#157 Dutch Creativity: Sepeda Cargo Belanda

Sering melihat hal di atas? Yap, polusi kendaraan. Bicara soal polusi, udah jadi makanan sehari-hari orang Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta. Semakin tahun, semakin banyak kendaraan, dan semakin banyak pula polusi di kota Jakarta. Upaya mengurangi polusi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan membisakan diri naik angkutan umum. Hal ini bisa menekan bertambahnya kendaraan pribadi. Semakin banyak orang yang memakai angkutan umum, maka semakin sedikit kendaraan pribadi dan semakin sedikit pula polusinya. Tapi orang suka males kalau disuruh naik angkutan umum. Kenapa? Karena angkutan umum di Indonesia masih kurang nyaman dan aman. Meskipun sekarang sudah mulai ada bus trans yang secara fisik lebih baik daripada bus kota yang jadul dan kotor tapi masih belum nyaman dan aman (khususnya bagi cewek seperti saya).

Nah, ada cara lain yang mungkin bisa diaplikasikan untuk mengurangi polusi di negara kita ini yaitu dengan bersepeda. Selain bikin badan sehat, dijamin deh bebas polusi dan cukup menyenangkan. Di negara maju aja, seperti Jepang dan Belanda, orang-orang pada naik sepeda. Saat ini, pemerintah mulai membiasakan rakyatnya untuk bersepeda dengan cara “free day car”. Sayangnya, “free day car” cuma ada di hari minggu aja. Coba kalau ada “free day car” tiap hari, pasti Indonesia jadi negara bebas polusi, hehe 🙂 Di Belanda, bersepeda sudah menjadi budaya sejak dulu. Sepeda merupakan alat transportasi yang disukai oleh orang Belanda. Gak heran kalau Belnda menjadi negara yang bersih dan bebeas polusi, sampai-sampai mendapat predikat “Best Country in the World to Live”. Nah, seiring berkembangnya jaman, orang Belanda terus melakukan inovasi terhadap sepeda yang menjadi trasportasi andalan mereka itu. Salah satunya adalah menciptakan sepeda kargo. Sepeda kargo adalah kendaraan bertenaga manusia yang dirancang dan dibangun khusus untuk membawa beban besar. Sepeda kargo ini juga terus dikembangkan dari segi bentuk dan fungsinya.
1. Sepeda cargo untuk bayi dan anak-anak.
2. Sepeda cargo untuk barang.

Vracht fiets adalah jenis sepeda kargo terbaru yang mengakomodasi kepentingan bisnis dan jasa layanan antar karena menghemat bbm.

Wah, benar-benar kreatif, moderen, tapi tetap peduli lingkungan. Salut deh. Kapan nih Indonesia menyusul?  🙂
– ditulis oleh Lianitya Asmoro

2 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

2 responses to “#157 Dutch Creativity: Sepeda Cargo Belanda

  1. yups,,enar skali. .skaligus mengurangi kopaja yg ugal2an –‘

  2. bersepeda ya? sangat perlu diaplikasikan di Indonesia nih khususnya di Jakarta 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s