#147 Netherland is the Real Wonderland

Mendengar kata Belanda, saya jadi teringat dengan sepeda tua milik kakek saya. Sepeda dengan warna tembaga kecokelatan dengan bunyi bel nya yang khas.

Mengapa sepeda?

Singkat cerita, saya mempunyai teman kuliah bernama Habib. Menurut saya, dia anak yang sangat beruntung karena dapat bersekolah di Belanda semasa SMA selama tiga tahun. Suatu hari, Habib pernah bercerita kepada saya dan teman-teman tentang asiknya bersekolah di belanda. Dia bilang, sepeda adalah rajanya jalanan di Belanda. Disana, pengendara sepeda sangat di hormati oleh pengguna jalan lain. Setiap mobil bersimpangan jalan dengan sepeda, mobil tersebut akan berhenti lalu dengan sopan mempersilahkan pengendara sepeda tersebut untuk lewat terlebih dahulu. Sangat mudah menemukan para eksekutif muda dengan jas dan sepedanya di negara itu.

Dalam hati saya tersenyum. Bagaimana bisa salah satu negara dengan tingkat perekonomian tertinggi dunia memiliki budaya untuk bersepeda, yang umumnya terkesan dengan kegiatan melelahkan dan menimbulkan keringat? Bagaimana mereka bisa berkosentrasi dengan kegiatan harian mereka sedangkan mereka harus mengawali hari mereka dengan bersepeda?

Itulah seni nya.

Netherland atau yang lebih sering di sebut dengan Belanda bagi saya adalah keajaiban.  Seni, budaya dan pendidikannya telah membuat Belanda menjadi salah satu negara dengan tingkat perekonomian tertinggi di dunia yang nyaman untuk di tinggali.

Sebagai sebuah negara yang memiliki daerah tidak terlalu luas, dimasa lalu Belanda berhasil mengeringkan lautan menjadi daratan yang nyaman sebagai tempat tinggal seperti sekarang. Bahkan konsepnya pun masih di pakai dan terus di kembangkan di masa sekarang ini. Keterbatasan mereka pada masa lampau membuat mereka berpikir keras untuk dapat bertahan dan keluar dari zona aman nya untuk mewujudkan sesuatu yang belum pernah ada.

Dimasa sekarang, dominasi Belanda pun semakin terlihat di berbagai hal. Pondasi yang kuat pada sistem pendidikannya telah melahirkan banyak ilmuan dan inovator yang mendunia. Pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan kebebasan bagi para siswa untuk berpendapat dan mengembangkan inovasi sesuai minat dan ilmu yang mereka pelajari.

Ide dan inovasi sangat di hargai di negara ini. Kondisi masyarakat Belanda yang sangat menghargai pendapat orang lain , juga merupakan salah satu faktor penunjang suburnya inovasi-inovasi baru di Belanda.  Sebagai contoh, kita bisa melihat pada tim mahasiswa dari Belanda yang mengambil tantangan dalam menerima tantangan mengenai tenaga surya di Australia. Mereka meneliti teknologi sel surya untuk membuat mobil tercepat di dunia.

Dam, mobil terbang, dan sederetan perusahaan blue chip dunia banyak lahir darisini. Filsuf, ilmuan, ekonom, seniman, sastrawan dan ribuan inovator-inovator dunia lahir dari kolaborasi unik antara budaya, seni dan pendidikan di negeri van oranje ini.

Seni dari Belanda, menurut saya terletak pada cara pikir para penduduknya. Mayoritas warga belanda berpikir jauh kedepan dengan pemikiran yang melenceng dari kewajaran yang saat itu ada. Kebebasan mereka dalam berpikir membuat mereka mewujudkan apa yang mustahil menjadi ada. Yang tadinya tidak ada menjadi nyata.

Netherland is the Real Wonderland..

– ditulis oleh Antysa C. N. Nandya

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s