#9 Keseimbangan Pendidikan dan Teknologi di Belanda

Siapa tidak kenal Belanda?? Negeri ini menyimpan sejuta pesona yang mungkin tidak dimiliki oleh negeri kita. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saya begitu menyukai Belanda sebagai pilihan negeri tujuan studi maupun wisata. Belanda merupakan negara tujuan studi yang cukup potensial karena negeri ini sangat memberikan apresiasinya terhadap ilmu pengetahuan, baik eksak maupun non-eksak. Berbagai kebudayaan klasik yang menjadi ciri khasnya juga sangat menggiurkan untuk dipelajari.

Minat masyarakat Belanda di dunia pendidikan juga cukup tinggi, mereka member kebebasan pada warga negaranya untuk berkreasi. Wah, hal-hal tersebut semakin menambah besar keinginan saya belajar di negeri itu. Teknologi canggih pun juga sebagian besar disumbangkan oleh para peneliti dari Belanda, seperti kincir angin, teknologi pembuatan DAM, dsb. Sehingga dengan menimba ilmu di Belanda, para generasi muda sangat diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya di negeri kita, tentunya pada sisi yang positif saja.

Belanda juga merupakan pelopor pendidikan di Indonesia. Sebagai contohnya banyak tokoh Indonesia seperti Dr. Sutomo (pendiri Budi Utomo), Moh. Hatta dan masih banyak lagi pahlawan nasional kita yang dibesarkan oleh sistem pendidikan di Belanda, jadi meskipun mereka telah menjajah kita selama 350 tahun tapi ada juga keuntungan yang bisa kita peroleh. Pendidikan juga sudah menjadi kebutuhan yang esensial, bukan hanya untuk memperoleh gelar, tetapi ilmu pengetahuan merupakan bekal yang sangat berharga untuk kehidupan kita kelak.

Waktu yang tidak pernah tidur pasti dapat menjawab segala kegalauan kita,,namun itu semua tidak pernah lepas dari kerja setiap mikro bahkan nano meter otak kita yang senantiasa berusaha untuk memperluas permukaannya atau dengan kata lain gak pernah ada hasil tanpa didahului kerja keras.. bukankah Allah sudah memberikan hak prerogative kita selama di bumi untuk memanfaatkan akal sebaik mungkin dalam urusan duniawi???

“Setiap orang-orang yang berhasil pasti pernah gagal, tidak hanya sekali, tetapi berkali-kali..dan dengan semangat bangkitnya itu mereka bisa membuktikan bahwa dirinya bisa menjadi orang yang berhasil”…nah begitulah kira-kira kutipan kata dari Fatan Fantastic sewaktu memberikan nasehat dalam suatu seminar yang saya ikuti. Now, what can we do? Kalau kita hanya stagnan seperti ini saja pasti tidak bakal ada perubahan yang dapat kita bikin, malahan kita yang dirubah oleh dunia. Yah, mungkin saat ini saya masih sangat jauh dari yang namanya sukses. Tidak ada kata terlalu banyak untuk suatu impian yang ingin dicapai. So, pastikan Belanda menjadi salah satu referensi untuk melanjutkan studi anda selanjutnya…

– ditulis oleh Anindya Novika

Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#9 Keseimbangan Pendidikan dan Teknologi di Belanda

  1. ovik

    pendidikan memang tiada habisnya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s