#165 Kelinci dari Utrecht

“Hewan apa yang paling kalian sukai?”
Seluruh murid berebut ingin menjawab pertanyaan dari bapak gurunya, mereka mengangkat telunjuk mereka tinggi – tinggi, namun ada seorang siswa yang paling tinggi mengangkat telunjuknya. Dia menjawab,
“Kelinci!”
Sayalah murid itu. Saya memang suka kelinci, dari ikat rambut sampai alat tulis hampir semuanya kelinci. Saat itu saya masih duduk di Sekolah Dasar. Gambar kelinci dengan bibir membentuk huruf x berwarnah putih adalah gambar yang menghiasi tas dan kotak pensil saya. Saya tidak tahu siapa kelinci menggemaskan itu, sampai akhirnya saya mengetahui namanya baru baru ini.
She is Miffy or Nijntje  kependekan dari konijntje, dalam bahasa belanda artinya kelinci kecil.
Dick Bruna(Utrecht, 23 Agustur 1927) adalah illustrator dibalik tokoh Miffy, kelinci kecil yang digambar dengan garis tebal, dengan bentuk dan warna yang sederhana. Dick Bruna dikenal sebagai seniman, desainer grafis, dan illustrator buku anak – anak.
Books
Miffy dibuat pada tahun 1995, Miffy hadir pertama kali dalam bentuk buku berjudul Miffy at the Zoo . Karakter Miffy mengalami perubahan gaya gambar, yang paling jelas terlihat adalah telinganya, dibanding buku yang pertama, buku yang terakhir kali terbit (Miffy the Artist) memiliki bentuk telinga yang lebih membulat . Kemudian buku yang diluncurkan terakhir pada tahun 2008 berjudulMiffy the ArtistMiffy is Naughty, dan Miffy and the seasons. Meskipun mengalami perubahan gaya gambar, Miffy masih tetap menggemaskan kok 🙂
Television & game
Tidak cukup lewat buku saja. Tahun 2003, Miffy mulai muncul pada saluran televisi anak – anak dalam versi clay animation (animasi yang digerakkan dengan teknik stop motion). Selain di televisi, pada tahun 2010 dirilis sebuah game simulasi berjudul Miffy’s World yang dimainkan di WiiWare.
Bentuk penghormatan
Sebagai bentuk penghormatan terhadap Dick Bruna, Utrecht, sebagai tempat kelahiran Dick bruna, dibangun Little Miffy Square lengkap dengan patung Miffy dan Miffy traffic light, bayangkan saja, betapa lucunya melihat lampu lalu lintas bertanda Miffy! Selain itu, diCentral Museum juga terdapat permanent exhibition Dick Bruna Huis(Dick Bruna House) yang berisi  karya – karya Dick Bruna Huis. Selain Miffy, banyak karya – karya Dick Bruna lainnya disini.
Karakter kelinci yang unik dan menggemaskan dengan bentuk karyanya dari sebuah buku, produk, hingga game terus menggibur begitu banyak orang, terbukti dari eksistensi Miffy yang tidak pernah redup hingga kini. Bagaimana tidak,tokoh Miffy begitu mudah diingat karena keunikannya. Terima kasih bapak Dick Bruna atas karya – karyanya 😀
Akhirnya rasa penasaran saya selama 12 tahun terjawab sudah, mengetahui sejarahnya yang begitu menarik membuat saya kembali bernostalgia pada masa – masa saya di Sekolah Dasar. Tokoh Miffy membuat saya jatuh hati pada kelinci. Dimana ya tas dan kotak pensil itu sekarang?
– ditulis oleh Aussie Bara A.
Iklan

4 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

4 responses to “#165 Kelinci dari Utrecht

  1. rifawibisana

    nice artikel !
    *hmmm baru tau miffy asalnya dari utrecht…

  2. Yunaska WR

    “Kelinciku – kelinciku, kau manis sekali. Melompat kian kemari sesuka hati.”
    Sepenggal lirik lagu anak – anak dimasa kita kecil (bahkan mungkin sebelum kita lahir). Memang tidak ada yang bisa mengalahi pesona kelucuan hewan herbifora tersebut. Bukan berarti tidak banyak hewan – hewan lucu lainnya, tapi pembuatan lagu yang menggunakan tokoh kelinci mendakan bahwa banyak pula orang yang menyukai hewan tersebut, terbukti bahwa dari dulu sampai sekarang masih belum ada lagu yang menunjukkan hewan lain yang manis (dimasa sekarang sering kita ungkapkan dengan kata lucu) juga.

    Nice article! Semoga banyak yang membaca artikel ini, karena isinya membawa semangat kepada pelajar untuk berani menjawab dari setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru/dosen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s