#138 Mobil ‘Terbang’ Harry Potter Berhasil Dibuat di Belanda

Masih ingat cerita hari potter yang ber-judul ” Chamber of Secret “, Cerita Harry Potter dan Ron Weasley ketika naik mobil terbang untuk menyusul kereta api yang seharusnya mengantarkan mereka ke Hogwarts. Nah kali ini ‘mobil terbang’ itu bukan lagi hanya sekedar khayalan. Tetapi telah  berhasil dibuat oleh seorang Insinyur di Belanda. Simak penjelasannya dibawah ini.
 
 Sebuah perusahaan asal Belanda, PAL-V (Personal Air and Land Vehicle) telah berhasil menciptakan sebuah ‘Mobil Terbang’ jenis gyrocopter. Nah mobil ini sudah dirancang sejak tahun 2004 silam dan baru selesai pada 2008. Pada tahun 2012 ini mobil ini sukses dalam penerbangan uji cobanya. Mobil dengan mesin 160 kW mampu berjalan 100 km/jam hanya kurang dari 8 detik, bila mobil sudah terbang maka kecepatannya menjadi 180 km/jam dengan pemakain bahan bakar dari 12 km/liter menjadi 26 km/liter saat terbang, wah hebat kan jadi lebih irit.
 
Untuk melakukan perubahan dari mobil menjadi pesawat, mobil harus berhenti,  kemudian akan memanjangkan ekor dan sayap muncul. Hanya diperlukan waktu 10 menit untuk siap terbang. apabila rotor tidak digunakan untuk terbang maka akan secara otomatis rotor dilipat. Kapasitas untuk mobil ini hanya untuk dua penumpang loh.

 Bentuk mobil ini seperti gyrocopter dengan kecepatan auto-rotating rotor dan gerakan maju yang dihasilkan oleh baling-baling yang dapat dengan mudah dilipat di bagian belakang mobil. Mobil ini tidak seperti pesawat yang menggunakan avtur sebagai bahan bakarnya, melainkan menggunakan bahan bakar biodiesel dan bioethanol yang ramah terhadap lingkungan loh.

Saat ingin terbang mobil ini hanya perlu landasan minimal 165 meter. Sedangkan untuk turun hanya membutuhkan landasan sepanjang 30 meter. Saat terbang mobil ini mampu sampai ketinggian 1.200 meter, selain itu mobil ini dilengkapi juga dengan Visual Flight Rules (VFR) sehingga mobil ini bisa pergi ke berbagai Negara tanpa perlu mengajukan rencana penerbangan sebelumnya. Asyik kan.
Kalau dilihat dari bentuknya mobil ini memiliki panjang 4 meter dan lebar 1,6 meter dan tinggi juga 1,6 meter. Jadi terlihat lebih ramping dan dengan berat bersih 680 kg dan dapat membawa berat maksimal 230 kg.
Untuk seseorang yang ingin belajar mengemudikan mobil ini hanya memerlukan waktu sekitar 20-30 jam untuk mendapatkan lisensi, nah mudah kan ?
“Kita sangat bangga dengan suksesnya penerbangan perdana ini dan kami akan mengundang investor untuk menciptakan masa depan bersama kami,” tutur  Robert Dingemanse, CEO sekaligus co-founder PAL-V.
Dijalan raya mobil ini terlihat seperti mobil sport, dan tidak dibutuhkan jalur khusus untuk menjalankan mobil ini selain itu juga mobil ini dilengkapi dengan teknologi mutakhir yang dapat melaju seperti sepeda motor.
Untuk saat ini peminatnya yaitu lembaga penegak hukum, militer, dan dokter. Perusahaan PAL-V ini akan menjual mobil terbang pada tahun 2014, namun pada saat ini belum diketahui berapa harga untuk memboyong kendaraan ini. Kita tunggu saja beritanya selanjutnya.
– ditulis oleh Kamardy Arief

60 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

60 responses to “#138 Mobil ‘Terbang’ Harry Potter Berhasil Dibuat di Belanda

  1. waaaaaaah, keren nih, apalagi kalo bisa dinaikin berempat atau berlima kayak yang ada di harry potter beneran, bisa dibuat tamasya bareng tuh.. hehe..

    any way, nicepost, thanks for share yaah.. 😀

  2. Wuiiihhh keren nih, apalagi kalo bisa dibuat berempat kayak yang di harry potter beneran bisa sip banget tuh.. xixixi..

    nice post, thanks for share yaah.. 🙂

  3. adika

    yah jangan gitu dulu dah mikir” yang ada di indonesia tentang begituan, yang di darat aja ga tau aturan dan banyak kecelakaan apa lagi yang bisa terbang

  4. Rizki Ramadhan

    keren juga belanda bisa buat mobil terbang, tapi kalau semua orang punya mobil terbang gmna ngaturnya? apakah nanti ada polantas udara juga??

