#164 Sustainable Innovation for Next Generation

Bumi kita selalu memiliki kejutan. Jangankan lima puluh, bahkan sepuluh tahun kedepanpun kita tidak akan tahu akan seperti apa planet kita. Segala kemungkinan baik yang buruk dan baik bisa terjadi kapan dan dimana saja, namun hal buruk yang mungkin akan terjadi dapat kita cegah.
Environmental issues merupakan problem yang  kini menjadi perhatian manusia, seperti, konservasi, pemanasan global, polusi, sampah radioaktif, pelubangan ozon, dan masih banyak lagi bahaya yang mengancam dan implikasinya pada mahluk hidup. Bila tidak diatasi, maka akan berakibat fatal, seperti deteriorasi lingkungan dimana – mana, atau bahkan lebih buruk lagi.
Kemungkinan seperti itulah yang masih bisa dicegah oleh manusia untuk nantinya kembali lagi pada generasi kita selanjutnya.
Anak – anak merupakkan generasi penerus yang memimpin dunia ini, langkah penanaman pikiran melalui proses edukasi tentang lingkungan pada anak bisa menjadi salah satu usaha untuk mengurangi environmental issues di masa depan dan kini.
And? Dutch people make it happen in cool way!

Berangkat dari ide sederhana yang brilian, sebuah bicycle school bus , merupakan trasnportasi alternatif baru yang ramah lingkungan di belanda sebagai pengganti school bus. Thomas Tolkamp, adalah seorang jenius yang mendesain bicycle school bus. Desainnya terinspirasi dari sepeda kelompok atau beerbike yang cukup terkenal di eropa.
Setiap bike bus, memiliki sebelas kursi penumpang untuk anak  usia 4 hingga 12 tahun dengan satu orang dewasa sebagai supir. Bike bus merupakan sepeda bertenaga listrik yang berfungsi untuk menambah kekuatan dorongan saat bike bus digunakkan pada posisi tanjakan yang curam. Kecepatan bike bus sendiri adalah 11 mil/jam.
Bike bus mengajarkan pada anak anak tentang green living, bagaimana hidup sehat dan menghindari masalah childhood obesity. Serta usaha yang baik di era bahan bakar selalu mengalami kenaikan harga.
Tidak hanya di Belanda saja, orang Belanda juga mengembangkan inovasinya di negara lain. Happy Healthy School adalah project dua mahasiswa Arsitektur, Brendan Bakker dan Michiel. Project ini menerima penghargaan Dutch Sustainable Pioneers days di Shanghai World Expo 2010 dan menghabiskan waktu selama 5 bulan dalam bentuk konseptual di Shanghai, dimana prototypenya direncanakan selesai pada tahun 2012.
Konsep dari Happy Healthy School sederhana, manusia menghirup oksigen dan mengeluarkannya dalam bentuk karbon dioksida, sementara tumbuhan melakukan sebaliknya. Kualitas udara yang buruk di dalam sekolah merupakkan masalah nyata yang dihadapi sekolah sekolah, terutama sekolah di tempat dengan jumlah penduduk yang padat, hal ini menyebabkan masalah kesehatan serius seperti asma, yang menurunkan kinerja siswa sebanyak 20%. Tujuan dari happy healthy school adalah menciptakan kondisi udara dalam sekolah yang bersih dan segar untuk siswanya. Selain itu, happy healthy school juga mengajarkan siswanya untuk berhubungan dengan alam, bagaimana menanam dan merawat tumbuhan yang nantinya menjadi makan siang mereka saat sudah dapat dipanen, dan menjaga udara bersih. Pembelajaran yang sudah ditanamkan di sekolah nantinya menjadi suatu kebiasaan yang dibawa hingga dewasa, bagaimana mereka sudah terbiasa berinteraksi dan merawat lingkungan.
Well, tidak ada kata yang tidak mungkin untuk mencegah sesuatu yang buruk. Berawal dari ide yang sederhana, banyak hal bisa dilakukan untuk menolong lingkungan dan generasi penerus kita nantinya bukan? Kita semua bisa melakukannya, dan kamupun salah satunya 🙂
– ditulis oleh Aussie Bara A.

