#106 Jejak Belanda di Indonesia yang Mengagumkan

Belanda merupakan salah satu Negara yang pernah menorehkan sejarah di Indonesia. Banyak peninggalan Belanda yang masih ada di Indonesia sampai saat ini, seperti bangunan, jembatan, rel kereta api, sampai jalan raya. Saya sangat mengagumi bangunan-bangunan peninggalan Belanda, selain karena arsitekturnya yang unik juga konstruksi yang kuat sehingga masih berdiri kokoh sampai saat ini. Sepertinya kita harus banyak belajar dari orang Belanda dalam hal konstruksi bangunan agar bangunan di Indonesia gak gampang roboh. Beberapa bangunan peninggalan Belanda di Indonesia sangat terkenal bahkan menjadi icon di daerah tempat berdirinya bangunan tersebut.

♦ Gedung Sate
Gedung Sate, dengan ciri khasnya berupa ornamen tusuk sate pada menara sentralnya, telah lama menjadi penanda atau markah tanah Kota Bandung. Mulai dibangun tahun 1920, gedung berwarna putih ini masih berdiri kokoh namun anggun dan kini berfungsi sebagai gedung pusat pemerintahan Jawa Barat. Arsitektur Gedung Sate merupakan hasil karya arsitek Ir. J.Gerber dan kelompoknya yang tidak terlepas dari masukan maestro arsitek Belanda Dr.Hendrik Petrus Berlage yang bernuansakan wajah arsitektur tradisional Nusantara.
♦ Lawang Sewu
 Lawang Sewu merupakan sebuah gedung di Semarang, Jawa Tengah yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 – 1907 dirancang oleh Prof. Jacob F. Klinkhamer (TH Delft) dan B.J. Ouendag, arshtek yang berdomisili di Amsterdam. Masyarakat setempat menyebutnya Lawang Sewu (Seribu Pintu) dikarenakan bangunan tersebut memiliki pintu yang sangat banyak.

♦ Istana Bogor

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Istana Bogor dahulu bernama Buitenzorg atau Sans Souci yang berarti “tanpa kekhawatiran”. Sejak tahun 1870 hingga 1942, Istana Bogor merupakan tempat kediaman resmi dari 38 Gubernur Jenderal Belanda dan satu orang Gubernur Jenderal Inggris. Istana Bogor dibangun pada bulan Agustus 1744 dan berbentuk tingkat tiga, dirancang oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff dari Belanda.

♦ Istana Merdeka Jakarta

Istana yang awalnya bernama Istana Gambir, dibangun pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal J.W. van Lansberge tahun 1873. Istana yang diarsiteki Drossaers ini sempat menjadi saksi sejarah penandatanganan naskah pengakuan kedaulatan Republik Indonesia Serikat (RIS) oleh Pemerintah Belanda pada 27 Desember 1949. Kini Istana Merdeka digunakan untuk penyelenggaraan acara-acara kenegaraan.

♦ Gedung Merdeka Bandung

Bangunan ini dirancang pada tahun 1926 oleh Van Galen Last dan C.P. Wolff Schoemaker, dua arsitektur Belanda yang terkenal pada masa itu. Pada awalnya, gedung ini digunakan sebagai tempat rekreasi dan sosialisasi oleh sekelompok masyarakat Belanda yang berdomisili di kota Bandung dan sekitarnya. Kini gedung merdeka digunakan sebagai museum yang memamerkan berbagai benda koleksi dan foto Konferensi Asia-Afrika yang merupakan cikal bakal Gerakan Non-Blok pertama yang pernah digelar disini tahun 1955.
♦ Benteng Vredeburg Yogyakarta
Museum Benteng Vredeburg adalah sebuah benteng yang dibangtn tahun 1765 oleh VOC di Yogyakarta selama masa kolonial VOC. Benteng ini dibangun oleh VOC sebagai pusat pemerintahan dan pertahanan gubernur Belanda kala itu. Benteng berbentuk persegi ini mempunyai menara pantau di keempat sudutnya dan di dalamnya terdapat bangunan-bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, rumah sakit prajurit dan rumah residen.
– ditulis oleh Lianitya Asmoro
Iklan

7 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

7 responses to “#106 Jejak Belanda di Indonesia yang Mengagumkan

  1. Makanya minta bantuan org Belanda biar gak gampang bocor 😀

  2. sekolah w asli buatan Indonesia dan gmpang bocor klo ujan guys (⌣́_⌣̀)

  3. Ane sebagai calon arsitek dan sepertinya hrs bnyk belajar sm org Belanda :p

  4. kalo bangunan Indonesia knp gampang rusak yaa -___-

  5. Gue pernah ke lawang sewu dan itu wow banget 😀

  6. Kagum ane sama arsitektur buatan org Belanda. Begitu kokoh dan megah.

  7. bahkan sekolahkuu juga bangunan Belanda loh yg sampai skrg masih berdiri kokoh tanpa renovasi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s