#54 Belanda: Bebas, Lantang, dan Mendunia

Siapa yang tidak ingin mengunjungi negara Belanda? Negara yang terkenal dengan sebutan negara di bawah laut, kincir angin, bunga tulip, penghasil keju, memang sudah lama menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan dunia. Namun, bukan hanya yang telah disebutkan di atas yang membuat Belanda begitu menarik. Penduduknya yang sangat open-mindeddan apresiatif membuat Belanda menjadi inspirasi yang mendunia.

Peristiwa di masa lampau antara Indonesia dengan Belanda tentu akan selalu menjadi sejarah yang membentuk kedua negara ke depannya. Tidak terhitung jumlahnya peninggalan Belanda yang masih ada di Indonesia, dari dibangunnya jalan, gedung, maupun beberapa kata dalam Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Belanda, seperti kata seminar yang diserap dari kata seminaar, kolom dari kolom, prestasi dari prestatie, dan masih banyak lagi. Arsitektur bangunan khas Belanda juga menjadi salah satu acuan para arsitek dalam negeri untuk membangun gedung-gedung baru bergaya khas Belanda. Seperti salah satu bangunan di kota tempat tinggal saya, gedung Bank Indonesia. Gedung Bank Indonesia di Kota Cirebon terletak di Jalan Yos Sudarso. Terdapat dua bangunan, di mana salah satunya memang merupakan bangunan hasil warisan jaman kolonial. Sedangkan bangunan yang memiliki ukuran lebih besar merupakan gedung baru yang sengaja dibangun dengan desain khas arsitektur Belanda.
Sebagai salah satu negara maju yang memiliki banyak universitas berkualitas, Belanda juga kerap membuka jalur belajar di seluruh Belanda bagi para siswa di seluruh dunia. Salah satunya adalah kesempatan yang diberikan untuk summer school di Utrecht melalui Nuffic Neso, yang menurut saya sangat adaptif terhadap perkembangan kehidupan masa kini. Bahkan, dapat dikatakan belum banyak yang mengadakan event pendidikan dengan cara kompetisi penulisan blog. Padahal, sekarang ini tidak terhitung lagi berapa banyak orang yang memiliki blog. Blog menjadi tempat bagi setiap orang untuk menuangkan perspektifnya mengenai banyak hal. Sosial, budaya, ekonomi, politik, bahkan, persitiwa patah hati pun dapat dikupas melalui blog dari cara yang sangat picisan hingga teoritis-tergantung siapa yang menulis blognya. Melalui kompetisi penulisan blog ini, kita diajak untuk menulis dengan bebas, original, dan tentu saja bertanggung jawab-karena sekali kita menulis blog, akan dapat diakses seluruh dunia dan tidak menutup kemungkinan blog kita akan dijadikan sebuah referensi. Seperti yang juga saya lihat di situs www.overdose.am di mana warga Belanda-khususnya Amsterdam sangat menginspirasi, salah satunya dalam bidang fashion. Artikel “Ordinary People Looking Extraordinary” menunjukan bahwa tingginya apresiasi yang diberikan kepada penduduk Amsterdam dalam hal street fashion. Tentunya hal ini memberikan feedback positif bagi penduduk Amsterdam untuk terus berkreasi. Selain itu, artikel ini juga menunjukkan dengan lantang bahwa sense of fashion yang dimiliki penduduk setempat tidak kalah dengan yang dimiliki warga pusat mode dunia, Paris. Di Indonesia sendiri, sepatu jenis clogs-yang merupakan salah satu jenis sepatu yang biasa digunakan sehari-hari oleh warga Belanda-memiliki penggemarnya sendiri. Bahkan sudah ada beberapa online shop yang menjual sepatu khusus jenis ini. Rasanya tidak berlebihan jika Belanda dijuluki negara kreatif, mengingat banyaknya inovasi terlahir dari inspirasi yang telah kita dapatkan dari kultur Belanda.
– ditulis oleh Ira Zuraidah Tamara

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s