#39 Mengagumi Dutch Creativity: “Mobil Terbang”

Awal tahun 2001 silam ketika seorang sopir membanggakan sebuah jenis mobil, yang katanya hemat BBM (bahan bakar minyak) tapi tetap cocok untuk medan sulit mendaki tanjakan, paman saya Antonius berceloteh, “Sekarang ini ada mobil terbaru lagi. Kalau yang biasa hanya bisa maju dan mundur, yang satu ini bisa juga ke samping kiri dan kanan.” Kami tertawa lucu, dan heran mendengarnya. Apa memang rodanya berbentuk bola bulat sehingga mudah bergerak ke kiri-kanan dan maju-mundur?

Paman saya seorang penutur dan penulis yang cerdas terbiasa mencari ide-ide yang unik dan lucu. Ada-ada saja ceriterannya entah di rumah atau saat mengajar di kelas dan dalam kesempatan ceramah. Semakin orang tertawa makin banyak ide yang muncul.

Tentunya ada kesan ia mengada-ada. Namun ceritera unik tentang mobil aneh demikian itu merupakan hasil olah pikir yang mendalam, disemangati oleh olah rasa penuh antusias, dan didorong oleh motivasi yang kuat membayangkan kelak akan ada mobil serupa itu. Ini bisa terjadi jika orang tidak sekedar meniru dan mengulang temuan lama yang sudah ada. Singkat ceritera, perlu kreatifitas menghasilkan temuan baru bernuansa renovatif dan progresif.
Mobil terbang yang dibuat di negeri Belanda patut diacungkan jempol. Ilmuwan Belanda tidak menjadi konsumen pasif, tetapi munculkan ide baru yang sensasional. Tentang temuan ini menulis demikian, “For a hundred years, designers and engineers have been dreaming of the ‘flying car’. Countless prototypes have been developed, including cars with wing attachments. Until now without technical or commercial success. Spark and PAL-V Europe NV, however, are on the brink of realizing this dream with the PAL-V: an innovative new vehicle that drives like a car and flies like a gyrocopter.”

Puluhan desainer serta kreator yang berpengalaman dalam bidang inovasi, dipimpin Robert Barnhoorn, MSc dan Maarten Wilming, MSc itu meluncurkan jenis mobil yang bisa beroperasi seperti mobil di jalan darat dan terbang di udara. Kendaraan ini dengan mudah bisa berubah dari mode drive ke mode fly
Di Belanda, orang-orang cerdas ini membuat terobosan baru, mewujudkan impian orang sebelumnya. Temuan yang sungguh memukau, bisa dinikmati umat manusia jaman ini. Mereka telah mengembangkan bakat yang dianugerahkan Allah baginya. Talenta digandakan, kecerdasan otak menjadi hadiah bagi umat manusia sejagat.

Mobil terbang cocok untuk urusan gawat darurat seperti penanganan keamanan oleh polisi, dan sebagai ambulans untuk orang sakit. Di kota besar yang padat kendaraan, mobil terbang dapat mengurangi kemacetan lalu lintas. Namun mobil ini juga cocok di pedesaan dan wilayah pedalaman, mengingat minimnya infrastruktur dan sarana transportasi darat dan kondisi geografis yang kurang bersahabat.
Terus terang ketika membaca tulisan tentang mobil terbang ini saya ingin sekali memilikinya, walau itu masih dalam impian yang tidak mungkin terjawab. Wilayah asal saya di perbatasan dengan Negara Timor Leste yang kondisi jalan raya memprihatinkan, naik-turun gunung dan berkelok-kelok tentu lebih cocok dengan mobil terbang.

Nah, mobil dan pesawat sudah menjadi satu wadah dua fungsi. Akankah kelak mobil-pesawat-perahu menjadi “three in one”? Kita menanti kreatifitas baru itu. Akankah dimulai lagi di negeri kincir angin Belanda ataukah di Negara lain seperti Indonesia?

– ditulis oleh Baltasar Mali Tae

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s