#151 Oksigen Buatan Belanda di Shanghai

BELANDA! Begitulah kita menyebut negara kecil di Eropa bagian barat laut tersebut.Koninkrijk der Nederlanden  atau The Netherlands terkenal dengan beragam inovasi dan kreativitasnya. Dutch people gemar menciptakan mahakarya, tak hanya untuk negerinya sendiri namun juga untuk negara lain, untuk dunia.

Adapun tujuh mahasiswa dari Utrecht University membuat suatu proyek untuk menciptakan oksigen di Shanghai, China. Proyek yang didalangi oleh Brendan Bakker and Michiel Kulikdan diberi nama Happy Healthy Schoolini berhasil meraih penghargaan dari Dutch Sustainable Pioneers days di Shanghai World Expo 2010.

Shanghai dikenal memiliki kualitas udara yang buruk dan kondisi ini menimbulkan masalah kesehatan yang serius seperti asma hingga penurunan kinerja siswa dalam berkonsentrasi di dalam kelas. Melihat kondisi ini, para pelajar Belanda tersebut membuat proyek Happy Healthy School yang memiliki konsep sederhana, yaitu manusia menghirup oksigen dan menghembuskan CO2. Tanaman melakukan hal sebaliknya. Dengan menempatkan rumah kaca di atas sekolah, udara dalam ruangan akan secara alami dibersihkan.

Happy Healthy School di Shanghai  ini di desain dengan rumah kaca di atas atap untuk menciptakan sekolah dengan udara bersih 100%. Ventilasi alami dibuat dengan fasad ganda yang bertindak sebagai cerobong surya dan tabung pendingin bawah tanah yang digunakan untuk mendinginkan udara secara alami. Tujuan lain dari desain ini adalah untuk mengajak para siswa berinteraksi langsung dengan alam dan  menanam tanaman di lingkungan sekolah mereka sendiri. Salah satu tanaman yang digunakan adalah tanaman lokal dari China, yaitu bambu.

Kreativitas para pelajar Belanda ini patut diacungi jempol. Mereka berhasil menciptakan suatu lingkungan yang bersih dan mengajak negara lain untuk hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan. Semoga semakin banyak proyek seperti ini di masa depan ya 🙂

– ditulis oleh Gilda Miranda

3 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

3 responses to “#151 Oksigen Buatan Belanda di Shanghai

  1. gmiranda

    tya : iya kebanyakan orang udah punya niat tapi merealisasikannya yang susah. semoga aja bakal banyak lagi yang ngelakuin aksi peduli lingkungan kayak pelajar belanda ini ya..

  2. For the creative one: creativity is never die

  3. tya

    sebenarnya konsep yang mereka lakukan ini sederhana dan bisa dilakukan oleh semua orang. hanya saja para pelajar Belanda ini lebih punya kesadaran dan kepedulian sehingga mereka langsung bergerak untuk menciptakan lingkungan yang sehat. g tanggung2 mereka langsung mengaplikasikannya ke negara lain. salut deh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s