#61 Belanda Menginspirasiku..

Jurusan Teknik Sipil, sebelumnya aku tak pernah tau jurusan ini, aku mau dibawa kemana oleh teknik sipil.. ya.. ternyata jurusan ini sesuai dengan cita-citaku waktu SD,SMP,SMA, yah, menjadi seorang Insinyur, memakai helm proyek, membangun gedung tinggi dan jembatan yang keren.

Hobiku jalan-jalan sambil merenungi tempat yang aku lewati, indah, banyak pelajaran yang bisa didapat, serta meningkatkan rasa syukur kita kepada Yang Maha Menciptakan.

Melewati jalan-jalan kota terutama kota kelahiranku, MAGELANG tepatnya, aku selalu terkagum-kagum dengan bangunan-bangunan yang masih tampak kokoh walaupun dibangun ratusan tahun yang lalu.. ya.. bangunan dari jaman penjajahan, dari BELANDA.. mulai dari PDAM yang ada di alun-alun, pelengkung yang ada di dekat SMP2 dan Taman Badaan, sekolahku baik SMP maupun SMA  juga bangunan Belanda, serta rumah-rumah dinas yang ada di KODIM atau AKMIL, semua tampak kokoh, elegan walau kadang menyeramkan, hehe..

Ya, aku lalu terisnpirasi dari Belanda, cita-citaku ingin belajar lanjut S2/S3 nantinya ke Belanda, agar aku tau cara mereka membangun bangunan yang kokoh hingga ratusan tahun, membuat jalan yang bagus, dan jalan rel yang keren.

Kalo temen-temen masih ingat, lagi trio kwek-kwek yang berjudul “katanya” ada sepenggal bait tentang Belanda,

Belanda negeri kincir, katanya katanya

Keju penghasilannya, katanya katanya

Tulip nama bunganya, woow woow

DAM nama bendungannya..

Enggak soal struktur, air, dan juga transportasi Belanda mampu menunjukkan kemampuannya hampir semua bidang yang ada di Teknik Sipil, siapa yang ga ngiler coba? Kalo aku sih ngiler :3

Kalo uda terkenal soal penanganan airnya, yaitu dengan kincir air, dan bendungan, lalu bagaimana dengan transportasi?? (transportasi kan aku bangetttzz) haha 😀

Tau ga sih, setelah sekian lama para peneliti merancang mobil terbang, Belanda yang akhirnya berhasil mengeluarkan produk “MOBIL TERBANG” yang desainnya ok, teknologinya mantap. Mobil ini mampu terbang sejauh 507 kilo meter dengan kecepatan 176,99 km perjam yang diproduksi Perusahaan Belanda PAL-V Europe NV dan telah berhasil dites terbang yang dilakukan di bandara Gilzew Rijen Belanda.

Mobil yang dinamai PAL-V (Personal Air and Land Vehicle) itu bisa berubah menjadi  gyrocopter, yang artinya bisa terbang hanya dengan sebuah baling-baling yang terpasang di atas badan mobil, sementara sebuah baling-baling di belakang buntutnya berguna untuk mendorongnya ketika sedang terbang. Ketika sedang berkendara di darat baling-baling pada mobil itu bisa dilipat sehingga memudahkannya melaju seperti mobil sport, meski hanya dengan tiga roda. Tidak seperti pesawat yang berbahan bakar avtur, PAL–V mengkonsumsi bahan bakar konvensional seperti halnya kendaraan lainnya bahkan akan dibuat versi solar dan bio-ethanol. Suaranyapun tidak sebising helikopter. Kendaraan itu bisa tinggal landas dan mendarat dalam kecepatan rendah dan mudah dikendalikan. Kabin tipis dan ringan, dengan dua tempat duduk ditempatkan satu di depan yang lain memiliki hambatan minimal dan memakan sedikit ruang di jalan.

Enak kali ya, untuk daerah yang macet, atau berkeliling daerah yang ekstrim kaya’ di Irian Jaya, proses trasnportasi bisa berjalan lancar, habis di darat bisa terbang.. wah Belanda,,, thumb up for u dah. Kapan Indonesia bisa bikin yang lebih canggih?atau mengalahkan baling-baling bambunya doraemon? 😀

Kalo mau bukti bisa liat di youtube :

Dan baca artikel lengkapnya di :

http://www.sparkdesign.nl/en/project/PALV

http://www.beritasatu.com/jelajah-youtube/41425-belanda-produksi-mobil-terbang.html

http://techno.okezone.com/read/2012/04/04/56/605530/pal-v-one-mobil-terbang-masa-depan

– ditulis oleh Dinia Anggraheni

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s