#5 Belanda Negeri di Atas Laut

Belanda menjadi negara yang terlama ada di Indonesia. Dalam satu sisi, belanda menjadi sebuah negara yang meninggalkan beberapa bangunan bersejarah yang masih kokoh di Indonesia. Ini merupakan bukti bahwa masyarakat belanda dulu telah maju dalam bidang pembangunan.

Contoh saja Benteng Vredeburg yang dibangun 1787 di Yogyakarta dan Kota Lama di Semarang. Kedua bangunan tersebut sekarang menjadi tempat yang unik di masing –masing kota. Terlebih kota lama yang menjadi ikon kota semarang.

Kemajuan itu juga ditunjukkan dengan kreatifnya  arsitektur belanda tentang  bagaimana menentukan bangunan itu bisa tepat dan bisa bertahan lama. Bagaimana belanda membuat sebuah bangunan untuk pusat pemerintahan disetiap provinsi itu dekat dengan laut.

Selain itu model drainase dalam setiap pembangunan kota kota lama milik belanda juga sangat bagus. Meski dulu seperti Jakarta dan Semarang dekat dengan laut, kota-kota  tersebut dalam sejarah tidak pernah mengalami kebanjiran.

Dalam sebuah pembicaraan di televisi Supreme Master TV salah seorang ahli arsitek Koen Olthuis, arsitek, Waterstudio.NL mengemukaan bahwa perusahaan mereka  merancang segala jenis barang, merancang tipe perumahan, yang sama seperti di tanah, hanya sekarang dengan fondasi apung.

Koen juga mengatakan bahwa Belanda sebenarnya hanya sebuah negara buatan. Setiap hari memompa banyak air ke luar agar negara ini tetap kering. Belanda adalah sebuah dataran rendah besar yang bertanggul, sesungguhnya, 3.500 dataran rendah kecil. Karena sebetulnya, bila berhenti memompa, pada suatu waktu, air tersebut akan kembali lagi, jadi belanda akan berada di bawah air lagi.

Sebuah arsitektur belanda yang luar biasa. Belanda telah berurusan dengan air selama 100 tahun, dan telah meneliti bagaimana tinggal di atas air. Hal ini sangat beda jauh dengan bagaimana arsitektur di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan sering banjirnya kota-kota besar seperti Jakarta dan Semarang.

Di atas air, Koen membuat bangunan dan kawasan yang bisa dipindahkan. Jadi, benar-benar berarti bahwa ada permintaan untuk lebih banyak alam, atau lebih banyak rumah, atau lebih banyak kantor, atau lebih banyak apa saja. Bayangkan saja di Amsterdam, pusat Amsterdam juga berada di tepi laut dan kita bisa membawa segala macam hal di sana dengan air. Dan itu bisa juga bukan saja taman, tetapi juga rumah dan kantor dan tempat bersantai.

Koen  memberikan contoh proyek pembangunan kembali tanah di tepi pantai dekat Hague dan pengosongan laut yang telah dipindahkan dari bagian tepi pantai yang membuka dataran rendah bertanggulnya. Ada 1.200 rumah, dan dari 1.200 itu, 600 mengapung dan 600 akan berada di atas gundukan kecil, di atas bukit. Sebenarnya ini pertama kali di Belanda yang memandang tanah itu dengan cara baru, bukan hanya memompanya kering, tetapi juga membiarkan airnya masuk. Hal ini karena Belanda dikenal atas perjuangannya melawan air dan sekarang akan pelan-pelan berubah menjadi tinggal dengan air.

– ditulis oleh Much. Harun

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#5 Belanda Negeri di Atas Laut

  1. hakim

    Hmmm, Belanda: negeri yang kreatif memang
    Mampir di tulisan saya juga ya, Silahkan di komen juga 🙂
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/15/422-3b-bisnis-bunga-belanda/#comment-1982

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s