#129 Indonesia “Wajah” Muda Belanda

“Tak akan pernah ada habisnya ketika kita membicarakan Negara itu. Negara dengan Kebebasan berpolitik, jejaring sosial yang kuat dan ketiadaan korupsi memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Negara dengan dengan tingkat individu, kesehatan mental dan fisik, job security dan keluarga yang stabil merupakan faktor-faktor penting yang baik. Belanda, Ya, Belanda!”.


Setiap pribadi di Bumi pertiwi ini sadar betul bahwa kisah perjalanan Indonesia tidak akan pernah bisa dilepaskan dari Negara yang satu ini. Hubungan politik, perdagangan, dan budaya selama 300 tahun menyebabkan banyaknya warga Belanda yang memiliki keturunan Indonesia. Diperkirakan sekarang terdapat sekitar 500 ribu orang yang memiliki keterkaitan dengan Indonesia, terutama berdasarkan keturunan, dan menjadi satu kelompok minoritas terbesar (Indisch-Nederlanders atau orang Indo) di Belanda. Bahkan Negara ini yang memiliki panggilan kesayangan yang hanya disebut oleh orang Indonesia saja. Adalah Belanda, sebuah Negara di Eropa yang Biasa dikenal dengan Netherlands oleh kebanyakan Bangsa di luar Indonesia sana.

salah satu bukti kedekatan Indonesia Belanda terlihat dalam link video ini : Lagu Desaku, Bawakan oleh Warga Belanda , selain itu rumah-rumah dengan arsitektur khas Belanda pun dengan mudah dapat ditemui diberbagai wilayah di Indonesia.

Hal yang paling menarik adalah ketika Indonesia dengan berbagai daerahnya yang menjadi langganan banjir, justru Belanda dengan segala Dutch Creativity nya mampu bertahan dari segala permasalahan banjir meski secara geografis berada pada dataran rendah, dengan sekitar 25% dari wilayahnya dan 21% dari penduduknya berada di bawah permukaan laut.

Dalam sektor pendidikan, Belanda merupakan Negara non bahasa Inggris pertama yang menawarkan program studi berbahasa Inggris. Lebih dari 1000 program studi International dalam berbagai bidang diwarkan mereka. Kurikulumnya intensif dan memiliki level yang lebih tinggi dibandingkan Negara lain (Anneahira).

Tak akan pernah ada habisnya ketika kita membicarakan Negara itu. Negara dengan Kebebasan berpolitik, jejaring sosial yang kuat dan ketiadaan korupsi memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan dengan pendapatan. Negara dengan dengan tingkat individu, kesehatan mental dan fisik, job security dan keluarga yang stabil merupakan faktor-faktor penting yang baik. Belanda, Ya, Belanda!.

Hal tersebut diatas adalah bagian kecil dari motivasi saya untuk terus berjuang mendapatkan Beasiswa ke Belanda suatu waktu nanti, masih banyak hal menarik tentang Belanda yang tak akan pernah habis untuk diceritakan atau bahkan (hanya mampu untuk) dikagumi (saja). Saat ini saya tengah menempuh semester 6 (dari 8 semester) di bidang Teknik Lingkungan (Environmental  Engineering) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogykarta, Indonesia.

Master of Environmental Science/Environmental Management, Master Climate Change atau Energy di Belanda adalah cita-cita terbesar saya saat ini. Saya yakin dan percaya Negara berkembang seperti Indonesia perlu belajar banyak dari Negara maju seperti Belanda yang secara jelas memiliki kedekatan emosional dan budaya dengan Indonesia. Pengembangan konsep Dutch Creativity menjadi Indonesia Creativity secara perlahan akan pasti akan mampu membangkitkan Indonesia dari keterpurukan yang mendalam tidak hanya di bidang politik namun juga bidang energi dan lingkungan yang kian memburuk.Indonesia “wajah” muda Belanda dan (semoga) Belanda “wajah” masa depan Indonesia. Belanda tunggu Aku, Aku akan meraihmu melalui Beasiswa  apa pun itu, terlebih dewasa ini Indonesia melalui http://beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id/ memberikan peluang besar bagi putra-putri terbaiknya untuk study abroad atau pun melalui Beasiswa pemerintah Belanda. Belanda, aku akan menginjakkan kakiku di pundakmu nanti. PASTI!

– ditulis oleh Saprian

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s