#57 Bahasa Belanda

Pernahkah terpikir di benak teman-teman bahwa Belanda adalah negeri yang didirikan oleh seorang bangsawan yang berasal dari German, lalu bagaimana bisa Negara tersebut akhirnya menghasilkan sebuah bahasa baru yaitu bahasa Belanda? Penjelasannya akan kita bahas lebih lengkap dalam kompetiblog kali ini.

Masyarakat Belanda sangat multikultur. Sejak beberapa dasarwarsa yang lalu sejarah negara ini menyebabkan banyak warga dari negara lain hidup di Belanda. Orang Belanda sangat terbiasa berinteraksi dan bekerja sama dengan orang-orang dari negara lain dari seluruh dunia. Beragamnya budaya menyebabkan Belanda menjadi negara pertemuan ilmu pengetahuan, ide-ide, dan budaya dari seluruh dunia. Beragamnya budaya menyebabkan Belanda menjadi negara pertemuan ilmu pengetahuan, ide-ide dan budaya dari seluruh dunia. Walaupun Belanda adalah bahasa utamanya, tetapi mayoritas masyarakatnya dapat berbicara denga bahasa Inggris dan mampu berbahasa asing lainnya, seperti Jerman atau Perancis. Ini adalah salah satu penyebabnya ternyata.

Menelisik Lebih Dekat Bahasa Belanda, Hubungannya Dengan Kelompok Bahasa Jermanik
Peta budaya Usia Pra-Romawi Besi (s) yang berhubungan dengan Proto-Jermanik, ca 500 SM-50 SM. Daerah selatan Skandinavia adalah budaya Jastorf. Dalam pohon bahasa Indo-Eropa, Belanda dikelompokkan dalam bahasa Jerman, yang berarti berbagi nenek moyang yang sama dengan bahasa seperti Inggris, Jerman, dan bahasa Skandinavia. Ini nenek moyang, umum, tetapi tidak langsung (proto-bahasa) dari semua bahasa Jermanik kontemporer disebut Proto-Jermanik, biasanya diasumsikan berasal pada sekitar pertengahan milenium 1 SM di Iron Age Eropa Utara. Semua bahasa Jermanik adalah dipersatukan oleh ketaatan pada pergeseran suara hukum Grimm dan hukum Verner itu yang berasal Proto-Jermanik. Kedua UU mendefinisikan fitur membedakan dasar bahasa Jerman yang memisahkan mereka dari lain bahasa Indo-Eropa.

