#6 Netherland Museum: A Mirror of Creativity!

Do not quench your inspiration and imagination, do not become the slave of your model.
– Vincent van Gogh

Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata kreatif? Beberapa menyebutkan kreatif adalah memiliki pemikirian yang orisinil. Kreatif juga didefinisikan sebagai sebuah pekerjaan yang diproduksi berdasar ekspresi dan imajinasi asli seseorang. Satu lagi definisi kreatif dari kreatif menurut The Cambridge Handbook of Creativity. Kreatif itu, pertama, sebuah kerja kreatif yang merupakan keaslian dan kadangkala berbeda, dibandingkan dengan pekerjaan lain yang berkaitan. Kedua, kreatif merupakan kualitas dan keunikkan. Jadi, bisa kita simpulkan untuk membuat sebuah “kreatif” rumusnya: keaslian, keunikkan, dan pemikiran yang berbeda dari yang lain.

Setelah mengetahui definisi kreatif, mari beranjak pada definisi museum. Kenapa museum? Karena dari museum kita melihat cerminan kreatifitas pendidikan Belanda dari museum salah satunya. Tahu museum? Menurut organisasi yang mengurus museum di dunia yaitu International Councils of Museum (ICOM), museum adalah:
“Lembaga non-profit, institusi permanen pelayanan masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, lembaga yang mengakuisisi  konservasi, penelitian, komunikasi dan pameran warisan budaya manusia berbenda maupun tak berbenda dan lingkungannya, untuk tujuan pendidikan, pembelajaran, dan  hiburan”
Jadi, dari definisi museum dan kreatif dapat kita ketahui bahwa museum merupakan salah satu sarana paling efektif untuk berinovasi dengan ide-ide baru dalam dunia pendidikan di Belanda. Dan hal ini sudah diterapkan oleh Belanda di ratusan museum yang mereka miliki. Lihat saja laman holland.com yang memberikan informasi lengkap mengenai harga, deskripsi, dan rute ratusan museum di Belanda. Sungguh memudahkan pengunjung. Museum di Belanda di kategorikan lho, menjadi Museum Sejarah, Museum Seni, Museum Nasional, Museum Ilmiah, Museum Arsitektur, Museum Hiburan, dan Musem Anak-Anak. Kalian mau yang mana? Yuk pilih disini!
Seperti yang telah didefinisikan mengenai museum, kita bisa melihat dari museum sejarah yang ada di Belanda sebagai contoh. Laman holland.com memeringkat 10 museum terpopuler yang dikunjungi. Dan museum yang paling diminati diurutan pertama adalah The Anne Frank House. Sebuah museum sejarah dengan cerita yang bersituasi di pusat Amsterdam saat Anne menulis buku hariannya selama hidup saat Perang Dunia ke-2. Kunjungan wisatawan ke Anne Frank House telah menyentuh jutaan orang dari seluruh dunia. Bukankah kalian jadi bertanya bagaimana rasanya hidup di zaman perang yang bagai mimpi buruk itu melalui buku harian Anne Frank? Kalian bisa menemukan jawabannya!
Selain, The Anne Frank House, saya sering mengunjungi laman tropenmuseum.net. Dari laman ini saya mendapatkan banyak sekali informasi untuk tugas akhir saya tentang jejak Belanda di Kota Bogor. Melihat bagaimana Museum Tropen memberikan akses yang begitu mudahnya bagi siapa saja, menunjukkan bahwa negeri Belanda memang ingin memajukan pendidikan tidak hanya warganya tapi seluruh dunia. Karena kemudahan pengaksesan data, Global Higher Education menempatkan Belanda di urutan teratas untuk kemudahan aksesibilitas data pendidikan di dunia!
Belanda sudah sangat memanfaatkan museum dengan baik. Warga Belanda menjadikan museum sebagai sarana untuk terus berinovasi dengan ide-ide baru dan penuh kreatifitas demi menunjang pendidikan yang informatif, berteknologi tinggi, dan sarana hiburan sekaligus pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga warga Belanda selalu ada untuk terus melestarikan dan mencintai Negaranya.  Dari museum sejarah kita belajar. Masa lalu tak terulang, haruslah dibingkai dalam museum.
Masa lalu adalah guru terbaik untuk masa depan. Dari masa lalu, hal buruk menjadi pelajaran. Dari masa lalu, hal baik menjadi pijakan kuat masa depan lebih baik. Sudahkah museum-mu seperti ini?

Ayo belajarlah dari Belanda untuk kreatif! Manfaatkan museum-mu!
– ditulis oleh Rucitra Deasy

7 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

7 responses to “#6 Netherland Museum: A Mirror of Creativity!

  1. secara keseluruhan bagus sih, isinya menarik, tapi ada beberapa kata yg ambigu yah untuk di baca.

  2. rucitradeasy

    Terimakasih atas komentarnya. Untuk lebih jauh bisa baca di rucitradeasy.blogspot.com sudah ada pembenaran diksi disana. Terimakasih

  3. Dear Deasy
    Saya terkesan dengan cerita mu, tetapi harus lebih detail lagi, biar orang2 yang mau bepergian ke Negeri belanda, ingin kesana dan khusus mampir
    ke Museum tsb.
    oke biar seru…tambah lagi dong ceritanya

    Salam,4 Mei 2012

    Mamihmu

  4. rucitradeasy

    Dear Endah..
    Terimakasih Endah.. Sebenarnya tulisan ini dibatasi 500 kata saja. Namun, utk deskripsi tentang Anne Frank House sudah dijelaskan bahwa di Anne Frank House adalah museum tentang kehidupan di zaman perang dunia ke 2. Untuk lebih jauh maka saya tautkan link untuk menuju laman yang menjelaskan lebih jauh tentang setiap museum.
    Terimakasih atas saran dan kritiknya. ^^

  5. puspita sari

    Dear : Deasy……
    tulisannya udah cukup bagus n bisa menarik pembaca untuk membaca tulisannya, cuman kurang deskripsi tentang museum yang ada di belanda..contohnya museum The Anne Frank House, disitu cuman digambarkan museum itu merupakan museum yang telah menyentuh jutaan orang di seluruh dunia coba lebih dideskripsikan tenteng museumnya n suasana di sana,jd si pembaca seolah-olah berada di museum itu n tentunya tertarik untuk berkunjung ke Negri Belanda yang penuh dengan museum Bersejarah.

  6. Wah, ini toh tulisan kakakku. Tulisannya enak dibaca cuma ada beberapa kata yang salah tulis. Tapi secara keseluruhan ide yang disampaikan sesuai tema. Jadi pengen ke Belanda.

  7. rucitradeasy

    Senangnya tulisan saya sudah dimuat disini. Semoga tulisan ini mengantarkan saya ke negara impian saya untuk belajar kelak. Mohon komentarnya saya terima saran dan kritik. Terimakasih. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s