#38 Ide ‘Gila’ Terbaru Buatan Belanda.. Gunung Buatan Setinggi 2 KM.

Nederlander (sebutan untuk orang-orang Belanda) sudah terbukti mampu mengkonversi keadaaan alamnya dengan sangat baik. Mereka terkenal dengan ide-ide ‘gila’ yang mencengangkan. Sebut saja, Flevoland, sebuah wilayah di Belanda yang pada awalnya merupakan kawasan air laut yang kemudian melalui ide briliant dari dr. Cornelis Lely pada tahun 1891 untuk mengeringkan air laut di wilayah tersebut dan menjadikannya dataran yang dapat dihuni  oleh ribuan manusia hingga saat ini.

Tidak hanya Flevoland, sebagai contoh, adalah dam, sebutan untuk bendungan tinggi besar yang dibuat oleh mereka untuk menahan air laut agar tidak membanjiri wilayah Belanda terutama yang berada dekat dengan laut. Bendungan-bendungan tersebut merupakan hasil inovasi dari pemikiran dan ilmu pengetahuan yang dimiliki orang-orang Belanda yang kini berada di baris depan pertahanan Belanda terhadap bahaya air laut.  Dari penamaannya saja, Nederland, yang berati dataran di bawah permukaan laut, menunjukkan bahwa Belanda memiliki bentang alam yang terbatas. Namun, keterbatasan ini tidaklah menjadi suatu permasalahan besar bagi mereka. Bukan Belanda namanya jika mereka tidak memiliki ide-ide briliant.

Selain kreatifitas membuat prototipe mini Belanda lengkap dengan seluruh isi-isinya, yang bisa kita lihat di Madurodam, ataupun membuat polder dan dam sebagai bentuk solusi dari keterbatasan yang dimiliki Belanda, baru-baru ini sekitar akhir tahun 2011 mereka mengejutkan dunia dengan ide ‘gila’ lainnya, yaitu membuat gunung sendiri setinggi 2000 meter! Gila? Sebut saja begitu.

Ide awal ini tercetus pertama kali oleh seorang mantan pembalap sepeda Belanda bernama Thijs Zonneveld di koran De Pers. Namun tidak ada yang tidak mungkin bagi orang-orang Belanda. Saat ini telah dibentuk sebuah kelompok yang bertugas melakukan studi kelayakan pembangunan gunung buatan yang disebut dengan Die Berg Komt Er (DBKE). Kelompok studi kelayakan DBKE  bertujuan untuk mengumpulkan segala informasi untuk pembangunan sebuah gunung, dalam bentuk apapun,apakah layak dan sepadan dengan hasilnya dikemudian hari nanti.

Akhir Maret ini studi kelayakan tahap awal DBKE selesai. Hasil dari studi kelayakan menyatakan bahwa bukannya tidak memungkinkan bagi Belanda untuk membangun sebuah gunung buatan setinggi 2000 meter, hanya saja hal ini membutuhkan uang,waktu dan tenaga yang sangat banyak. Dana maksimum yang diperkirakan untuk membangun gunung tersebut adalah sekitar 60 – 70 miliar euro dan waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 20 tahun. Perencanaan pembangunan gunung ini terutama diperuntukkan untuk sarana olahraga dan transportasi serta sebagai sumber penyedia makanan, air dan energi bagi kesejahteraan masyarakat Belanda.

Suatu tanda tanya besar melintas di benak masyarakat Belanda. Di manakah tempat yang paling memungkinkan untuk membangun sebuah gunung yang sangat besar? Lagi dan lagi keterbatasan bentang alam bukanlah masalah besar bagi Belanda. Hasil studi dari para ahli matematika dari Belanda mengatakan bahwa volume gunung ini 300 kali lebih besar dari tembok Cina. Oleh karena beratnya yang sangat besar dapat menimbulkan resiko penurunan permukaan tanah di daerah yang didirikan tersebut, maka pilihan ideal yang tersisa adalah di lepas pantai Bergen, sebagai lokasi terbaik.  Dari sisi positifnya, para peneliti melihat potensi besar bila gunung tersebut berhasil dibangun. Gunung tersebut dapat digunakan untuk olahraga bersepeda, ski, bergunung yang tentunya akan menarik banyak pengunjung dari dalam maupun luar negri. Dari pembangunan gunung ini diharapkan akan menjadi kekuatan tambahan dalam aspek sosial dan ekonomi Belanda.

Jadi, gunung buatan setinggi 2km di Belanda? Kenapa Tidak..

– ditulis oleh Anna Kharisma Mubin

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s