akan hal itu, ada sebuah quote

“Hal yang di larang adalah hal yang mengenakan”

“Semakin dilarang akan semakin membuat penasaran”

Mungkin quote itu yang mendorong masyarakat dunia berbondong-bondong ke belanda. belanda adalah negeri yang penuh dengan gula. memberi rasa manis bagi semua orang yang ada di dalamnya.

Bisa dikatakan hal yang ilegal di negeri saya, bisa saya lakukaan di belanda secara legal, kamu bisa menghisap ganja secara legal di belanda. it’s true.

prostitusi legal di Red Light District, bisa berjudi juga secara legal.

alangkah berbedanya dengan negeri saya indonesia, semua itu ilegal.

Ada yang berbahagia dengan menghisap ganja, ada yang berbahagia dengan berada di RLD, ada juga yang berbahagia dengan berjudi.

itu adalah hal atau masalah pribadi.

Anda mau mengambil itu atau tidak.

Saya tidak tahu mengapa itu semua bisa menjadi legal di belanda, mungkin ada hal-hal atau aspek-aspek yang mendukung.

itu sebagian dari kebahagian.

Masih banyak kebagiaan yang ada di belanda, yang hanya bisa diketahui melalui pengalaman hidup disana.

Saya berharap bisa juga merasakan kebahagiaan di belanda, melalui pengalaman tersebut.

– ditulis oleh Steven Enrico Nazario M.

16 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

16 responses to “#25 Belanda adalah Gula Dunia

  1. paul

    dan siapakah yang dengan berani menjamin kebahagiaan untuk semua orang?
    ini mas yang menjadi pertanyaan tanpa jawaban haha smart! sukses mas!

  2. rudi

    saya juga bingung mengenai ke-legalan menghisap ganja di belanda. kalo tau kasih tau bro? nice article

  3. laurent

    semoga neso memilih anda steve, good article btw! 😀

  4. velline

    GOOD ARTICLE, RLD, GAMBLING, & WEED!

  5. great! saya pelajar di jerman dan pernah jalan” ke belanda, rasanya memang benar kalo belanda memang negara termanis yg pernah saya datangi.

  6. james

    artikel yang menarik, kalo bisa panjangin lagi dong hehehehe

  7. “Semua orang ingin bahagia dan harus bahagia”
    WORDS! X)))

  8. “Bisa dikatakan hal yang ilegal di negeri saya, bisa saya lakukaan di Belanda secara legal”
    pengambilan tema yang menarik! Goodluck

Tinggalkan Balasan

