#185 Negeri Para Nobel

Dari sebuah sumber berita yang telah aku baca, Belanda adalah negara dengan peringkat ke-10 sebagai penerima Nobel terbanyak. Salah satu penerima hadiah Nobel ternama dari Belanda adalah Andre Geim di tahun 2010 lalu pada bidang Fisika.

Selain itu, negeri yang terkenal akan bendungan-bendungannya ini menempati peringkat ke-3 dengan jumlah universitas terbanyak dalam World Reputation Ranking 2012. Lima universitas riset Belanda yang masuk ke dalam 100 besar dan dikeluarkan oleh Times Higher Education berdasarkan atas hasil 31,000 akademisi dari 149 negara. Lima universitas riset Belanda tersebut antara lain Delft University of Technology yaitu universitas teknologi tertua dan terbesar yang pionir di bidang teknologi dan inovasi, University of Amsterdam, Utrecht University, Leiden University, dan Wageningen University and Research Center.

Berdasarkan studi terkini mengenai karir profesional alumni Belanda menunjukkan bahwa kualifikasi pendidikan Belanda yang mereka miliki adalah aset yang berharga di pasar tenaga kerja. Hal ini bisa terjadi karena didukung oleh model pengajaran yang sangat interaktif dan berpusat pada peserta didik itu sendiri. Menghargai pendapat dan keyakinan individu merupakan landasan negara Belanda untuk memperkokoh akar masyarakatnya. Dan bentuk dari pendidikan tinggi di Belanda adalah menggunakan sistem pembelajaran berdasarkan pemecahan masalah yang melatih mahasiswa untuk menganalisis dan memecahkan segala permasalahan melalui perhatian pada pembelajaran yang mandiri dan disiplin.

Sifat khas dari negeri kembang tulip ini adalah mencapai keberhasilan tinggi di tingkat dunia. Apa yang dilakukan oleh pemerintah Belanda telah terbukti berhasil mencetak lulusan yang handal dan berkompeten di bidangnya yang patut untuk dipertimbangkan di dalam persaingan era global ini. Ditambah lagi dengan orang-orang Belanda yang selalu mempunyai ide-ide baru dan segar untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru. Tak heran jika tiap tahun ribuan orang berbondong-bondong berusaha agar bisa menempuh dan mengenyam pendidikan di negeri yang juga terkenal sebagai salah satu penghasil keju dengan kualitas baik. Belanda benar-benar menakjubkan.

– ditulis oleh Astutik

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s