#81 Mobil Terbang Tanpa Sayap di Negeri Kincir Angin

 

Mobil terbang sedang menjadi fenomenal di negeri Belanda. Penelitian terbaru di negeri yang sering disebut sebagai kincir angin ini menyebutkan bahwa telah ditemukan sebuah teknologi yang dapat memodifikasi mobil sehingga memiliki kemampuan untuk terbang. Pengendara tinggal menekan tombol on/off dan secara otomatis mobil dapat berjalan menggunakan ban ataupun digunakan untuk terbang. Mengesankan bukan. Ini adalah sebuah teknologi mutakhir yang telah menyatukan dua zaman. Penemu pesawat terbang Wilbur dan O. Wright pasti akan kagum kalau melihat modifikasi pesawat terbang yang dahulu mereka ciptakan pada tahun 1903.[1] Bukan hanya pesawat yang bisa terbang seperti pada umumnya. Namun bukan pula mobil bertenaga bensin seperti yang diciptakan oleh Frederick William Lanchester pada tahun 1896.[2] Penemuan mobil terbang ini sungguh ajaib. Sesuatu yang dahulu hanya ada dalam mimpi, namun kini menjadi kenyataan.

Para ilmuwan Belanda telah bekerja keras guna menemukan formula PAL-V, nama mobil terbang itu. Tidak hanya unggul ketika berajang di negeri Belanda. Namun kiranya penemuan mobil terbang ini merupakan salah satu inovasi yang unggul di antara negara – negara di dunia. Karena sebelumnya telah banyak ilmuwan yang berusaha mengembangkan konsepnya. Mobil PAL-V yang memiliki kepanjangan “Personal Air and Land Vehicle” ini dapat melesat 180 km per jam di darat.[3] Kecepatan yang tidak jauh berbeda ketika digunakan di udara. Mobil ini menggunakan baling-baling ketika bergerak di udara dan biasa disebut gyrocopter.[4]

Penemuan mobil terbang oleh Spark dan Pal-V Europe NV diharapkan dapat menjadi solusi dari kemacetan lalu lintas yang kerap kali terjadi di kota–kota besar dengan penduduk yang padat. Kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi dengan teknologi mobil roda tiga yang memiliki kemampuan untuk terbang. Bisa dibayangkan ketika mobil anda terjebak di kemacetan. Tidak seperti sepeda motor yang bisa meliuk-liuk, mobil cenderung statis dengan aktivitas terbatas. Apalagi dengan bentuk badan mobil yang cukup besar membuat anda khawatir untuk tergores. Tidak bisa melakukan apa pun selain menunggu dengan sabar hingga kemacetan berakhir. Pikiran jenuh bercampur dengan waktu yang terbuang sia-sia akan segera melumpuhkan kedamaian para pengendara mobil di kota besar. Berbeda dengan saat mengendarai mobil PAL-V. pengendara mobil dapat menggunakan baling-baling yang ada di dalamnya untuk terbang dan melaju menerobos kemacetan. Bahkan sungai dan gunung pun dapat mereka lewati sambil kembali ke bentuk mobil untuk berkendara di atas jalan darat. Selain itu, mobil PAL-V juga sesuai untuk digunakan oleh polisi, ambulans atau lalu lintas di daerah terpencil.[5]

Keberhasilan Belanda dalam memproduksi mobil terbang merupakan rangkaian dari berbagai kerja keras dan kedisiplinan yang dilakukan bertahun-tahun. Mereka tekun mempelajari konsep-konsep mobil terbang yang telah diteliti berbagai ilmuwan di seluruh dunia. Bantuan dari pemerintah dalam pengembangan proyek mobil terbang ini pun patut dipuji. Inovasi yang mereka lakukan adalah tonggak bagi dimulainya jaman teknologi yang baru. Di masa yang akan datang bumi akan menjadi lebih bervariasi serta mendukung kehidupan yang efisien dan cepat.

