#143 Belanda Sebagai Contoh Negara Kreatif

Kalau menyebut kata Holland alias Belanda, apa yang ada di benak kita? Tentara NICA dan VOC yang berpuluh tahun datang menjajah negeri Indonesia, atau sepakbolanya yang terkenal dengan sistem Total Football yang dimotori oleh Johan Cruyff? Kalau hanya mengenal Belanda atau Holland atau bahkan Netherlands dari beberapa hal diatas, artinya pengetahuan kita tentang negeri kincir angin ini masih teramat sangat dangkal. Bahkan kata Holland dan Netherlands sendiri sebenarnya punya makna yang sangat berbeda. Kalau dari catatan Wikipedia, Holland ternyata hanya sebuah bagian yang terletak di sebelah barat dari Netherlands. Artinya, Belanda secara luas berarti Netherlands dan bukan Holland.

Untuk yang pernah mengenyam pendidikan di Belanda, atau setidaknya pernah tinggal disana untuk keperluan studi dan penelitian, sepertinya sudah jadi rahasia umum bahwa negeri yang diperintah Ratu Beatrix ini adalah negara yang sangat maju sistem pendidikannya. Kreativitas yang dimiliki para siswa yang sedang menjalani masa pendidikannya disana begitu diasah, sehingga hasilnya seringkali mencengangkan dunia. Dalam sebuah majalah seluler terbitan beberapa tahun silam, dimana teknologi bluetooth ketika itu masih baru-barunya diperkenalkan, para jenius komputer negeri bawah laut ini telah berhasil mengembangkan sebuah rumah yang disebut sebagai Rumah Pintar yang didalamnya penuh berisi kecanggihan teknologi yang mungkin baru akan bisa dimanfaatkan masyarakat umum secara luas beberapa belas tahun mendatang, kecuali bagi mereka yang berkocek sangat tebal tentunya. Dalam artikel itu memuat sebuah bangunan berbentuk mirip bola raksasa, dan didalamnya berisi begitu banyak kemudahan yang hampir semuanya disambung dengan peranti bluetooth dan teknologi wireless yang baru belakangan ini bisa kita manfaatkan. Setiap perangkat multimedia yang ada dalam rumah tersebut bisa dinyala-matikan hanya dengan sentuhan tombol remote control, dan bahkan lemarin pendinginpun telah menggunakan teknologi internet yang ketika itu masih sangat mahal. Membuka pintu juga cukup dengan identifikasi diri pemilik yang selama ini hanya bisa kita lihat di film-film Hollywood, sehingga kadang-kadang muncul juga pertanyaan, apa iya bangsa Belanda sedahsyat itu kreativitas dan imajinasinya? Bahkan mungkin Steven Spielberg belum mikirin apa-apa, bangsa Belanda sudah duluan menciptakannya?

Selidik punya selidik, ternyata bukan melulu dari sononya bangsa Belanda itu kreatif. Sistem pendidikan yang mereka miliki ternyata sangat menunjuang untuk menjadikan masyarakatnya generasi yang tidak cuma sekedar jenius, tapi juga kreatif. Ingat film Bart Simpson yang fenomenal itu? Atau ingat dengan total football Johan Cruyff? Nah itu adalah sebagian kecil dari kreativitas yang dimiliki oleh bangsa Belanda. Dalam pendidikannya, para siswa dan mahasiswa yang belajar juga tidak melulu duduk di dalam kelas dan berkutat dengan diktat dan penjelasan dosen sampai berbusa-busa dan terkantuk-kantuk saking bosannya. Mereka lebih diarahkan untuk praktek dan terus fokus dalam mengembangkan pilihan jurusannya. Yang lebih menarik, ternyata kreativitas itu bahkan sudah mulai diasah sejak mulai anak-anak. Yap! Sejak mulai bersekolah, segala sesuatunya telah dibuat sedemikian rupa agar kreativitas anak muncul. Hal itu juga dijaga betul oleh pemerintah Belanda dengan menerapkan sistem pendidikan dan juga pemberian fasilitas yang sangat memadai dan membuat para peserta didik disana dari umur berapapun bisa menikmati sekolah tanpa harus takut ada tekanan kurikulum, bahkan tekanan mental yang sejatinya justru diketahui sering mematikan kreativitas. Karena itu tidak salah kalau Belanda juga menjadi jujuganbagi yang ingin mengembangkan diri untuk berpikir diluar kebiasaan atau sering disebut out of the box.

– ditulis oleh Yusuf Kiky Aditya

Iklan

1 Komentar

Filed under Uncategorized

One response to “#143 Belanda Sebagai Contoh Negara Kreatif

  1. Anaseraya

    Anda mengatakan bahwa jika menyebut Belanda dan yang ada di benak adalah tentara NICA – VOC atau sistem Total Football “artinya pengetahuan tentang negeri kincir angin ini masih teramat sangat dangkal”. Tapi pengetahuan apa yang Anda sendiri tawarkan dalam tulisan ini? Sementara sumber Anda mula-mula (malah) catatan wikipedia.
    Salam..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s