#4 Belanda di Antara Multikulturalisme, Toleransi, Kreatif, dan Inovatif

Negara Belanda, siapa yang tidak kenal dan ingin pergi kesana? hmm….yaaa! tentu saja semua ingin pergi ke Belanda walaupun sekedar untuk refreshing, liburan ataupun untuk menuntut ilmu sekalipun. Negara yang selalu diidentikan dengan bunga tulip ini sangat dibudidayakan oleh masyarakatnya di sana, sehingga tentu saja bisa menjadi salah satu nilai komoditi ekspor yang cukup bisa dibanggakan sebagai pendongkrak faktor ekonomi di Belanda. Negara yang juga terkenal dengan kincir anginnya ini juga telah banyak menciptakan banyak “mesin-mesin” perintis ilmu pendidikan karena, warga belanda telah terbiasa untuk saling untuk berdiskusi akan suatu masalah terkait dengan ilmu dan itu tentu saja mendorong para mahasiswanya untuk mendatangkan ide-ide kreatif dan inovatif serta memberikan suatu penyelesaian yang solutif. Dalam hal ini itu adalah suatu kebiasaan yang sangat baik untuk mewujudkan para pelopor atau perintis dalam suatu ilmu pendidikan.

Sebagai salah satu jalur utama perdagangan di wilayah Eropa dan negara titik temu pendidikan yang cukup diminati ini, tentu saja Belanda mempunyai banyak perbedaan antara Suku, Agama, dan Ras. Masyarakat yang ramah, sopan dan Beragamnya budaya menyebabkan Belanda menjadi negara pertemuan ilmu pengetahuan, Ide-ide dan budaya dari seluruh dunia. Secara tidak langsung karena keberagaman penduduknya hal ini akan menimbulkan suatu toleransi, karena semakin toleran masyarakat sebuah negara terhadap keberagaman maka akan semakin bebas orang untuk mengutarakan pendapatnya dan bebas berekspresi untuk mengeluarkan ide-idenya.

Negara kincir angin ini dikategorikan sebagai negara “self-service country”. Ini berarti bahwa masyarakat belanda diatur untuk berusaha untuk mengatur semuanya sendiri dan ini membuat mentalitas warga yang mandiri dan patuh akan aturan. Salah satu dampak positif dari mental ini adalah masyarakat Belanda akan bersifat terbuka dan berterus terang dalam sikap dan bertingkahlaku, karena sifat ke-pluraslismenya dalam keberagam budaya akan menjadi tolak ukur orang tersebut akan sebuah negara tempat tinggalnya. Kita tentu saja tidak mau kan, jika masyarakat negara kita dipandang sebagai negara pembohong? Nah, oleh karena itulah di Belanda ini, masyarakat di sana dituntut untuk sadar akan bersifat terbuka dan berterus terang dalam berperilaku. Tentu saja masyarakat yang seperti itulah yang sangat diidam-idamkan oleh seluruh negara karena masyarakat seperti itu tentu saja akan mempunyai sifat tidak akan mudah tersinggung.

Ide dan kreativitas yang berkembang dan tumbuh dengan subur di Belanda tentu saja akan memberikan nilai dalam bidang ekonomi, “kok bisa sih ada hubungannya dengan ekonomi?” tentu saja bisa karena orang Belanda cukup kreativ dan inovatif untuk menggabungkan ide dan kreativitas, bayangkan saja dalam pembuatan sebuah jalan konblok, Belanda telah menggunakan mesin otomatis bernama “Tiger Stone” ini sebuah mesin penata konblok  yang dapat membuat jalan yang dilapisi dari bahan bata maupun konblok. Ini hanya sebagian kecil penemuan yang dilakukan oleh para mahasiswa di belanda. sehingga ini akan menjadi suatu inovasi bisnis sehingga nilai pendapatan ekonomi negara Belanda benar-benar tercapai secara optimal. Saya sangat yakin karena perpaduan masyarakat kulturalisme dan pluralism yang mempunyai sifat toleransi, terbuka dan berterus terang inilah yang membuat Belanda terdepan akan hal pendidikan maupun ekonominya. Alangkah bahagianya jika masyarakat Indonesia mempunyai sifat-sifat seperti ini dan menerapkan dikehidupan besosialisasi, Ya!! akan menjadi Negara berpendidikan tinggi, bebas berkarya, kreatif, inofatif dan kaya seperti Belanda!

– ditulis oleh Angga Visca Nur Ali

22 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

22 responses to “#4 Belanda di Antara Multikulturalisme, Toleransi, Kreatif, dan Inovatif

  1. nice work on the article, lots of well-chosen words on it, and I think this one should be considered as the winning candidate for this match ! ho o ora ? iyolah

  2. sikak

    terlalu jauh kau tengok ke belanda, tengok saja itu kawan negara kau singapor, disitu saja kau sudah bisa banyak belajar tak perlu kau jauh ke belanda ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

  3. galang

    Indonesia memiliki kesamaan dengan Belanda dalam hal pluralisme, tugas kita sebagai generasi muda untuk bisa menghayati apa yang terjadi di Belanda sebagai modal untuk melangkah dan menjadikan Indonesia lebih baik di masa depan.
    Nice writing.

  4. Fajar Aji

    semoga dapat diambil pelajaran yang bermanfaat dari tulisan diatas…
    hahahaha….

  5. Marina

    The writer did a great job!!! Interesting way of writing, good thoughts, definitely the best one!!!

  6. ratih

    daebak ! chukae chingu, FIGHTING !!!

  7. bence

    semoga menang

  8. Nigina

    Very thoughtful writing.. Really enjoyed reading it.. this one definitely scores;)

  9. anggapiskak

    Great writing, great ideas!!! this one is surely the winner!!!! Great job!!!! Blow job!!!

  10. waznoism

    kalau dengan multikulturalisme negara Belanda dapat maju karena penduduknya yang saling bertoleransi sehingga penduduknya lebih bebas berkarya dan menyalurkan ide kreativ serta inovatifnya, maka Indonesia juga dapat meniru keunggulan Belanda dengan kehidupan multikulturalisme yang dimiliki bangsa Indonesia ini.

  11. Industri ekonomi kreatif memang sekarang lagi ngetrend dan terbukti sangat bermanfaat. Belanda juga telah membuktikannya untuk kesejahteraan masyarakat sendiri.

    Boleh kunjungan balik? bedankt voor reacties 🙂 https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/11/168-industri-kreatif-belanda-keunikan-yang-menguasai-dunia/#comment-1132

    • Di Belanda memang negara yang sangat diidam-idamkan untuk menempuh jenjang pendidikan di sana. masyarakatnya terbuka semua untuk segala jenis ras, teknologi yang maju dan masyarakat negara yang santun !

  12. Tammi

    Great writing, great ideas!!! this one is surely the winner!!!! Great job!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s