#93 Ayo Sekolah ke Belanda

ImageBelanda negara yang kecil tapi eksotik. Jika berbicara mengenai kemajuan Belanda, tentunya tidak bisa terlepas dari sumber daya manusia yang dihasilkannya. Sejak zaman dahulu masyarakat Belanda memiliki rasa ingin tahu dan pekerja keras untuk menggapai tujuan yang mereka harapkan. Semua kemajuan tersebut bersumber dari satu sumber yaitu pendidikan. Pendidikan merupakan suatu landasan dalam membangun suatu negara. Belanda menyadari akan hal tersebut sehingga dibangunlah universitas-universitas yang memiliki kualitas yang sangat mumpuni dan mampu bersaing di era global di negeri mereka.

“Kenapa Belanda dijadikan pilihan untuk melanjutkan pendidikan?” mungkin itu pertanyaan yang mengemuka di benak setiap orang. Jika dibandingkan dengan negara di kawasan Eropa atau berbahasa inggris lainnya biaya hidup di Belanda relatif murah. Setiap tahun pemerintah Belanda memberikan beasiswa kepada pelajar dari seluruh belahan dunia khususnya negara-negara di Asia untuk melanjutkan pendidikan di negara mereka. Pemerintah Belanda memberikan beasiswa setiap tahunya bertujuan agar seluruh masyarakat baik itu mahasiswa maupun kalangan profesional di berbagai belahan dunia dapat dengan mudah mengakses pendidikan tinggi.

Sistem pendidikan belanda dibagi kedalam dua tipe yaitu universitas dan University of Applied Sciences . Tipe Universitas lebih menekankan pada penerapan ilmu yang diperoleh oleh mahasiswa secara mandiri. Misalnya jika di Indonesia, dapat diambil contoh bagaimana seorang mahasiswa Agronomi dan Hortikultura mampu menerapkan ilmunya untuk menemukan metode perawatan suatu tanaman yang lebih efisien tetapi hasil panennya melimbah.Sistem University of Applied Sciences atau di Belanda sering disebut sebagai Hogeschool, lebih menekankan pada praktek dan keahlian mahasiswanya disesuaikan dengan permintaan dunia kerja. Selain kedua sistem pendidikan tersebut, Belanda juga memiliki lembaga institusi pendidikan internasional yang program-programnya dirancang khusus bagi mahasiswa asing sehingga akan menarik minat seluruh masyarakat di berbagai belahan dunia untuk menempuh pendidikan di Belanda.Pada intinya keseluruhan program pendidikan di Belanda setiap mahasiswanya diarahkan ke penerapan ilmu mereka secara praktik. Selain hal tersebut, kurikulumnya juga disesuaikan dengan dunia kerja sehingga seluruh alumninya memiliki daya saing dan kemampuan yang tinggi untuk menghadapi era globalisasi. Berbagai kelebihan tersebut telah membius ribuan bahkan jutaan masyarakat dunia untuk belajar di negara kincir angin ini. Setiap orang pasti berkeinginan mendapatkan pendidikan yang berkualitas dengan pengalaman mengenal dan berbaur dengan  masyarakat dunia. Jawaban dari itu semua adalah dengan menempuh pendidikan di Belanda.

– ditulis oleh I Wayan Sumerta Yasa

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s