#101 Hey, “Big Results Come From Small Things” !

Belanda merupakan sebuah negara yang didominasi oleh air dimana wilayahnya sebagian berada dibawah permukaan laut serta memiliki hasil cipta yang cukup baik terutama di segi inovasi berkaitan dengan sistem air (water management). Sebuah negara di bawah air dengan pengelolaan air yang begitu baik terbukti dengan hampir tidak pernah kan kita mendengar kabar Belanda kebanjiran Itu karena di Belanda memang terdapat begitu banyak waduk yang mampu menampung debit air.

Bicara soal inovasi di Belanda,  kita dapat melihat dari hal sederhana yang begitu dekat dengan keseharian yaitu Keran Air. Di negeri ini, keran air  bukan sekedar keran air, karena dikelola  serta terus dikembangkan secara kreatif dan inovatif sehingga mampu menghasilkan air keran berkualitas baik serta layak minum. Saat ini, “water from the tap”  seperti yang ada di Belanda memang sudah cukup banyak ditemukan pada beberapa negara  namun tetap Belanda memiliki sisi unggul sendiri karena perlu diketahui pengelolaannya sudah ada melalui hasil pembangunan dalam waktu yang sangat lama sekitar 150 tahun yang lalu.

Jadi, sebenarnya gambaran tersebut bisa dilihat secara sederhana melalui hal berikut ;
Big results      : Air keran berkualitas

Small things   : Keran Air

Istilah big results come from small things mungkin dapat menjadi istilah tepat untuk menggambarkan bagaimana suatu inovasi yang begitu kecil dan sederhana seperti keran air dapat menghasilkan hasil yang luar biasa berupa Air keran layak minum yang berdampak luar biasa bagi kesehatan orang-orang yang bermukim di Belanda. Keran air, melalui pengelolaan yang baik di Belanda, memberi dampak bagi  kesehatan penduduk sehingga menurunkan resiko penyakit. Perlu diketahui bahwa  sekitar tahun 1850, angka kematian akibat pencemaran air seperti thypoid dan kolera cukup tinggi sehingga diperlukan adanya pengelolaan air bersih. Ketersediaan air bersih begitu penting, karena dengan air bersih terbukti akhirnya angka kematian akibat penyakit tersebut berhasil dikurangi.
Bila dibahas lebih lanjut lagi, adanya keran air layak minum ini juga menunjukan sisi kreatif dan inovatif sebagai solusi lain menekan penggunaan air kemasan. Sistem ini mampu menghasilkan air keran layak minum berkualitas baik untuk dikonsumsi sehingga orang tidak perlu mengkonsumsi air kemasan yang belum tentu sehat. Penggunaan air kemasan juga memberi peluang meningkatnya sampah plastik. Sampah plastik yang menumpuk sudah pasti tidak ramah lingkungan yang nantinya menyebabkan adanya masalah kebersihan serta kembali lagi terkait dengan masalah kesehatan.
Kualitas air keran di Belanda tidak perlu diragukan. Air minum tersebut pada umumnya didapat dari pengelolaan air tanah atau permukaan yang disaring berulang-ulang serta melalui proses ozonisasi dan juga proses penghilangan kuman. Dari proses panjang tersebut, air keran yang dihasilkan terbebas dari zat-zat pencemar yang mengkhawatirkan seperti Klorin, Nitrat, dan lain-lain. Kualitas air di Belanda ternyata memiliki reputasi yang sangat baik dibandingkan Negara Eropa lainnya. Air kerannya begitu aman dan bersih, alirannya pun 24 jam non stop ! . Ternyata, keran air berhasil menjadi si  kecil yang memberi hasil luar biasa !
– ditulis oleh Latika Putriny
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s