#102 Kelinci dari Ujung Barat Eropa…

Sosoknya yang lucu nan menggemaskan mampu mencuri perhatian seluruh anak di dunia, dia terkenal di dunia dan sangat terkenal khusunya di Eropa. Tahukan kamu siapa dia ? dialah Miffy, Miffy adalah kelinci kecil buatan dari salah satu warga Utrecht – Belanda bernama Dick Bruna.

Mifffy : 

doc. (http://www.nijntje.nl/)

Lukisan Dick bruna sepintas tampak sederhana namun tetap terlihat artistik. Miffy bermata dua, bertelinga panjang dua, mulut berbentuk huruf x dan mengenakan baju warna orange. Ehmm… ngomong soal Orange nih, konon Orange ini adalah warna kebanggaan warga belanda looo, warna orange melambangkan keceriaan, kreatif dan inovatif hehe…

Pasti dari teman teman ada yang bertanya, bagaimana awalnya Dick bruna mendapatkan inspirasi sehingga dia bisa menciptakan kelinci Miffy yang sangat menggemaskan? Jawabnya,

Sederhana :

Dick Bruna created Miffy after seeing a little white rabbit scampering around in the garden of the family’s holiday home in Egmond aan Zee. Every night Dick Bruna told his son a bedtime story about the little white bunny.

 

Sederhana ya, hanya melihat seekor kelinci di taman, lalu bisa menciptakan tokoh Miffy hingga terkenal ke seluruh penjuru dunia :) . Ada fakta manarik tentang Miffy, ternyata warga Utrecht sangat menyayangi kelinci miffy ini looohhhh… ada beberapa apresiasi yang diberikan warga Utrecht terhadap si kelinci Miffy salah satunya Little miffy square dan di depan toko ini terlihat juga patung miffy, lalu ada lagi Central museum Utrecht yang di dalamnya juga tersedia berbagai macam koleksi tentang Miffy dan yang tak kalah uniknya Miffy juga menjadi tanda lampu lalu lintas di Utrecht sana !!,

Patung Miffy :

doc. (http://en.wikipedia.org)

Traffic Light Miffy :

“coba bayangkan jika di Indonesia traffic lightnya berbentuk si unyil … hehe…”

 

Lalu apa hubungannya cerita saya di atas dengan tema “Dutch Creativity” ?

Buku komik Miffy mulai terbit tahun 1955, buku nya telah diterbitkan dalam lebih dari 40 bahasa diseluruh dunia. Miffy sudah melanglang buana dari Eropa, Afrika, Asia bahkan Amerika. Sosok kelinci kecil ini dengan pengalaman sehari hari nya bersama sahabat dan keluarga nya mampu menyentuh imajinasi anak anak diseluruh dunia. Ide kreatif Dick bruna ini tidak saja dituangkan dalam bentuk gambar tapi juga teks bersajak.

Kisah Miffy ini adalah satu dari banyak kisah keberhasilan yang datang dari Negeri kincir angin ini yang telah mengharumkan nama Belanda di mata dunia. Selalu ada yang dibanggakan dari Negeri Orange ini dan selalu ada decak kagum yang keluar jika kita tahu banyaknya inovasi dan keunikan yang mereka ciptakan, jujur nih, pengen banget Indonesia seperti itu , amin :)

Keberhasilan belanda dalam dunia internasional ini tidak lepas dari peran warga negaranya sendiri dan tentunya peran pemerintah. Masyarakat belanda terkenal dengan keterbukaan, tolerant, suka kebebasan, kreatif dan inovatif. Hal ini menjadikan belanda maju dalam segala aspek, tidak hanya dalam bidang teknologi, pertanian, bisnis, bahkan dalam bidang kesenian pun belanda maju.

Memang tidak dapat di pungkiri jika ada yang menyebut belanda adalah Raksasa Eropa bahkan tidak menutup kemungkinan belanda dapat menjadi Raksasa dunia dengan melihat banyaknya prestasi yang raih :) . Semoga Negara kita dapat mencontoh nilai nilai baik dari Negeri van Orange.

– ditulis oleh Rani Amiaty

Iklan

4 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

4 responses to “#102 Kelinci dari Ujung Barat Eropa…

  1. wdm

    niceee info… 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s