26 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

26 responses to “#164 Sustainable Innovation for Next Generation

  1. nindya

    interesting! mudah-mudahan Indonesia bisa belajar dari sini dan menerapkannya sedikit demi sedikit dengan caranya sendiri sesuai dengan kemampuan. yup setuju sama Yunaska, dimulai dari hal kecil kaya buang sampah pada tempatnya, taat peraturan, dan ga buang ludah sembarangan 🙂

  2. Nice info…..
    klo baca artikel tentang lingkungan dan polusi,, aku suka inget motor,,
    Lho? Iya,, soalnya rada ga suka dengan keberadaan motor yg ky kacang goreng di setiap stop-an. Coba ada trandportasi masal yg bisa diandalkan atau kredit motor agak diperketat,, mungkin jalanan ga akan macet amat,, ga akan banyak polusi dr banyaknya kendaraan pribadi,, dan subsidi bbm ga usah banyak2 cukup buat kendaraan umum masal aja.
    Pokonya yg salah knapa kredit motor gampang banget jd rakyat pada konsumtif,, jd jalanan tambah macet, jd pengguna bbm subsidi makin banyak.
    Nah,, knapa komennya jadi ksana?

    • Makasih.
      iya, sebenernya banyak banget ide yang bisa di adaptasi, tiru, pelajari, dan renungi, dari ide ide inspiratif orang orang Belanda tentang lingkungan. Untuk merealisasikannya kita butuh suatu komitmen dan tujuan yang kuat. Hayo lho, Deamira sendiri gmn? 🙂

  3. bicycle school busnya oke juga, dua manfaat sekali pakai: environmental friendly sekaligus olahraga. nice info aussie 🙂

  4. rifawibisana

    uwoww ! inspiratif sekali
    semoga bisa diterapin juga di indonesia

  5. Musa

    Asikk infonyaa nih 😀 Hehehe

  6. robin esa

    topp,,perlu diterapkan di negara kita,,disamping ngirit juga ngurangi polusi..berkeringat juga,,jadi sehat

  7. setyo nugroho

    kalo Belanda bisa, kenapa IndONEsia enggak???

    • Aussie Bara

      tentunya harus bisa! Banyak hal yang bisa kita contoh dari Belanda. Negeri kincir angin itu masih memiliki berbagai sumber inspirasi untuk bumi kita kedepannya 😀

  8. Zakky Aulia

    Ide-ide cemerlang yang dicetuskan oleh orang-orang kreatif bisa membantu keberlangsungan kehidupan hayati di bumi ini, tetapi juga bisa membawa kepada kerusakan. Sebagai kaum terdidik dan insan kreatif *ceileh*, langkah nyata apa yang akan kamu lakukan untuk memberi kemudahan kepada manusia tetapi tidak perlu merusak lingkungan dan malah memperbaiki kualitas hidup semua makhluk di bumi ini?

    • Aussie Bara

      banyak hal, salah satunya kita bisa mengadaptasi ide ide seperti yang disebutkan diatas.
      Salah satu hal yang paling sederhana dengan proses edukasi pada anak anak sebagai generasi penerus 🙂

  9. thanks ya infonya bermanfaat

  10. Hmm.. Konsep Happy Healthy School nya menarik..

  11. Expl.

    Bagus lgi klo dikasih atap sma pagersamping. Byar ank2nya ngga kena polusi dri kndraan yg lain. Byar ngga kehujanan juga.

  12. Yunaska WR

    So much better if it starts from you. Dengan menyisipkan salah 1 gerakan menghijaukan dunia, contoh klasik yaitu membuang sampah pada tempatnya. Menambah poin plus dari pembaca terhadap penulis. Tidak salah isi dari artikel ini, bahkan sangat menggunggah inspirasi orang – orang untuk lebih kreatif lagi dalam menghijaukan bumi. At least lebih dari “buang sampah pada tempatnya”
    🙂

    • Aussie Bara

      hehe, makasih yunaska 🙂 , iya, inovasi semacam ini mengetuk hati berbagai khalayak orang engga hanya dari Belanda saja. Sangat keren dan inovatif sekali bukan mereka? 😀

  13. ramsha

    setuju , ,
    wujud dan laksanakan lah agar semua ini tidak sia – sia . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s