#128 Cr34t1v3 0r D13

Ayo kita main tebak-tebakan. Mahluk hidup apa yang terbesar dan terkuat yang pernah ada di muka bumi? Iya, betul. Jawabannya adalah dinosaurus. Kenapa dinosaurus punah? Ada banyak teori tapi intinya Dinosaurus tidak bisa beradaptasi dengan perubahan alam. Jawabannya dengan sedikit candaan, dinosaurus nggak kreatif. He..he.. :D

Kehidupan manusia selalu dihadapi dengan tantangan dari alam. Siapa yang bisa menghadapi tantangan akan meraih kesuksesan. Tantangan dalam bentuk apapun bisa diselesaikan selama manusia itu bisa menggunakan akal pikiran. Kreatifitas dan inovasi itu kuncinya.

Salah satu contoh bangsa yang bisa mengatasi tantangan alam adalah Belanda. Coba bayangin aja negara ini sebagian datarannya berada dibawah permukaan laut. Bahaya banjir senantiasa mengancam. Kondisi  ini membuat mereka melakukan inovasi dengan reklamasi pantai dan membangun apa yang disebut dengan Terpen, bendungan pertama yang dibangun untuk menghadang air laut utara. Namun pada tahun 1287, terjadi kebobolan Terpen yang menyebabkan banjir besar. Setelah itu dilakukan pembangunan pantai baru yang disebut Zuiderzee yang dilanjutkan dengan pembangunan bendungan. Mereka melakukan pengeringan melalui pompa dan kanal-kanal. Saat itu teknik yang digunakan dalam pembangunan masih sangat sederhana dan dalam melakukan pengeringan digunakan kincir angin untuk memompa air keluar.

Teknologi membangun bendungan dan pengelolaan air bangsa Belanda terus berkembang. Bendungan yang ada semakin besar dan canggih. Bahkan saat ini bisa dikatakan mereka adalah acuan bagi bangsa lain dalam hal konstruksi bangunan khususnya bendungan.

Budaya suatu bangsa akan terbentuk dari apa yang terus menerus dilakukan oleh rakyatnya. Kebiasaan rakyat Belanda untuk tidak menyerah dengan keadaan membuat mereka menjadi bangsa yang tangguh. Mereka selalu mencari cara bagaimana memecahkan masalah dan berdiskusi mencari solusi. Kondisi alam telah membentuk karakter mereka sebagai suatu bangsa.

Hal ini disampaikan oleh Raja Perancis Louis XIV di abad 17 yang mengatakan budaya belanda berasal dari perjuangannya melawan lautan. Louis XIV beranggapan bahwa budaya kebebasan, toleransi, kebebasan bicara, kebiasaan masyarakat Belanda untuk terus bernegosiasi tanpa akhir berasal dari pertarungan mereka dengan air. Pertarungan selama ribuan tahun membendung lautan telah membentuk budaya masyarakat Belanda yang terus mencari dan melakukan perbaikan tanpa henti.

Kebebasan dan pemikiran yang terbuka menjadi dasar yang kuat dalam karakter kreatif dan inovatif masyarakat Belanda sehingga kemudian melahirkan banyak karya-karya besar yang mendapat pengakuan dunia. Bukan hanya di dunia teknologi kontruksi tapi juga di dunia ekonomi dan seni.  Banyaknya hadiah nobel yang diterima adalah salah satu bukti kalau dunia pendidikan dan sains bangsa Belanda telah teruji.

Tanpa kreatifitas dan inovasi mungkin bangsa Belanda telah mati. Tantangan akan membentuk kualitas diri. Dunia akan dikuasai oleh mereka yang bisa merubah tantangan menjadi peluang. Kesuksesan akan menghampiri mereka yang bisa menjadikan masalah sebagai berkah. B3 cr3at1v3 0r d13…
– ditulis oleh Akhmad Farhan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s