#80 Belanda Melahirkan Python Cerdas yang Berprestasi

Python dari Belanda ini bukan sembarang Python. Python yang dapat menghitung, bahkan mengkalkulasi persoalan matematika. Guido Van Rossum-lah orang kebangsaan Belanda yang menemukan Python. Python disini berbentuk bahasa pemograman, bukan dari spesies ular.

Pada tahun 1996 Van Rossum menulis:

Over six years ago, in December 1989, I was looking for a “hobby” programming project that would keep me occupied during the week around Christmas. My office … would be closed, but I had a home computer, and not much else on my hands. I decided to write an interpreter for the new scripting language I had been thinking about lately: a descendant of ABC that would appeal to Unix/C hackers.

Van Rossum memikirkan sebuah bahasa pemograman baru yang diperuntukan untuk para pengguna UNIX/C yang merupakan turunan dari bahasa ABC. Python dibuat dengan tujuan untuk membuat pemograman menjadi menyenangkan, hal ini terefleksi dari nama Python itu sendiri yang diambil dari sebuah acara yang bernama Monty Python’s Flying Circus.

Sekarang, Python sudah digunakan dalam banyak bidang, diantaranya:

1. Perfilman

Industri Besar di bidang Film yakni ILM (Lucas Film) yang memproduksi Star Wars dan Indiana Jones. Pada tahun 1996 menggunakan Python untuk membantu menghubungkan ribuan komputer dan ratusan software yang digunakan untuk produksi komputer grafik. Contoh film film yang telah dibuat yakni Star Trek, Transformers, Iron Man, War of The World, Pirates of The Caribbean. Saat ini, ILM sukses meraih banyak penghargaan di bidang Visual Effect.

Transformers

Pirates of The Caribbean

2. Website

Dua website besar yakni Google dan Youtube menggunakan Python dan memberikan testimoninya:

“Python has been an important part of Google since the beginning, and remains so as the system grows and evolves. Today dozens of Google engineers use Python, and we’re looking for more people with skills in this language.” said Peter Norvig, director of search quality at Google, Inc.

“Python is fast enough for our site and allows us to produce maintainable features in record times, with a minimum of developers,” said Cuong Do, Software Architect, YouTube.com.

Van Rossum merupakan lulusan program master dari salah satu Universitas di Belanda. Kemampuannya membuat Python didukung oleh sistem pendidikan di Belanda yang bertujuan untuk menjadikan para pelajarnya kreatif dan inovatif. Salah satu pelajar Belanda, Dhaval Shah menuturkan:

Jika Anda mengikuti kuliah di Belanda, Anda akan terus-menerus didorong untuk berpartisipasi. Dosen-dosen saya mengajukan pertanyaan yang tak ada habisnya, dan menantang saya untuk ikut dalam proses pemikiran. Hal ini memungkinkan Anda memberikan ide-ide baru dan banyak belajar dari teman-teman Anda.”

Dibalik website besar dan industri film di dunia ternyata ada pengaruh besar dari Python yang satu ini. Van Rossum menjadi salah satu contoh manusia yang tetap kreatif dan inovatif. Semoga cerita di atas menjadi inspirasi agar menjadikan Kita lebih kreatif dan inovatif, yang lebih penting terbuka pikiran dan wawasannya. Semoga ada programmer-programmer dari bangsa sendiri yang menghandle website besar, aplikasi besar, dan juga ke bidang ilmu yang lainnya. Kita pun harus bisa.