[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_terbang, diakses pada tanggal 26 April 2012

[2] http://id.wikipedia.org/wiki/Mobil, diakses pada tanggal 26 April 2012

[5] http://www.sparkdesign.nl/en/project/PALV, diakses pada tanggal 27 April 2012

– ditulis oleh Ria Dewanti

9 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

9 responses to “#81 Mobil Terbang Tanpa Sayap di Negeri Kincir Angin

  1. MAZ

    GYROCOPTER BUKANLAH KONSEP BARU,,,

  2. Dhunik Lukitasari

    Tulisannya sangat edukatif dan menarik. kalau koreksi dari segi ejaan kayaknya dah ma sebelum2nya. tapi pertanyaan yang muncul pertama kali di benakku apakah mobil terbang ini lebih efektif dibandingkan mobil biasa jika dilihat dari segi kapasitas penumpang, harga, dan penggunaan bahan bakar?
    Coz sptnya dia menggunakan bahan bakar spt pesawat example avtur, bener g c? dan biasanya bahan yg digunakan untuk membuat mobil terbang ini bukannya butuh bahan yg ringan dibandingkan mobil darat pada umumnya, tp g tw jg mbak bener pa g pikiranku ini…
    tapi almost bagus kok tulisannya, cm infonya menurutku masih kurang, tp klo mang tu buat menarik pembaca agar lebih penasaran dgn tulisannya jg gpp, biar menunggu tulisan selanjutnya…

    • ria

      Terima kasih Dhunik komentarnya . .
      iya, karena mobil terbang ini masih dalam tahap pengembangan, sementara ini hanya sedikit sekali hal-hal yang dapat digali. Sekali pun rencananya beberapa tahun yang akan datang, mobil terbang ini akan di jual secara massal. walau dengan harga yang sangat mahal. Jadi kemungkinan yang menggunakan mobil terbang untuk sementara adalah jutawan, selebriti, pejabat dan orang lain yang memiliki kekuatan finansial. Maklumlah karena barang baru.
      Begitu juga dengan bahan bakar, kemungkinan untuk mengembangkan menuju energi yang ramah lingkungan masih ada. Tapi untuk saat ini masih menggunakan bahan bakar minyak.
      PAL-V hanya bisa ditumpangi oleh 3 orang.

  3. Rindia M. Putri

    Assalamualaikum Mba Ria
    Tulisan yang sangat menarik Mba. Untuk penggunaan tanda baca saya setuju dgn Faizal. Kemudian ada beberapa hal yang saya perhatikan seperti …di negeri yang sering disebut sebagai kincir angin… menurut saya mungkin lebih baik ditambahkan kata negeri menjadi ..di negeri yang sering disebut sebagai negeri kincir angin..

    Kemudian untuk materi nya sendiri, saya rasa sudah sangat bagus Mba. Mungkin bisa ditambahkan beberapa hal kalo memungkinkan seperti
    1. nama-nama peneliti (pelopor/pencetus ide kendaraan ini) atau universitas-universitas asal pencetus ide ini. Saya rasa ini menarik terutama bagi orang yang mendalami bidang ini, ada keingintahuan mengenai perintis risetnya dan dimana dapat diperoleh informasi lebih lanjut mengenai penemuan tsb.
    2. bahan bakar untuk mobil terbang karena Mba Ria sudah menyebutkan bensin di paragraf awal saya rasa menarik juga mencantumkan bahan bakarnya apa. Apakah saya dengan mobil atau saya dengan helikopter (kedengarannya lebih memungkinkan)? Terutama jika ada prospek penggunaan energi terbarukan (non-bahan bakar minyak) untuk mobil ini saya rasa akan lebih menarik lagi dan lebih menguatkan untuk bisa disebut mobil yang futuristik.
    3. aspek komersialisasi mobil tersebut. Arahan untuk menembus pasar (mungkin bisa ditambahkan 1 atau 2 kalimat di paragraf terakhir). Dan prediksi kira-kira tahun berapa atau berapa tahun lagi mobil ini menjadi populer seperti kendaraan yang ada sekarang. Mungkin semacam ..dengan penemuan mobil terbang ini, 20 tahun lagi kita mungkin tidak hanya melihat kendaraan berseliweran di jalan raya, namun juga di angkasa dan dengan demikian problem kemacetan dapat terselesaikan..

