#32 Netherland: Paket Lengkap Entertainment

Pernahkah kalian menonton acara Big Brother, 1 vs. 100, Deal or No Deal, dan yang paling baru adalah The Voice? acara-acara variety show yang saya tulis diatas merupakan acara-acara yang cukup populer yang lisensinya dibeli dan dibuat lagi dengan beragam versi di berbagai negara dari hampir seluruh benua. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar tentang acara-acara tersebut (karena sudah dijelaskan masing-masing di wikipedia dan website official masing-masing acara –silahkan cari sendiri), namun, tahukah kalian acara-acara tersebut asli berasal dari Belanda. Johannes Hendrikus Hubert de Mol, atau John de Mol adalah orang dibalik acara – acara tersebut lewat rumah produksi Endemol dan Talpa. Endemol adalah rumah produksi milik John de Mol bersama dengan Johannes “Joop” Adrianus van den Ende.

Sekarang saya akan membicarakan kreativitas John de Mol lewat The Voice. The Voice aslinya berjudul The Voice of Holland (TVOH). The Voice of Holland sendiri sangat sukses di negeri Belanda sana. Pada TVOH season 1 yang dimulai pada tahun 2010 ini dan dimenangkan oleh Ben Saunders pada Januari 2011 berhasil memikat penonton rata-rata 2,7 juta per minggu (dari total penduduk Belanda pada pertengahan tahun 2011 yang cuma sekitar 16.654.000 jiwa). Karena kesuksesannya ini, berbagai jaringan televisi internasional telah membeli lisensi format TVOH, sehingga sekarang bisa kita lihat franchise acara The Voice di berbagai negara. Franchise yang pertama yaitu The Voice versi Amerika Serikat yang disiarkan pada tahun 2011, kemudian disusul oleh negara-negara eropa lain, hingga Australia dan Meksiko. Belum lagi ditambah acara serupa The Voice namun tanpa lisensi (seperti beberapa waktu lalu ada acara pencarian bakat Boyband Girlband di Indonesia yang disiarkan di salah satu televisi swasta). Ternyata Belanda adalah the second largest exporter of televition format in the world.

Selain variety shows diatas, kita semua pasti tidak asing lagi dengan DJ Tiësto? Tidak harus menjadi clubbers untuk familiar dengan DJ Tiësto, di toko music manapun di penjuru dunia, album milik DJ Tiësto selalu hadir disana. Terlahir dengan nama Tijs Michiel Verwest di Breda 43 tahun yang lalu, DJ Tiësto adalah DJ pertama yang bermain di panggung olimpiade musim panas 2004 di Athena, Yunani.

Karena keterbatasan karakter, saya belum menyebutkan Daniel Sahuleka, ataupun seniman klasik macam Vincent van Gogh, dan yang terbaru duo desainer Victor & Rolf. Jika menyebutkan satu persatu orang-orang kreatif Belanda yang sangat terkenal lainnya, tidak akan cukup sehari. Disamping orang-orang Belanda, yang memang kreatif, pemerintah Belanda pun mendukung penuh seniman dan pekerja kreativitas lainnya. Pemerintah belanda memiliki undang-undang budaya (Wet op het specifiek cultuurbeleid) yang mengurusi banyak public cultural funds, dari mulai desain, arsitektur, music, teater, film dan segala jenis bidang kreativitas lainnya. Pemerintah Belanda menciptakan lebih banyak pekerjaan dengan membangun kerjasama antara seniman dan pekerja kreatif lainnya serta industri budaya di sektor komersial. Menurut laporan ketenagakerjaan budaya di Eropa, pangsa kerja budaya kerja secara keseluruhan cukup besar di Belanda. Pada tahun 2005 sebesar 3,8% dari total lapangan kerja atau 306.000 pekerjaan. Angka ini adalah yang tertinggi di Uni Eropa. Dengan kata lain, kreativitas juga membangun andil yang cukup besar untuk semakin memajukan negara ini.

Source :

http://en.wikipedia.org/wiki/The_Voice_of_Holland

http://therealvoiceofamerica.com/

http://statline.cbs.nl/StatWeb/publication/?VW=T&DM=SLEN&PA=37943eng&LA=ENhttp://en.wikipedia.org/wiki/The_Voice_(U.S.)

http://www.dutchdailynews.com/the-voice-of-holland-to-america/

http://www.rtlgroup.com/www/htm/home_news.aspx?ID=E464E1B3540B4916A8C530B9A02B2A22

http://www.thevoiceofholland.com

http://www.census.gov/population/international/data/idb/country.php

http://en.wikipedia.org/wiki/John_de_Mol

http://www.nuffic.nl/international-students/dutch-education/reasons-to-study-in-holland/2-be-creative

http://www.hollandtrade.com/sector-information/creative-industries/

http://www.dutchperformingarts.com/music/2012/01/17/tiesto-birthday-celebration-and-dj-set-at-lavo-with-a-special-appearance-by-dj-chuckie/

www.culturalpolicies.net/web/netherlands.php?aid=812

http://www.hollandtrade.com/sector-information/creative-industries/?bstnum=3556

– ditulis oleh Tri Hayyu Majiida

Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#32 Netherland: Paket Lengkap Entertainment

  1. Pintar di IPTEK dan akademis bukan berarti meninggalkan hiburan ya? Belanda keren!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s