#110 ‘Serious Games’? Come to Holland

Saya serius bertanya loh…begitupun seriusnya Belanda yang menggarap industri game ‘serius’. Istilahnya adalah gamification, permainan yang ditujukan untuk pendidikan, aplikasi pekerjaan, penelitian, event organizer, pengembang perangkat lunak middleware, hingga berlatih mengemudi.

Games mengubah cara konvensional dalam menemukan ‘ruang santai’ dengan bermaingames. Anies Baswedan intelektual asal Indonesia yang pernah meraih anugerah sebagai 100 Tokoh Intelektual Muda Dunia versi Majalah Foreign Policy dari Amerika Serikat, pernah melontarkan sebuah kata menarik di twitternya. Beliau mengatakan

Video Game bs melatih anak2 utk decisive. Lihat peragu? Hadiahi videogame spy rutin latihan bikin keputusan”

Bermain games memudahkan kita untuk mengambil keputusan dengan cepat dan memicu kreativitas.

Pola pikir kreatif orang Belanda selalu berkembang, Dutch design kini tidak melulu tentang architecture bahkan dunia games berkembang sama kuatnya dan memiliki reputasi internasional.

Sejak bekerja di bidang telekomunikasi, saya sering membandingkan perusahaan telekomunikasi dunia. Perkembangan teknologi telekomunikasi di dunia menciptakan inovasi hampir setiap hari, dan inovasi tercipta buah dari tidak hentinya aliran kreativitas. Kini perkembangan teknologi pita lebar memungkinkan akses data dengan kecepatan tinggi dimana saja. Disisi lain kemajuan hardware game berkembang pesat dalam memberikan dukungan grafis yang lebih baik. Keleluasaan inilah, secara global dapat diidentifikasikan penyebab perkembangan dunia games sangat pesat.

Tidak hanya di Indonesia, begitupun di Belanda yang kini terkenal sebagai pemain serius dibidang ini. Industri gaming Belanda terkenal paling cepat perkembangannya  terutama aplikasi game online paling aktif di Eropa. Industri ini direspon baik dalam sektor pendidikan, berbagai institusi pendidikan mulai menyadari potensi besar dari industri game. Mereka kemudian menghadirkan program studi yang mendukung perkembangan industri game seperti Program Sarjana Gametechnologie binnen opleiding Informatica – Universiteit Utrecht, Gametechnologie – Hogeschool Utrecht, CPS – TU-Delft Centre for Serious Gaming, dll.

 

Industri games di Belanda dilindungi oleh organisasi seperti Dutch Games Association (DGA) yang memiliki misi menciptakan lingkungan yang sehat dan kompetitif untuk sektor game di Belanda dengan cara mendorong kewirausahaan, membantu lobi ke pihak pemerintah secara aktif baik terhadap investor, menanggapi perkembangan dunia gaming, memfasilitasi platform pengetahuan, serta menghubungkan keterlibatan gaming dalam dunia pendidikan dan penelitian. Seperti Saganet yang juga asosiasi gaming di Belanda, yang merupakan jaringan orang yang berkecimpung dalam industry kreatif gaming untuk aplikasi permainan serius dan simulasi.

Kalau kita berbicara games, yang terpikirkan bisa saja Tetris, Mario Bross tapi permainan serius menawarkan lebih dari sekedar hiburan. Marcus Vlaar seorang Co-founder and creative director dari perusahaan games Ranj Serious Games mempresentasikan tentang konsep “Turn work into a game” dalam event TEDxRotterdam dan memaparkan bahwa permainan serius adalah bisnis yang serius.

Ranj Serious Games adalah perusahaan spesialis pengembang game serius di dunia asal Belanda yang telah menciptakan lebih dari 400 games sejak 1999. Selama bertahun-tahun Ranj telah membangun pemahaman yang mendalam untuk menerjemahkan tujuan pembelajaran menjadi sangat menarik melalui games.

Industri game yang sedemikian pesat memunculkan kekhawatiran masyarakat tentang efek permainan digital. Padahal, sebuah permainan apapun bentuknya digital maupul konvensional bisa berperan lebih dari sekedar media hiburan. Bisa menjadi media penyebar informasi/promosi yang efektif, media edukasi yang kreatif, dan juga sebagai alat riset inovatif.

– ditulis oleh Ilham Himawan

Iklan

21 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

21 responses to “#110 ‘Serious Games’? Come to Holland

  1. BambangSetiawan

    Bagus sekali Ham..

  2. vykhi

    game educative,but still make be delirious

  3. wah belanda emang keren yaaaa. apalagi gamer seperti saya. semangat menulis teman! mudah2an diberikan yang terbaik 🙂
    mari berbagi tulisan. ini tulisan teman saya..
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/#comment-1628
    dan
    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/512-dari-naga-bawah-laut-hingga-angsa-cantik/
    monggo dilihat 🙂 dan minta responya ya 🙂

  4. ayo..om ilham, semoga blogger cikarang ter inspirasi..

  5. Salut buat Belanda yang mampu memandang sisi lain dari games yang selama ini menjadi kambing hitam dari kemalasan anak-anak belajar. Malah justru game dikembangkan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat. Cool!

    Boleh kunjungan balik? bedankt voor reacties 🙂 http://t.co/cvwuEzs2

  6. Rika

    nambahin wawasan neh……trims……

  7. ƔŮůþ˚°º°˚ƔŮůþ setuju…
    Games edukatif…perlu menjadi wacana top news
    Biar anak indonesia bisa lebih kreatif dan progress cepat
    Dalam pengambilan keputusan yang benar dan bijak.
    Sukses teruz dek…

  8. Jadi ke holland mau main game atau bagaimana? 🙂

  9. sebuah hasil pemikiran yang sangat Creative dan bersifat membangun
    dek Ilham jangan lupa di sher tulisan yg lainnya thank-Q

  10. Kak @Fauziah : syukurlah, makasih Kak Uchi 🙂

  11. Kak @Ika Riny : klo begitu, kapan2 kita tandingan main games lah hahahaha 😀

  12. Pak @Agung Susilo : wah…syukurlah klo enak dibaca 🙂

  13. Menambah wawasan..tks ya

  14. ika riny widhiastuti

    tambah lagi wawasan nih ttg games edukatif, trimakasih ya

  15. tulisan yang informatif dan enak dibaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s