– ditulis oleh Furqan Alfath

43 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

43 responses to “#80 Belanda Melahirkan Python Cerdas yang Berprestasi

  1. ika

    bagus sekali informasinya
    semoga bermanfaat untuk kita semua
    aminn

  2. rifky rachman

    waahh, mantap gan

  3. Ali Imron S

    waw…
    semoga ini menjadi inspirasi positif bagi kita…
    🙂

  4. @henmoro

    “sistem pendidikan di Belanda yang bertujuan untuk menjadikan para pelajarnya kreatif dan inovatif”

    semoga Indonesia bias meniru yang begini

  5. fub

    Wah keren sekali ini infonya… Saya baru tau ada yang kayak begini nih…

  6. baru tau ane sejarah nya….
    (duluuuuu banget sekarang udah ga nyerah ) pernah nyobain pake python buat google appspot.
    buat nyetingnya aja susah,..
    apa lg coding nya yah?
    (susah emang relatif sih :p)

    makacih agan udah berbagiiiii,…

    ^_^

  7. yusron halim

    beuuhh,mantap sekali ini phyton! bisa jadi tanpa phyton, kinerja serta tampilan google dan youtube gak sebagus sekarang..

  8. zaldi

    Ga nyangka film-film bagus dan website terkenal menggunakan phyton…Nice info

  9. bahri

    Ga cuma manusia ternyata yang memerlukan bahasa sebagai alat komunikasi dan interaksi sesama manusia, ternyata hardware(piranti komputer)pun butuh bersosialisasi dengan piranti lainnya untuk dapat melakukan tugasnya, salah satunya dengan menggunakan pemrograman pyton ini.

  10. waow amazing phyton dah ya 🙂
    keren pake banget, semoga yang baca bisa terpanggil dan ga mau kalah biar jadi kaya orang hebat dari luar negeri itu dengan kreatifitas yang lain pastinya ^_^ orang hebat dari Indonesia pasti juga bisa !!!

  11. @vicky_dn

    Judul yang sangat provokatif sehingga dapat membuat siapapun menjadi penasaran untuk membaca artikel ini yang disuguhkan secara ringan namun sarat informasi dan dikemas secara menarik. Well done!

  12. Phyton hebat, kuat dan sangat berguna, memiliki kelunturan atau flexibilitas yang membuat penggunanya merasa tertolong dengan sejuta manfaatnya, dibalik dimensinya yang panjang, phyton mengajak seluruh penduduk dunia ini untuk terus mengembangkan bahasa pemrograman ini, semoga mas furqan bisa menjadi bagian penambahan dimensi dari phyton yang lahir dan tumbuh di Belanda sebagai wakil dari Indonesia 🙂

  13. Inna

    Wow nice info…ternyata dibalik itu semua berkat program phyton. Saya yakin dari Indonesia pun akan ada pemuda pemudi yang mempunyai bakat terpendam sehingga melahirkan program terbaru semoga, tentunya dengan dukungan semua pihak termasuk pemerintah itu sendiri…

    Terima kasih mas infonya sehingga menambah wawasanku 🙂

    • Furqan Alfath

      yup, semoga dari Indonesia juga ada pemuda pemudi yang dapat membuat pemograman sekelas python bahkan lebih.

      Sama-sama Mba Inna, terimakasih juga sudah komen. 😀

  14. bonay

    thanks buat sharenya gan :thumbsup:

  15. affanabdulrosyid

    mantapas gan….

  16. nice share gan, wah banyak yg ane belum tau ttg python….ternyata……hehehe

  17. wew..ternyata si phyton yang ada di balik om google, om youtube, web-web besar lainnya..termasuk di balik film-film layar lebar ternama.
    sampe2 om youtube bilang begini ““Python is fast enough for our site and allows us to produce maintainable features in record times, with a minimum of developers,” said Cuong Do, Software Architect, YouTube.com.”

    :2thumbup for share nya gan !!!

  18. wahhhh…ini baru keren bangetzzzz lhooo..selamat Mas.. : )

  19. inovatif dan kreatif itu yang dibutuhkan pelajar indonesia untuk bisa menancapkan kakinya ke mancanegara.
    bahasan yang ringan tetapi berbobot.

  20. dila

    nambah wawasan yaa. bikin terpacu supaya orang indonesia ada juga dong yang ahli kayak gini. jadi orang-orang kita juga bisa bersaing sama orang luar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s