#178 Wonderful Netherlands

Belanda? Negara yang satu ini sudah sangat familiar di benak orang Indonesia, mulai dari anak SD sampai orang dewasa sekalipun. Hal yang pertama kali muncul di benak kita mengenai negara yang biasanya orang Jawa sebut sebagai “Londo” ini adalah negara yang pernah menjajah Indonesia selama 350 tahun lamanya yang tercetak di buku sejarah Indonesia. Namun, itu dulu. Sekarang Belanda dan Indonesia sudah menjalin persahabatan dengan mengadakan kerjasama antar kedua negara, contohnya pada tahun 2011 lalu Indonesia dan Belanda sepakat untuk mengadakan kerjasama dalam hal pengembangan energi alternatif apalagi negara ini terkenal dengan pemanfaatan energi anginnya.
Belanda juga dikenal dengan keindahan alamnya, kecantikan bunga tulip yang membuat semua orang terpesona makin menambah daya pikat negeri kincir angin ini. Negeri kincir angin ini juga hebat dalam mengubah bentuk sebuah ide (imajinasi) menjadi bentuk tiga dimensi melalui inovasi-inovasi yang dilakukan. Sebagai contoh, beberapa wilayah di negara ini terletak di bawah permukaan laut dan tergenang oleh air, bagi sebagian orang pasti wilayah itu akan dibiarkan begitu saja, namun tidak berlaku pada negara ini, sekarang wilayah itu telah menjadi daratan seutuhnya melalui sistem Folder dan menggunakan bantuan kincir angin yang telah dilakukan beratus tahun yang silam dan sekarang ini sistem ini telah dipergunakan di berbagai negara. Hebat ya! Pemikiran beratus tahun yang lalu pun sudah sampai sejauh ini, bagaimana dengan pemikiran di masa sekarang? Tentu tidak kalah hebat dan mengagumkan.
Masa lalu dan sekarang pun Belanda masih sama, masih sering berinovasi baik dalam sains, teknologi, maupun bisnis. Baru-baru ini, untuk mengurangi masalah kemacetan Belanda membuat solusi dengan memperkenalkan mobil terbangnya bernama PAL-V yang bisa dikendarai baik di daratan maupun di udara. Bahan bakarnya pun mudah didapat karena menggunakan bahan bakar seperti kendaraan di darat pada umumnya. Benar-benar sebuah prototipe yang hebat dan semoga dapat segera terealisasi seiring dengan semakin bertambahnya laju pertumbuhan kendaraan dibandingkan dengan pertumbuhan jalan raya.
Saya sangat setuju dengan perkembangan teknologi yang dilakukan oleh Belanda, namun jika kendaraan seperti ini benar-benar akan terealisasi diharapkan akan ada aturan dan kebijakan tertentu yang dapat mengatur dan mengawasi pengguna seperti tata tertib atau pun aturan jangan sampai solusi yang diharapkan akan memecah suatu permasalahan akan menimbulkan masalah baru dalam penerapannya.

– ditulis oleh Dianti Dyah A. C. Putri

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s