  5. galih

    Klo di Indonesia Cocok gak ya??trauma sama sukhoi.

    mmmm truz itu menggunakan Bahan Bakar apa y??Karena klo di produksi dalam jumlah besar dan ternyata Merusak Iklim bisa pada di Demo sama Masyarakat tuh.hehehe. tapi untuk inovasi keren bisa bikin kaya gitu,Semoga Indonesia bisa membuat yang lebih dari itu. dan tentunya Ramah lingkungan.

    SALAM Go Green.

  6. coba ada bnyk mobil ini di Jakarta, dijamin mustahil yg namanya macet 😀

  7. stuckpeople

    keren si… tp kudu punya dua surat mengemudi tuh…

  8. ada yang tau caranya menghidupkan BB mati….
    berawal karena cabut batre lalu ga bisa hidup trus ngecas pake casan HP merk lain…

    makasih gan

  9. Ping-balik: Mobil ‘Terbang’ Harry Potter Berhasil Dibuat di Belanda | Camera

  10. abugokil

    seperti helikopter ya,
    kalo lg terbang trs bensin habis gimana tuh ngisi bensinnya???

  11. waah good idea,

    mengurangi kemacetan lalu lintas,
    tapi mesti dipikirin juga dampak yg ditimbulkan tuh.

  12. bentuknya kurang dinamis dan terlalu meloww …..

  13. Iman Wahidin

    wah.., bagus nih, pesen 1 dong ^_^
    kalau ada di indonesia pasti banyak yang beli..n untuk dapetin lisensi juga 1 jam jadi kalau disini mah.. 🙂

  14. keren yak buatan orang2 Belanda, mulai dari Bangunan2, Konstruksi bendungan, sampe Mobil Terbang..ckckck

    tapi lebih keren lagi yang nyiptain orang Belanda..

    Allah azza wajalla.=)

  15. zulkarnain

    hmm….mobil terbang ya…
    g kebayang ntar kalo di langit udah penuh ama mobil2 ya bisa terbang…
    kalau sekarang aja di langit yang luasnya kyk gitu masi aja ada pesawat yang tabrakan…apalagi ntar ya kalo mobil ini udah jadi kebutuhan primer ama orang2..
    tapi buat penemunya keren bgt…..TOP BGT

  16. Vivi Nasirin

    wehhwehh kerenn ,,,mobil yang bisa terbang ,inilah teknologi yang semakin maju 🙂
    mudah”an indonesia cepet nyusul ,bisa mengatasi kemacetan di ibukota kalii,,tapi ntar kalo banyak yang gini ,polantasnya gimna yah ngatur.a ??:D
    ada tilang juga gak yah ??
    *lohh 😀

  17. isti

    Ga ngikut bikin gituan nya juga ga apa2 yang penting semangat untuk majuu nya ada dan jangan mau ketinggalan dari negara lain, semoga Indonesia bisa terus berkembang, bersaing dengan negara2 majuuu, dan bisa membuat sesuatu yang lebih dari pada ituuu 🙂
    Aminnn…

  18. shidiq

    mantap nih….. jadi kalo misalkan dijakarta kan macet nya ga tahan tuh… kalo ada nih jadi ga macet lagi……… keren keren…

  19. waawww,keren..
    tp tpat ga sich dipake di Indonesia?
    yg kota besar’y padat pnduduk truz pdesaan’y rata2 sawah, gunung or bukit?
    kasihan jg poltas’y,,perlu pnjem baling- baling bambu’y doraemon klo tugas,,hehe

  20. BAGUS ,, ga ada hentinya untuk berkreasi dengan teknologi ..
    Indonesian jangan mau kalah dun..
    marilah berinovasi dan unjuk gigi inovasi kalian ke penjuru dunia .

  21. wah.., keren nih klo dijadiin transportasi di jakarta., pasti ga akan ada lagi yang namanya macet.,

  22. kereennn..nih pembuat’a… kpn yah indonesia bisa kayak gini juga.. 😀

  23. ternyata rahasianya ada di baling2 bambunya… :))

  24. Riki Fahrozi

    entar nabrak gunung Lagi??

  25. Riki Fahrozi

    produksi odong2 ajah entar nabrak gunung Lagi??

  26. mayasusanti

    ini sangat bagus.. karya yang mungkin akan membantu.. yang aku mau tanya.. apa kah jika ini berhasil dan akan diperbanyak produk tersebut..?
    lalu apa saja dampak2 positif dan negatifnya?

  27. nyimak nih, hebat nih pembuatnya!
    ane bersyukur masih ada orang mau buat karya2 hebat gini

  28. nyimak nih, hebat nih pembuatnya
    ane bersyukur masih ada orang mau buat karya2 hebat gini

  29. Achmad Chumaidi

    wahh, bagus ini teknologi kalo ada di indonesia
    kalo misal emang ada harus diterapkan sampai efektif agar bisa mengurangi kemacetan.

  30. kalissambikolo

    secara teknis udah dibuat berkali2,…rancangan yg dr belanda ini yg paling sukses dan efisien saat terbang….krn teknologinya modif helikofter.,,,,,tp lebih bagus lg kalo di pakai mesin jet yg kecil….kaya yg di pakai manusia terbang itu lo..

