#49 Belajar Bahasa Belanda

Bahasa adalah cara manusia dalam berkomunikasi. Banyak sekali bahasa yang berkembang sesuai dengan kebudayaannya masing-masing. Saat ini saya tertarik pada bahasa suatu negara yang dulu pernah menjajah negara Indonesia yaitu, Belanda. Kenapa? Saya selalu merasa penasaran dengan tulisan dalam bahasa Belanda yang seolah-olah sulit di baca. Sering dahi saya mengerut ketika melihat tulisan-tulisan dalam bahasa belanda ketika saya iseng membuka website mengenai negara yang mempesona karena keindahan bunga tulipnya.
Untuk membayar rasa penasaran tersebut, saya mulai mempelajari bahasa belanda. Namun sayang, karena keterbatasan waktu yang saya miliki saya tidak bisa mengambil kursus bahasa belanda. Maka dari itu, saya mengakses situs-situs yang memungkinkan saya untuk belajar bahasa belanda dari rumah. Salah satu situs yang rajin saya kunjungi adalah http://www.goethe-verlag.com. Banyak kosa kata dalam bahasa belanda yang dapat saya dipelajari. Mulai dari tulisan hingga cara bacanya. Kosakata yang ada pun terbagi-terbagi dalam satu sub bagian. Misalnya di sub bagian “Orang”, kita dapat mempelajari kosa kata sehari-hari untuk menyebut diri sendiri, orang lain, maupun sekumpulan orang dalam bahasa belanda. Tidak usah merasa bingung melihat tulisannya karena kita bisa mendengarkan native speaker yang ‘membacakan’ tulisan tersebut untuk kita.
Saat saya sedang mempelajari bahasa Belanda ada beberapa bahasa yang sudah tidak asing lagi bagi saya. Seperti kata ‘oom, tante, klas (kelas), dokter, thee (teh), kantoor (kantor), dan masih banyak lagi. Kata-kata tersebut merupakan kata-kata yang lazim digunakan dalam bahasa sehari-hari orang Indonesia. Memang, ada beberapa bahasa Indonesia yang diadopsi dari bahasa Belanda. Mungkin karena pengaruh jaman penjajahan dulu ya, bahasa Belanda jadi melekat.

Melihat keunikan bahasa Belanda yang tidak hanya unik dalam penulisan tetapi juga pengucapannya, saya jadi ingin terus mempelajarinya. Membayangkan jika suatu hari saya dapat membuat sebuah cerita berbahasa Belanda. Wah… pasti seru sekali!

– ditulis oleh Ugahari Nurul Utami

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#49 Belajar Bahasa Belanda

  1. Maya Rizki Analia

    bahasa indonesia banyak menyerap bahasa belanda, ya??
    seperti kata2 “STRAP” yg dulu suka d gunakn oleh masyarakat Jawa. berasal dr kata “STRAF” dalam b.Belanda, yg artinya “HUKUM”.

    Belanda meninggalkan kosa kata untuk Indonesia jg,,,
    🙂

Tinggalkan Balasan

