#186 Total Voetbal, Seni Sepakbola Belanda

Sebagai Pria yang tumbuh remaja pada akhir era 90an, saya bukanlah saksi mata lahirnya sebuah seni sepakbola, Total Voetball. Namun hal ini tidak mengurangi kekaguman saya terhadap skema permainan sepakbola yang satu ini. Total Voetball atau Total Footballadalah sebuah seni permainan sepakbola asal Belanda, karya Rinus Michels.

Ketika skema permainan bertahan asal Italia, Catenaccio sudah dianggap usang dan tidak kompetitif, begitu pula tim nasional Brazil yang sudah meninggalkan Jogo BonitoTotal Football tetap dapat menjadi andalan. Total Football dipopulerkan pada tahun 1969 sampai 1973 oleh Ajax Amsterdam, kemudian menjadi skema permainan Belanda pada Piala Dunia 1974, dan hingga kini Total Football kerap diperagakan oleh sebagian besar klub di Belanda dan Eropa, seperti Barcelona.

Dari berbagai sumber, dikatakan bahwa inti dari Total Football adalah pergerakan pemain. Setiap pemain dituntut untuk dapat mengisi semua posisi di lapangan. Istilah Total Footballdiambil dari gerakan sosial yang digagas filosof Belanda yaitu Gerakan Total. Gerakan yang mengatur tata kota di Belanda yang dikenal padat penduduknya namun memiliki lahan yang sempit . Sebuah totalitas agar setiap ruang di Belanda dapat dimanfaatkan secara maksimal. Hal ini kemudian diterapkan dalam lapangan sepakbola dan menjadi senjata untuk mengalahkan lawan.

Barcelona merupakan “konsumen” setia Total Football sejak era kepelatihan Johan Cruijff. Memang Barcelona tidak menerapkan Total Football secara utuh, namun gaya bermain mereka yang memanfaatkan pergerakan pemain dan penguasaan bola merupakan adaptasi dari Total Football. Sekarang semua orang pasti tahu, betapa dasyatnya permaianan Barcelona.

Ide untuk mengadaptasi ketimbang mengadopsi Total Football yang dilakukan Johan Cruijff adalah jawaban dari era sepakbola yang terus berubah. Persaingan yang kian kompetitif, menuntut setiap pelatih untuk terus berinovasi. Pelatih Belanda saat ini, Bert van Marwijk, mengadaptasi Total Football yang identik dengan formasi 4-3-3 menjadi 4-2-3-1. Hasilnya timnas Belanda menjadi lebih seimbang dalam menyerang dan bertahan, serta membawa Belanda menjadi Runner-up Piala Dunia 2010.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana Rinus Michels bisa menciptakan sebuah skema yang tidak hanya dihormati di jamannya, namun juga masih disegani sampai saat ini?  Seni sepakbola lainnya seperti Catenaccio yang mengutamakan pertahanan, Jogo Bonito yang menonjolkan keindahan skill individu, atau Kick and Rush yang mengandalkan kecepatan, mulai dilupakan di kancah sepakbola modern. Hal mendasar yang membedakanTotal Football dari skema yang lain adalah kemampuan setiap pemain untuk bermain di semua posisi di lapangan dan tentu saja kolektivitas. Tanpa kedua hal tersebut, mustahil sebuah tim dapat menerapkan Total Football, karena modal inilah yang akan digunakan untuk menguasai permainan.

Sutradara-sutradara lapangan hijau asal Belanda turut andil dalam “melestarikan” Total Football sehingga tetap eksis dan ditakuti lawan. Walaupun tidak persis sama, Johan Cruijff, Frank Rijkard, Marko van Basten dan saat ini Bert van Marwijk, meramu skema permainan ala mereka sendiri dengan bumbu dasar Total Football. Tanpa disadari kreatifitas, orisinalitas, dan pelestarian suatu budaya berjalan bersama-sama menghadapi tantangan perubahan jaman, dalam hal ini adalah sepakbola di Belanda.

Menarik ditunggu, ide-ide apalagi yang dapat ditelurkan para arsitek sepakbola Belanda, khususnya pelatih Belanda saat ini, Bert van Marwijk, dalam mempersiapkan Belanda mengarungi Euro 2012. Apakah masih menggunakan Total Footbal sebagai dasarnya atau ada yang baru?