Tidak ada dokumen yang dikenal dalam Proto-Jermanik, yang tidak tertulis, dan hampir semua pengetahuan kita tentang bahasa awal telah diperoleh oleh aplikasi dari metode komparatif. Semua bahasa Jermanik modern (seperti bahasa Inggris, Jerman, Belanda, dll) secara bertahap memisahkan diri dari Proto-Jermanik, dimulai sekitar awal Abad Pertengahan. Sebagai tulisan awal Jermanik yang masih hidup, ada beberapa prasasti dalam naskah rahasia dari Skandinavia tanggal untuk c. 200. Ini jelas merupakan Proto-Norse berbicara di Skandinavia setelah itu dibagi sebagai dialek lokal dari Proto-Jermanik umum.
Sejarah bahasa Belanda muncul pada sekitar abad ke-10 Masehi. Bahasa Belanda adalah sebuah bahasa Jermanik Barat yang berasal dari dialek-dialek Frankia Kuna yang dibawa ke daerah yang sekarang disebut Belanda. ??Wahh ternyata bahasa Belanda memang bukan bahasa yang asli muncul di daerah tersebut??. Suku Frankia yang merupakan sebuah suku Jermanik asalnya pertama-tama dari daerah yang sekarang disebut Polandia utara. Bahasa Belanda merupakan sebuah bahasa penting di Eropa dengan jumlah penutur sekitar 25 juta dan termasuk bahasa dengan sejarah sastra yang cukup panjang.
Bahasa Belanda dan termasuk juga bahasa Inggris serta bahasa Jerman, merupakan bagian dari keluarga bahasa Jermanik Barat yang besar. Namun dalam keluarga bahasa ini, bahasa Belanda secara relatif bisa dikatakan kecil. Sifat khas bahasa Belanda ialah dasarnya. Bahasa Belanda berdasarkan bahasa Frankia Hilir. Dahulu kala ketika suku-suku Jerman datang menetap di muara sungai Rhein, sungai Maas dan sungai Schelde, kaum Frankia adalah yang paling dominan dan pengaruhnya paling besar untuk perkembangan bahasa Belanda di kemudian hari daripada suku-suku yang masih dekat berkerabat seperti suku Frisia dan Saxon yang lebih banyak hidup di pesisir kala itu, terutama di sebelah timur sungai IJssel. Oleh karena itu kekerabatan antara bahasa Belanda dan bahasa Jerman bisa dikatakan besar sekarang ini. Bersama dengan bahasa Jerman Hulu (bahasa Jerman baku) dan bahasa Jerman Hilir, yang tidak berdasarkan bahasa Frankia, bahasa Belanda termasuk apa yang disebut keluarga bahasa Jermanik Barat-Kontinental. Keluarga ini merupakan cabang dari bahasa Jermanik dan bahasa Jermanik pada gilirannya merupakan cabang dari bahasa Indo-Eropa.
Selain itu bahasa Belanda dan bahasa Jerman Hilir bersama-sama memiliki ciri khas tertentu yang menggolongkan kedua pula pada kelompok bahasa Ingvaeonik. Bahasa Inggris dan bahasa Frisia keduanya juga memiliki ciri-ciri Ingvaeonik. Sementara itu bahasa Jerman Hulu tidak memilikinya. Sebagai bahasa budaya, bahasa Belanda dan bahasa Jerman bisa dianggap sebagai dua bahasa bersaudara. Dari bahasa Belanda muncul bahasa Afrikaans (perincian menurut Welschen).

Distribusi Bahasa Belanda di Kancah Dunia
Bahasa Belanda terutama dipertuturkan di Belanda, Belgia (di dalam wilayah Komunitas Flandria atau Vlaanderen) dan Suriname. Juga di Aruba dan Antillen Belanda (bagian dari Kerajaan Belanda atau dalam bahasa Belanda Het Koninkrijk der Nederlanden) en juga di sudut barat Perancis en beberapa bagian Jerman di daerah perbatasan. Mengenai ketiga daerah yang disebut di awal tadi, “Uni Bahasa Belanda” (De Nederlandse Taalunie (NTU) atau Akademi Bahasa Belanda) menyebutnya sebagai bahasa Belanda Utara, bahasa Belanda Belgia dan bahasa Belanda Suriname. Di Afrika Selatan dan Indonesia, bahasa Belanda banyak dipakai sebagai bahasa sumber. Surat-surat lama dan teks-teks hukum seringkali ditulis dalam bahasa ini. Lebih dari 10.000 mahasiswa di sana bisa membaca bahasa Belanda. Pada tahun 2005 bahasa Belanda dipelajari di 40 negara pada 220 universitas oleh 500 dosen. Pada posisi terdepan adalah Jerman di mana ada 30 jurusan bahasa Belanda dan diikuti oleh Amerika Serikat dan Perancis pada 20 universitas. Kemudian 0,7 % warga Selandia-Baru menyatakan bahwa bahasa di rumah adalah bahasa Belanda. Di Uni Eropa bahasa Belanda setelah tahun 2004, merupakan bahasa terbesar kedelapan (setelah bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Italia, Polandia, Spanyol, dan Rumania). Sebelum tahun 2004, bahasa ini merupakan bahasa keenam.

– ditulis oleh Lutfi Khoiri

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s