#51 Seni Jalanan di Amsterdam : Membuat Potret Seni dengan Menggunakan Lem Solasi Berwarna Coklat (Packing Tape)

Banyak sekali seni jalanan yang berserak di dunia ini, baik itu lukisan, ukiran, mural dan sebagainya, namun jika seni jalanan itu menghasilkan sebuah karya foto dan menggunakan media yang tidak biasa, pasti akan sangat berbeda hasilnya.

Max Zorn, seorang seniman jalanan yang bertempat tinggal di Amsterdam, membuat karya berupa foto yang tajam dan sinematik dengan menggunakan media yang sangat unik dan berbeda yaitu, packing tape atau lem solasi berwarna coklat.

Dengan bantuan cahaya lampu untuk menerangi karya, seni tersebut terlihat menarik dan menakjubkan. Max Zorn sendiri terinspirasi oleh temannya yang bekerja sebagai desainer mobil, yang menciptakan sketsa untuk desain mobil dengan menggunakan solasi tipis atau bening, Max terkejut karena pembuatannya begitu cepat.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat karya tersebut selain solasi coklat (packing tape) juga dibutuhkan pisau Cutter dan kaca Plexi. Proses pembuatannya dengan cara menempel kemudian memotongnya dengan Cutter sesuai dengan desain yang akan dibuat.

Max sendiri memulai debut karyanya itu pada bulan Mei 2011, karya pertamanya dikonstribusikan untuk Anneli, dengan membuat dua buah foto yang dipajang di lampu jalan Joordan, Amsterdam.

Hingga kini Max, sudah membuat puluhan hingga ratusan karya, bahkan ada beberapa karya dari perjalanannya ke Spanyol dan Portugal. Januari 2012 lalu karyanya yang berupa foto personel The Beatles menggantung di lampu-lampu jalan di kota Liverpool, Bristol dan London.

 Salah satu karya Max Zorn

– ditulis oleh Retno Dwi Manggiasi Putri

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s