#68 Impian Orang Belanda, Kenyataan bagi Kita Semua

Membaca berita tentang hadirnya mobil terbang yang dikenal dengan nama PAL-V (Personal Air and Land Vehicle), hasil karya para desainer dan kreator pimpinan Robert Barnhoom dan Marteen Wilming, Msc di Rotterdam, Belanda, saya terkesima sekaligus takjub betapa orang-orang Belanda sangat konsisten dan memegang teguh komitmen dalam berinovasi. Jika sebelumnya, mobil terbang hanya menjadi imaginasi kita sebagai orang Indonesia yang senang melihat film-film kartun, para desainer dan kreator Belanda tersebut telah memiliki mimpi untuk mewujudkan alat tarnsportasi masa depan dan hari ini kita melihatnya sebagai sebuah kenyataan dengan datangnya PAL-V.

Sebagai sebuah produk inovatif yang merupakan wujud impian para desainer dan kreator Belanda, PAL-V merupakan kendaraan mutakhir yang dapat dikemudikan layaknya mobil di daratan, sekaligus dapat diterbangkan layaknya gyrocopter. Meskipun masih dalam tahap ujicoba, Pal-V telah membuktikan bahwa sebuah impian jika diraih melalui proses yang inovatif, konsisten, dan penuh keseriusan tentu akan mendatangkan hasil yang optimal. Sebuah pembelajaran dibalik kesuksesan para deainer dan kreator Belanda tersebut.

Sebagai orang yang tinggal di negara berkembang, Indonesia, saya mengakui bahwa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang ditunjang konsistensi dan semangat inovatif orang-orang Belanda dapat menjadi acuan kita semua untuk terus melangkah dan berkembang menjadi negara maju. Hadirnya PAL-V sebagai alat transportasi masa depan yang tercipta karena sebuah impian tersebut menjadi bukti bahwa orang-orang Belanda mau dan mampu mengubah impian menjadi kenyataan, meski dengan perjuangan yang panjang dan melelahkan.
Saya teringat ketika pada beberapa waktu yang lalu, saya berkesempatan mengenal dan bercakap-cakap dengan seorang warga negara Belanda yang kebetulan ingin mendaki Gunung Merapi di Yogyakarta. Dari perbincangan selama perjalanan menuju puncak gunung tersebut, saya menyerap banyak sekali informasi tentang budaya masyarakat Belanda darinya. Disiplin, konsisten, dan inovatif dalam setiap karya membuatnya mampu meraih impian-impiannya meski terdengar mustahil, seperti halnya impian untuk menciptakan mobil terbang yang juga akhirnya terwujud dengan hadirnya PAL-V.

Dari perbincangan tersebut dan setelah membaca berita tentang mobil terbang PAL-V, saya semakin memahami mengapa banyak warga Indonesia yang sangat antusias untuk menimba Ilmu di Negeri Kincir Angin tersebut. Budaya masyarakatnya yang dinamis dan inovatif tentu menjadi salah satu magnet yang mampu menghiptontis mereka, dan saya juga, untuk mencari celah serta kesempatan agar dapat mencicipi dinamisnya orang-orang Belanda dengan sistem pendidikannya yang sudah sangat maju.
Singkatnya, belajar dari hadirnya mobil terbang inovatif karya para desainer dan kreator Belanda tersebut,  saya optimis bahwa impian dapat menjadi sebuah kenyataan. Demikian halnya, impian saya untuk merasakan pendidikan di Belanda dapat terwujud suatu saat nanti karena saya berkaca dari realita bahwa  PAL-V adalah impian orang Belanda yang saat ini telah menjadi kenyataan bagi kita semua.
ditulis oleh Majid Efendi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s