#113 Mimpi Melihat Pameran di Amsterdam RAI!

Salah satu hobi saya di akhir pekan adalah mengunjungi pameran. Pameran yang saya kunjungi seringkali topiknya sangat beragam, saya belajar banyak hal di ruang-ruang pameran mengenai teknologi serta inovasi terbaru. Gedung pameran yang megah dan besar merupakan salah satu kunci terselenggaranya pameran yang sukses.

Gedung Pameran TERBAIK ada di kota Amsterdam!


Banyak gedung-gedung pameran dan konferensi inovatif yang dibangun oleh para arsitek-arsitek kreatif dunia. Salah satunya yang menarik perhatian saya adalah Amsterdam RAI Exhibition and Convention Centre. Gedung pameran dan konvensi ini baru saja mendapatkan penghargaan Best International Venue pada Exhibition News Awards ke-6 yang diadakan di London 29 Maret 2012 yang lalu. Excellence Award ini diadakan tiap tahun bagi bisnis-bisnis yang memberikan kontribusi luar biasa bagi industri pameran. Amsterdam RAI berhasil menyisihkan pemenang tahun lalu, ADNEC Abu Dhabi.

Keindahan Arsitektur Belanda

Amsterdam RAI telah dikunjungi oleh lebih dari 75 juta orang. Gedung berluas 87.000 meter persegi yang dibangun pada tahun 1961 ini memang mengagumkan. Betapa tidak, lebih dari 50 tahun yang lalu para arstitek Belanda sudah memiliki kreativitas yang begitu tinggi pada desain bangunan. Amsterdam RAI setiap tahunnya menampung 50 konferensi internasional dan 70 pameran dagang. Itu berarti hampir tiap minggu minimal ada 1 konferensi internasional dan 1 pameran dagang. Sungguh Amsterdam RAI menjadi salah satu gedung pameran tersibuk di dunia. Gedung megah ini memiliki 22 ruangan konferensi dan 11 ruangan hall. Lantas siapakah arsitek yang mendesain gedung pameran TERBESAR di Eropa ini? Dia adalah Mels Crouwel, mantan Ketua Arsitek Pemerintah Belanda.

Amterdam RAI, Gedung Pameran TERBESAR di Eropa!

Think Outside The Box, Beyond The Wall

Di gedung ini pulalah, mobil listrik C,mm,nyang bergitu unik pertama kali menampakkan dirinya. Kunci kekuatan kreativitas orang-orang Belanda dalam mendesain gedung maupun mobil adalah pada proses belajar mengajar di bangku sekolah yang sangat membangkitkan kemampuan otak kanan setiap anak. Berpikir outside the box saja tidak cukup, karena di luar kotak terkadang masih ada tembok-tembok. Oleh karena itu para arstitek dan desainer mobil di Belanda sangat dituntut untuk terus mengkritisi ide-ide baru yang sudah ada supaya kembali menjadi ide yang lebih kreatif dan inovatif. Proses pemikiran yang seperti inilah yang seharusnya diterapkan di sistem pendidikan Indonesia, murid diajarkan untuk bebas berpikir sendiri dengan ide-idenya sehingga ide-ide yang ada bukanlah hanya sekedar copycat dari ide yang sudah ada.

– ditulis oleh Wilson Partogi

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s