#2 Cahaya di Tengah Eropa

Bagaimana kreativitas dalam berinovasi tercermin dari pendidikan Belanda? Inilah pertanyaan yang gue dapat ketika membaca tema untuk kompetisi blog tahun 2012 ini.  sebenernya gue rada bingung juga secara gue belum pernah ke Belanda, belum pernah belajar di sana. tapi bak kata orang tua dulu banyak jalan menuju Belanda  *lah bukanya Roma  -__- , tapi dengan bantuan om gugel Di tambah referensi – referensi  bacaan dari NesoIndonesia akhirnya gue bisa membuat tulisan ini 😀 . teknologi emang gak ada matinya. Tulisan  ini adalah hipotesa hasil survey dari bacaan-bacaan yang ada di internet *sok ilmiah.  Dan  karena Neso Mensyaratkan maksimal 500 kata gue harus menjadikan tulisan ini se-singkat dan se-informatif mungkin. Mudah-mudahan aja tulisan ini bermanfaat untuk kita semua *udah woii muqadimahnya..tinggal berapa kata lagi ini..-____- . *iya-iya 😀 ..

 “Pendidikan bukanlah segala-galanya tapi segala-galanya berawal dari pendidikan” memang benar pendidikan merupakan unsur penting, begitu juga di Belanda. Dalam World Reputation Ranking 2012 yang di lansir Times Higher Education, Belanda berada di urutan ke-3 negara dengan jumlah universitas terbanyak. Lima universitas riset Belanda masuk dalam 100 besar dalam daftar yang dikeluarkan oleh Times Higher Education. Peringkat Reputasi ini didasarkan pada hasil analisa 31,000 akademisi dari 149 negara *wedeww..dahsyat banget gak tuh 😮 itu makanya gue kasih judul cahaya di tengah eropa karena Belanda bersinar banget 😀 … dengan kemajuan dan prestasi seperti itu tidak salah kalo Belanda di jadikan pilihan belajar dan tujuan pendidikan masyarakat dunia. Denger-denger nih, pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di sana mencapai ribuan orang lohhhh.. mantep gak tuh 😀 .

untuk soal prestasi dalam dunia pendidikan Negeri Belanda gak usah di Tanya deh, Udah melesat jauh. Ini tidak lepas dari kontribusi masyarakat dan kaum cendekia Belanda untuk terus berinovasi dalam kemajuan dunia pendidikan mereka. Bahkan Belanda peringkat ke-10 Negara dengan penerima nobel terbanyak di dunia *wawww. gak percaya? Coba deh baca ini :D. Kreatifitas dalam berinovasi tidak hanya di lakukan dalam pendidikan saja, World Happiness Report yang di terbitkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melaporkan bahwa Belanda adalah negeri paling bahagia ke-4 di seluruh dunia, keren banget kan 😀 . Selain itu katanya sih orang Belanda sangat disiplin dan sangat cinta sama lingkungan. Hampir seluruh masyarakat Belanda menggunakan sepeda sebagai alat transportasi mereka, dan juga Menurut studi yang dilakukan OECD pada tahun 2011, Belanda adalah negara terbaik ketiga dalam hal Work-Life Balance coba cek disini.

Negeri Belanda juga berada di peringkat dua sebagai negara terbaik untuk melakukan bisnis, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Hong Kong ada di peringkat pertama. Indeks ini dibuat berdasarkan enam kriteria termasuk tingkat integrasi ekonomi dan biaya tenaga kerja.untuk lebih lengkapnya simak di Dutch Daily News.
Jadi menurut gue inovasi dan kreatifitas terbit dari pendidikan yang maju dan kemauan untuk terus berkembang. Kreatifitas meningkat seiring dengan ilmu yang terus bertambah pada individu atau kelompok masyarakat yang memang menginginkan perubahan. Mudah-mudahan Indonesia juga bisa se-kreatif Belanda dalam berinovasi dan menghasilkan prestasi-prestasi yang luar biasa.. pasti!! 😀

Sumber gambar :
http://lacreaciondemivida.blogspot.com/2010/09/dutch-someday-ill-be-there.html dan http://travelling.setyobudianto.com/2011/10/fasilitas-pengguna-sepeda-yang-nyaman.html

– ditulis oleh Hairil Habibi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s