#126 Atasi Macet dengan Mobil Terbang

Macet adalah pemandangan biasa di kota-kota besar. Beragam solusi pun coba ditawarkan. Pembatasan kendaraan melalui jalur 3 in 1 dan penambahan jalan tak menyelesaikan persoalan. Jalur 3 in 1 mudah diakali dengan adanya joki. Penambahan jalan dalam bentuk jalan bebas hambatan, under pass, maupun jalan layang tidak akan pernah sebanding dengan pertumbuhan jumlah kendaraan.

Inilah saatnya untuk berfikir kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah dengan membuat mobil terbang. Jika jalanan biasa macet, mobil ini bisa terbang dan bebas hambatan melaju kencang sampai tujuan. Wow, asyik tapi apa mungkin mobil bisa terbang? Bagaimana caranya?

Selama ratusan tahun membuat mobil terbang adalah mimpi bagi banyak orang termasuk para ilmuwan. Mimpi ini diawali dari keinginan manusia untuk memiliki kendaraan yang serba guna. Pada tahun 1892 Henry Ford mulai merancang eksperimen pembuatan mobil. Inilah cikal bakal mobil yang kita kenal sekarang. Hak paten untuk mobil terbang pertama kali dikeluarkan di Paris pada tanggal 17 Agustus 1903 atas nama Dr. Trajan Vuia. Penemu pesawat terbang Wright bersaudara mulai menerbangkan pesawat terbang pertamanya pada 17 Desember 1903. Glenn Curtis berhasil menerbangkan mobil terbangnya walau hanya sebentar saja pada tahun 1919.

Para desainer di Rotterdam yang tergabung dalam SPARK dan PAL-V Europe NV telah berhasil merancang sebuah kendaraan yang bisa melaju di jalanan dan bisa terbang di angkasa. Kendaraan ini diberi nama Personal Air and Land Vehicle disingkat PAL-V. Alat ini bisa dikendarai seperti mobil dan bisa terbang seperti helikopter.

PAL-V adalah sebuah terobosan secara teknis dan komersial untuk mobil terbang. Secara teknis performa kendaraan ini sama baiknya ketika melaju di jalan dan terbang di udara. Selain itu, kendaraan ini juga dengan cepat dan mudah bisa berubah fungsi dari mobil menjadi helikopter. Prototype PAL-V telah dikembangkan dan diujicoba secara instensif.

Tim dari Spark dan PAL-V telah bekerja keras untuk mengembangkan konsep mobil terbang ini dengan mengatasi hambatan dari konsep-konsep sebelumnya. Banyak dari desain sebelumnya yang mengalami kesulitan untuk bisa dikendarai dan diterbangkan dengan sama baiknya. Ada yang harus mengorbankan kenyamanan berkendara di jalan agar kendaraan bisa mudah terbang.

Kelebihan PAL-V adalah adanya baling-baling yang bisa dilipat. Selain itu, bodi kendaraan ini juga langsing dan ringan sehingga mudah untuk diterbangkan. Kendaraan ini bisa memuat dua orang, satu orang sebagai sopir di depan dan satu orang penumpang dibelakangnya.  PAL-V tidak membutuhkan banyak ruang di jalan karenanya dimensi kendaraannya yang tidak besar.

Mobil terbang ini juga memiliki teknologi yang tidak rumit sehingga mudah dikendarai, aman dan nyaman. Desainnya pun aerodinamis sehingga bisa dikendarai dengan cepat. Mobil ini bisa dikendarai dengan sama ekonomisnya baik ketika sedang dikendarai di jalan maupun terbang. Kendaraan ini sangat ideal digunakan oleh para profesional, polisi ataupun digunakan sebagai ambulance. Memang mobil terbang ini belum diproduksi secara komersial tapi itu hanya tinggal menunggu waktu.

Keren banget yah, jika mobil terbang ini sudah bisa dijual bebas. Mungkin inilah solusi mengatasi macet. Inilah buah kreatifitas orang Belanda. Mereka selalu berfikir untuk mencari inovasi baru. Jika kita ingin maju harus kreatif dan inovatif. Ayo kita juga bisa…

– ditulis oleh Akhmad Farhan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s