– ditulis oleh Anggara Gita

Iklan

33 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

33 responses to “#186 Total Voetbal, Seni Sepakbola Belanda

  1. LA

    dibutuhkan tenaga ekstra untuk menampillkan Total Football

  2. algaga

    Total Football juga melahirkan pemain2 hebat dan pelatih berkalas dunia melalui Ajax..

  3. Sinaga

    Total Football bisa eksis dibanding skema yang lain karena menghibur tp rasional untuk meraih kemenangan.. nice post..

    • setuju.. banyak negara mulai meninggalkan ciri khas permainan mereka, dan lebih banyak lagi negara yang tidak punya skema permainan yang khas, cuma belanda yang tetap betahan dengan ciri khas nya

  4. ARA

    Ada beberapa tulisan ttg Total Football. Tp ini yg paling mak nyuss. Tetap menulis om..

  5. BB

    Total Football. Permaianannya Enak dilihat, jadi ga bosen nontonnya

  6. alexdody piero

    FORZA JUVENTUS

  7. dodypiero

    Teruslah berlatih menulis. Jangan pernah berhenti menulis. Sebab menulis itu seperti menyetir mobil. Semakin tinggi jam terbang Anda, maka keahlian Anda pun semakin baik.
    Rajin-rajinlah membaca buku-buku yang berkualitasn. Dengan demikian, kegiatan membaca bagi seorang penulis sangat penting. Tulisan kita akan banyak diwarnai oleh jenis bacaan yang kita lahap. Bila Anda rajin membaca teenlit, maka Anda akan menjadi seorang penulis teenlit. Bila Anda rajin membaca opini di surat kabar, maka Anda akan menjadi seorang penulis opini.

  8. Sepertinya penjajahan Belanda di beberapa Negara, termasuk Indonesia, juga begitu total. Terus menjajah, tanpa memberi kesempatan. Tapi sehebat-hebatnya sebuah serangan pasti ada kelemahan, dan itu membutuhkan 3,5 abad untuk mengusirnya.. #PelajaranPSPB

  9. DetektifKelamin

    Masalahnya, total Football itu efektif ngga ya buat nahan serangan lawan? Kalo dia lagi asyik nyerang dan tau-tau lawan balik nyerang (counter attack), jadi kocar-kacir ngga tuh? Anyho, Belanda dan Inggris tetep jadi favorit gw. Nice article, masbro (^^)b

    • Bola itu Bundar… Keberuntungan juga jadi faktor x yang berperan.. Terus kenapa bisa kalah, kenapa bisa menang..?? | Takdir, Pak…| Coba tanya juragan Arab naro duit berape..?? Wakakakak

    • Nah oleh karena itu, pelatih2 belanda berusaha mengembangkan dan mengadaptasi total football biar sesuai dgn tantangan sepakbola modern. Pelatiih belanda skrg, bisa menyeimbangkan total football dalam menyerang dan bertahan. Thx atas komennya bro

  10. Ayno

    Piala dunia kemarin Runner-up, euro saatnya juara. Permainan cantik dan juara

  11. Anggira Ribka

    Wahh… baru tau kalau ternyata Total Football itu diambil dari kepadatan ruang kota di Belanda…

  12. alleSandra Donna

    Loe ngopy darimana? (ˇ_ˇ’!l) ga percaya gue,loe pinter gni,SMAnya mana ya? Pasti kakak kelasnya cantik2.. Italyyyy…!!

  13. Tapi kok kayanya Belanda jarang menang yah di Piala Dunia..

    Eh, nanya dunk. Kalo mau daftar buat artikel lain di kompetiblog gimana caranya? Saya udah daftar tanggal 10 kemarin. Masa isi formulir lagi?

  14. eg

    total voetball ny wokeh dibanding Catenaccio..
    tp pemain Italia ny ganteng2 sih..
    #komentarngacak

  15. ceking

    Semoga indonesia juga bisa maen cantik macam belanda..hehe

  16. Angga_cap10

    ini yang namanya MAKSENGKRING!!!! hidup NURDIN HALID!!!! hahahaha

  17. ana yunika

    Oohhh…ternyata filosofinya begitu toh … Baru tau saia… Bagussss 🙂

  18. Juara euro dengan permainan menghibur…

  19. johnraypurba

    langka! baru tauk gue total football dari belanda :s

  20. Pertahanan yang terbaik adalah serangan terbaik. Dukung Belanda yang sering sekali puas dengan gelar runner-up. Entah Euro ini akan selamat di group maut atau tidak. Biarkan Oranye menerjangnya. Uyyeeiii

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s