  31. bray imam

    smoga saja bukan khayalan di indonesia agar bisa mengurangi kemacetan,,,

  32. kalo di indonesia di keluarin mobil ini, otomatis agak sulit untuk di gunakan secara pribadi..karena sang pemilik harus mempunyai lahan sepanjang 165 meter untuk terbang..di ciledug aja jalanan sepanjang 50 meter uda macet..lahan juga uda padet sama pembangunan..
    maju terus untuk perkembangan teknologi dunia dan perkembangan teknologi Indonesia..

  33. harisubhi

    Mobil Terbang.. mungkin sebaiknya untuk tidak dikomersilkan atau dijual utk umum.. kebayangkan gimana klo terjadi.. meskipun terjadi harus dipikirkan utk aturan2/undang2 lalu lintas udara. Tapi kayaknya gak cocok deh klo ada di Indonesia.. gak sesuai dengan Budaya kita *lagi musim pencarian dan pembenahan jati diri nasionalisme.. haahaa

  34. Manusia

    nabung ah siapa tau 2014 dijual di Indonesia

  35. cumaliataj

    kalo ntr bensin abis pas lagi terbang gimana ya? adakah SPBU2 di Udara?wekkekek

  36. mantabbb.. bagus nih untuk solusi macet di jakarta bukan di indonesia. perubahan harus dilakukan untuk indonesia ku

  37. Masalahnya.. kalo semua mobil terbang,, lampu merahnya gimana tuh 😐

  38. 0811503184ubl

    Jika produk ini dikembangkan, berarti polisi lalu lintas harus membuat/revisi undang2 lalu lintas yang ada, karena utk lalu lintas udara blum ada aturannya utk jenis mobil.

  39. akhirnya dimulai juga era mobil terbang. teringat film-film di masa depan

  40. Indonesia pasti bisa membikin yang lebih dahsyat …

  41. faiz ichal

    ada yg ramah lingkungan ga tu???
    kn polusi udah parah sekang
    hehe

  42. gile perpaduan antara mobil ama helikopter.. lumayan jg bwt ngatasiin macet d jakarta

  43. ridho

    mantabs gan, brati ntar kalo bener2 di produksi secara masal langit jadi gak biru lagi ya. jadi banyak asep mobil terbang nyaa hehe..

  44. jonathan lagi

    wow mantaps,,
    brrti para peneliti luar emg sudah memikirkan k depan, smoga ini bsa jadi slah satu cara yg paling alternatif utk bsa mencegah trjadinya kemacetan..
    apalagi dengan kmacetan yg terjadi di ibukota kita saat ini, yg benar2 membuat kita tak betah tinggal d snii..
    smoga pmrintah kita cepat tanggap dngan adanya kendaraan canggih ini..
    dan semoga semuanya dapat terealisasikan .. ^^

    *future for the better .. 🙂

  45. agus supriyanto

    mungkin klo taro dijakarta ga bisa sepertinya.. kecuali daerah pegunungan atau persawahan…

  46. Sutoro

    Semuanya masih bisa terus dikembangkan,, dan dikembangkan,,,,,,,
    Semoga saja,,, Suatu saat nanti Orang Indonesia bisa buat lebih dari yang ini,, Amiinn,

  47. teknologi ini bisa dibilang jd akan jadi resolusi yang tepat nih buat kemacetan di Indonesia dong ya,,… keren,… ! asal harganya bisa disesuaikan sama budget rata-rata orang indonesia mah bisa jadi solusi yang bagus nih :))
    ditunggu ya kabar selanjutnya.. 🙂

  48. amazing… mobil terbang, bahan bakarnya ramah lungkungan lagi, kalo di jual harganya brpa ya? n kemungkinan bakalan sampe ke indonesia ga,,, heheheh

  49. enak ya …. dah kaya ngegeri dongeng

  50. Dah kaya mainan anak-anak y, Bisa berubah!!, Nanti lama kelamaan, satu kendaraan bisa transporm beberapa kendaraan ni. . .

  51. Mungkin lebih tepat disebut “Helikopter Darat” daripada “Mobil Terbang”, karena basis pengembangannya adalah Gyrocopter.
    Tapi terlepas dari itu semua, teknologi ini adalah awal dari teknologi-teknologi yang akan berkembang selanjutnya. Maju terus Teknologi!

  52. waaah, ternyata udah mulai dibuat ya,,,
    mungkin sekarang masih pake baling baling, mungkin suatu hari bisa nggak pake baling baling,
    bahan bakarnya bioethanol ya? pabrik deket rumah gw bakal kebanjiran order nih, 😀 😀 😀

  53. salsabila

    kapan di jual secara umum nih?

  54. sedikit koment aja! mungkin banyak yang belum tahu tentang teknologi mobil ‘Terbang’, blog nya bikin tambah wawasan, bagi penggemar otomotif blog ini sangat menarik! Nice!

  55. Lia

    oke sih klo emg mobil terbang udh ada tp nanti mesti ada tempt buat mendaratnya dong, trus ini bahan bakarnya apa yak?

  56. Kamardy Arief

    semoga indonesia segera menyusul

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s