#50 History Have Proved if Holland is Creative Nation

Jika ditanya hal kreatif apakah yang dimiliki oleh negri “kincir angin” ,Belanda??, maka jawaban pertama yang terlintas di benak saya pastinya adalah “Bendungan”??, eh,,kenapa??
Pasti teman-teman pernah mendengar Letak Geografis Belanda yang sebagian besar wilayahnya berada di permukaan laut,kan?? Sebagian besar wilayah Belanda yang berada sekitar 1 meter di bawah permukaan air laut membuat orang-orang Belanda berpikir keras dalam mensiasati hal tersebut. Hingga akhirnya tercetuslah ide kreatif orang Belanda untuk membuat “Bendungan”, dengan Bendungan yang kokoh, Belanda mampu bertahan dari luapan air laut,itu baru satu dari sekian banyak bentuk kreatifitas lainnya..masih ada beberapa bukti ke-kreatifitasan orang belanda yang lainnya dan salah satunya dari segi pendidikan.
 

Dari sebuah artikel yang saya baca di salah satu website ternyata Negri “Kincir Angin” ini baru-baru saja dinobatkan menjadi salah satu negara yang paling banyak menyumbangkan penghargaan nobel, “Negara Peringkat ke-10 Penerima Nobel Terbanyak”, merupakan salah satu prestasi membanggakan yang telah ditorehkan “Negri Van Oranje” ini. Wow,itulah kata yang pertama kali terucap dari mulut saya, bayangkan dari banyaknya negara-negara di dunia ini,Belanda dinobatkan menjadi salah satu penyandang gelar tersebut. Nicolaas Bloembergen,Gerardus Hooft,Hendrik Antoon Lorentz,dan Pieter Zeeman,beliau-beliau ini adalah ilmuwan-ilmuwan lulusan universitas belanda yang menerima penghargaan nobel. Bagi saya “Prestasi yang cemerlang merupakan Buah dari bentuk Kerja keras dan ke-Kreatifitas-an seseorang”, Hal ini membuat saya semakin penasaran dengan “Se-Kreatif apakah??” sebenarnya orang-orang di “Negri Van Oranje” ini.

Dan Rasa penasaran saya pun terjawab,ketika saya membaca dari salah satu novel favorit saya mengenai sejarah berdirinya Universitas Tertua di Belanda,Universitas Leiden. Sebuah universitas yang terletak di Kota Leiden ini telah memberikan kontribusi kepada dunia ilmu pengetahuan dengan 4 kali mendapat Nobel Prize. Akan tetapi tahukah kamu?? Jika dibalik penghargaan yang diterima,Universitas Leiden menyimpan sejarah pendirian yang mengagumkan. Universitas Leiden yang didirikan tahun 1575 sebagai hadiah dari Pangeran William Van Oranje kepada penduduk kota Leiden yang bertahan selama 2 tahun dalam pengepungan,dan menyelamatkan seluruh area dari penjajahan asing. Sebagai ucapan rasa terima kasih itulah, Konon Pangeran William Van Oranje memberikan pilihan pada warga Leiden,antara warga Leiden akan dibebaskan dari pajak atau didirikannya sebuah universitas.
Dan tebak pilihan pertama atau kedua yang diambil oleh warga Leiden?
Awalnya saya berpikir, pastilah mereka akan mengambil pilihan pertama sehingga hidup warga Leiden tidak perlu dibebani oleh pajak lagi,tapi ternyata dugaan saya salah. Benarr..Warga Leiden lebih memilih pilihan kedua yaitu didirikannya universitas yang saat ini bernama Universitas Leiden.
Dari sejarah tersebut saya semakin yakin bahwa orang belanda memang sudah sejak dulu kreatif, Yup,History have proved  if Holland are Creative...Warga Leiden tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi tetapi mereka memikirkan hal baru apakah yang belum dimiliki untuk kepentingan bersama di masa mendatang,  saya rasa pemikiran visioner juga sudah dimiliki oleh warga Leiden saat itu. Bayangkan saja,, jika pada tahun 1575 mereka belum terpikir arti pendidikan bagi sebuah negara, mungkin saja Belanda akan menjadi negera se-maju seperti sekarang yang memiliki pendapatan per-kapita sebesar US$30.
”Sebuah kekreatifitasan terkait dengan penggunaan berbagai potensi yang dimiliki,baik pengetahuan,intuisi maupun imajinasi sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan ide-ide baru yang lebih baik dan bermanfaat” (Michael A.West)
 

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s