    Sekian dari saya Mba, semoga bermanfaat.
    Sukses Mba Ria 🙂

    Salam,
    Rindia

    • Rindia M. Putri

      oh ya itu ada kesalahan karena autocorrect maksudnya “sama dengan mobil atau sama dengan helikopter?” 🙂

    • ria

      waalaikumsalam wr. wb.
      wow, terima kasih banyak komentarnya rindia. tentang penulisan ejaan negeri kincir angin tersebut, saya menggunakan analogi. dalam contoh kalimatnya seperti ini.
      “buah-buahan yang mengandung vitamin c, antara lain: jeruk, pisang, dan tomat.” dalam hal ini, kata buah tak perlu disebut lagi dalam kalimat yang sama.
      bukan menjadi:
      “buah-buahan yang mengandung vitamin c, antara lain: buah jeruk, buah pisang, dan buah tomat.”
      1. Penemuan mobil terbang oleh Spark dan Pal-V Europe NV. informasi ini dapat ditemukan pada kalimat pertama pada paragraf ketiga. mengenai asal univeritas dan informasi lebih rinci tentang proses penemuannya saya harus menggali data lebih banyak lagi.
      2. betul sekali, rindia. karena mobil terbang ini baru diluncurkan dan masih berada dalam tahap pengembangan. maka kemungkinan untuk menggunakan bahan bakar non minyak akan sangat ditunggu-tunggu. karena tentunya dunia saat ini tengah mencari solusi untuk mencari sumber daya lain yang dapat dimanfaatkan selain bensin.
      3. saya setuju dengan bayangan rindia, tentang mobil terbang di angkasa yang mungkin akan ditemui 20 tahun lagi. dunia akan makin bervariasi dengan kendaraan yang makin canggih. kemacetan sudah tidak jadi masalah lagi. itu salah satu harapan dari ditemukannya mobil terbang ini.

      sangat bermanfaat, rindia.
      salam,
      ria resti dewanti

  4. immaddudin

    Halo Mbak Ria.
    Saya senang sekali baca tulisannya, dan menurut saya sangat inspiratif.
    Struktur tulisannya pun bagus, kutipan-kutipan mbak sampaikan dengan baik.

    Selebihnya, detailnya perlu diperbaiki.
    Seperti penggunaan kata dan tanda baca, pada bagian-bagian berikut:

    “Mobil terbang sedang menjadi fenomenal di negeri Belanda.”
    menjadi
    “Mobil terbang sedang menjadi fenomena di negeri Belanda.”
    karena fenomenal adalah kata sifat;

    “Mengesankan bukan.”
    menjadi
    “Mengesankan, bukan?”
    meskipun saya tahu maksudnya apa, tapi baiknya ditulis dengan cara tersebut;

    kemudian
    “Personal Air and Land Vehicle”
    menjadi
    “Personal Air and Land Vehicle” dalam cetak miring.
    (Maaf saya tidak bisa mencetak miring di kotak komentar ini. Berkenan ajari saya?).

    Selebihnya, diperhatikan kembali detail-detail tersebut.

    Tetap jaga dan tingkatkan semangat menulisnya, ya! Sukses!

    Faizal IWR
    @immaddudin

    • ria

      terima kasih faizal, komentarnya. sangat membantu sekali.
      tentang penggunaan tanda baca memang ada beberapa kekeliruan. diantaranya yang disebutkan faizal tadi. saya harus lebih teliti lagi lain kali. terima kasih koreksinya.
      selain itu ada keterbatasan dalam menggunakan kata bercetak miring. saya juga belum menemukan tombolnya. jadi beberapa ejaan asing yang semestinya menggunakan cetak miring, akhirnya saya ketik normal biasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s