#109 Oranje Out of the Box

Pemimpin mengajukan permainan sederhana dalam rapat minggu lalu. Kami ditugaskan menarik garis dan menghubungkan 9 titik tanpa terputus dalam bentuk susunan persegi ukuran 3 x 3. Jumlah tarikan garis terpendeklah yang bisa memenangkan permainan kali ini.

Permainan ini menguji kemampuan berpikir kreatif, dengan tidak membayangkan sesuatu yang biasa saja. Pemimpin tidak menyebutkan untuk melarang menarik garis keluar dari kotak, selama setiap garis itu terhubung dengan jumlah tarikan terpendek. Inilah bentuk test kemampuan berpikir diluar dari kebiasaan.

Kreatif itu bukan milik orang tertentu, kreatif muncul karena faktor lingkungan, keterbatasan hingga tekanan dan persaingan. Think out of the box adalah kata pamungkas untuk memicu. Tahu gak? Konsep “Out of the box” yang digunakan untuk analisis dan pemecahan masalah adalah suatu pendekatan yang juga dipakai pada 14 universitas riset dan 40 universitas ilmu-ilmu terapan di Belanda.

Kenapa harus Belanda? Ada banyak hal yang bisa saya pelajari dari Belanda tanpa perlu mengenang masa lalu jaman kolonialisme yang kelam. Gaya pengajaran di Belanda sangat interaktif dan berpusat pada peserta belajar itu sendiri. Memberikan perhatian dan kebebasan lebih bagi mahasiswa, untuk mengembangkan pendapat dan kreativitas dalam menerapkan ilmu yang dipelajari. Belanda juga telah menerima pengakuan internasional sehubungan dengan terobosan sistem pembelajaran problem-based learning. Sistem ini melatih siswa untuk menganalisa dan memecahkan masalah melalui penekanan pada cara belajar mandiri dan kedisiplinan.

Ide Kreatif juga mudah kita temukan ketika diberada didaerah nyaman, itulah mengapa Belanda terkenal sebagai Negara yang kreatif karena terbukti, lingkungan yang tercipta sangat nyaman. Menurut studi yang dilakukan OECD pada tahun 2011, Belanda adalah negara terbaik ketiga dalam hal Work-Life Balance. Orang-orang Belanda bekerja sebanyak 1,378 jam per tahun, angka terendah menurut OECD. Aspek penting dari keseimbangan kehidupan kerja adalah jumlah waktu seseorang menghabiskan di tempat kerja. Bukti menunjukkan bahwa jam kerja yang panjang dapat merusak kesehatan pribadi, membahayakan keselamatan dan meningkatkan stres. Meluangkan waktu untuk berpikir salah satu solusi menciptakan ide Kreatif. Saya pernah membaca bahwa Google memberikan satu hari dalam seminggu kepada para teknisinya untuk mengerjakan proyek pribadi yang mungkin bisa menguntungkan perusahaan.

Nah, jika pendidikan dan kenyamanan lingkungan mendukung suasana kreatif, tidak bisa dipungkiri Belanda menciptakan iklim Negara kreatif. Negara yang membuat seluruh warganya dapat mengekspresikan bakat dan potensinya di bidang apapun dan ide baru selalu muncul saat warga bisa saling berinteraksi, bertemu dan ngobrol.

Beberapa provinsi di Belanda memiliki ciri khas yang sangat terkenal terkait kreatifiasnya. Rotterdam, kota yang terkenal sebagai kota kreatif dibidang arsitektur dan design perkotaan. Mengingatkan saya nama benteng peninggalan jaman Belanda di Makassar, Sulawesi Selatan yaitu Fort Rotterdam. Eindhoven & Delft adalah rumah bagi akademi industri design. Utrecht,heart of Holland adalah rumah bagi institusi gaming, dan Amsterdam adalah wadah bagi kreativitas dibidang komunikasi, desain interaktif dan fashion.

Saya banyak belajar tentang penciptaan ide kreativitas Belanda. Mereka tidak banyak mengeluhkan atau berkutak dengan masalah, banyak berbicara namun tidak ada aksi. Mereka menawarkan solusi mengatasi masalah. Saya bangga sebagai warga dalam pergaulan global, kedekatan Indonesia dan Belanda seperti saudara. Have fun discovering the Dutch!

– ditulis oleh Ilham Himawan

27 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

27 responses to “#109 Oranje Out of the Box

  1. listi

    Bagus mas inspiratif banget semoga jadi kenyataana yah apa yg diimpikan mengenai pendidikan ini

  2. BambangSetiawan

    Mantaff Ham, semoga lulus..

  3. vykhi

    likes creatives junkies

  4. mangtab om ilham…maju terus..!

  5. santi

    Like this 🙂 Semoga sukses ya Ilham….

  6. Rika

    gud lak mas………suskes ya…..

  7. Saudaraku Ilham, selamat berjuang yach, semoga sukses.

  8. Wah…mantabz dek…
    Semoga berhasil…
    Jd pengen ke kincir angin;)
    Smg kedepannya balik dari belanda membawa maslahat
    Untuk kebaikan indonesia..;)
    2 minggu – lumayan untuk menambah ilmu dan mempelajari
    Kemajuan belanda…
    Gud luck dek..

  9. eyen

    seep, INDONESIA proud of U… 🙂

  10. ahmad ps

    bagus, sukses untuk anda

  11. Pak @Edih : Makasih Pak 🙂

  12. Pak @Sofian : Sama2 Pak, semoga bermanfaat 🙂

  13. Pak @Agung Susilo : kapan yah di Indonesia bisa mengikuti Belanda 🙂 Makasih yah atas komentarnya 🙂

  14. Bang @Yogi : Makasih Pak atas koreksinya…wah saya dapat pelajaran berharga nih… 🙂

  15. Kak @Ika : Thanks Kak, semoga tulisannya bermanfaat yah 🙂

  16. Pak @AA : Makasih Pak, sudah dibaca…wah tulisan ini tidak ditulis dalam sehari loh, butuh hampir sebulan merangkai kata dan riset. Semoga tulisan ini bermanfaat. Thanks

  17. Bagus euy, semoga berhasil

  18. AA

    Dek Ilham mantap tu tulisannya =)), bisa nulis beberapa artikel dalam hitungan hari aja. Oh gambarnya kreatif amir, merelasikan antara tulisan dgn orang yang tidur di kursi perlu daya kreativitas :0

  19. ika riny widhiastuti

    nice blog, good luck

  20. “mengeluhkan atau berkutak dengan masalah….” barangkali maksudnya “berkutat”
    maaf, bila salah….
    good job brader

  21. wacana yg bagus, rendahnya jam kerja adalah tingginya life balance.

  22. Sofian

    Mas Ilham, tq atas tulisannya untuk menambah wawasan tentang negara Kincir Angin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s