#187 Sebuah Kota “Zero Polution” di Belanda

Pernahkah anda membayangkan sebuah kota yang benar – benar bebas polusi udara dan tidak ada satupun kendaraan bermotor yang melintas? yang terlintas pertama kali di otak saya apakah itu Venisia? Ternyata jawaban saya keliru.

Berawal dari tugas kuliah yang diberikan oleh dosen saya mengenai penataan kota di daerah khusus, saya menemukan sebuah kota dimana seluruh jalur transportasinya menggunakan transportasi air, dan itu saya temukan di salah satu kota di Belanda.

Faktanya, pada abad ke – 19 masyarakat Belanda masih sangat ketergantungan terhadap infrastruktur air dan kekuatan angin hingga saat sekarang ini. Air dimanfaatkan sebagai jalur transportasi sungai. Kota yang memanfaatkan air secara penuh sebagai jalur transportasinya adalah Giethoorn.

Giethoorn merupakan sebuah kota yang terletak 5 km dibagian selatan Steenwijk Provinsi Overijssel dengan jumlah populasi penduduk  2.620 jiwa. Giethoorn merupakan kota di Belanda yang dinamakan sebagai “Venesia dari Utara” atau “Venesia dari Belanda”.

Kota ini menjadi terkenal, setelah tahun 1958, saat pembuatan film Bert Haanstra di Belanda, yaitu film komedi yang terkenal di sana. Hal itu memimbulkan dampak positive terhadap Giethoorn secara internasional yangmenjadi tujuan turis di Belanda.

Image

Awal mulanya, kota Giethoorn didirikan oleh sekelompok ‘fugitives’, yang datang dari sekitar 1230 daerah pinggiran Mediterranean. Penduduk pertama kali banyak menemukan tanduk dari kambing liar, yang mungkin telah mati pada 1170 di St Elizabeth karena banjir. Itulah sebabnya, pemukiman mereka Geytenhorn (geit = kambing), dan menjadi Giethoorn (dialek kambing = geit = giet).

Giethoorn kemudian dibangun menjadi kota yang bebas kendaraan berpolusi (car free). Sepanjang bagian dari kota, tidak ada jalan (kini ada jalur bersepeda), dan semua transportasi dilakukan melalui jalur air (kanal).

Giethoorn terbentuk dari rawa. Kota Giethoorn memperlihatkan karakteristik daerahnya berupa ’peatdigging’ (penggalian tanah). Para pendukuk menggali dan membuat pulau-pulau kecil di tempat yang mereka inginkan, lalu mencampur lumpur dan tanah sampai kering dan padat kemudian mereka membangun rumah.

Image

Hasil pemotongan rawa itu menjadi danau-danau dengan ukuran besar dan kecil, dan terbentuk kanal (jalur air) yang akhirnya mereka pergunakan sebagai jalur transportasi untuk menghubungkan satu tempat dengan tempat lainnya dan kemudian dibangun jembatan-jembatan tradisional. Sehingga terbentuklah sebuah desa yang kecantikannya tiada banding.

Sedangkan pada musim dingin, aktifitas desa terhenti dan keadaan desa nyaris seperti kota mati, karena semua kanal membeku yang tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai jalur transportasi. Namun hal ini masih dimanfaatkan oleh turis untuk dijadikan lokasi esketing yang menyenangkan.

Disamping pemusatan jalur transportasi dengan menggunakan transportasi air yang memiliki efisiensi dalam menanggulangi kemacetan serta polusi udara di sebuah perkotaan, bentuk penataan kota dengan kreativitas yang seperti ini pun menjadi daya tarik turis untuk berkunjung ke Belanda. Jempol lah untuk Belanda atas idenya.

– ditulis oleh Dini Hardilla

Iklan

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#187 Sebuah Kota “Zero Polution” di Belanda

  1. Hello Web Admin, I noticed that your On-Page SEO is is missing a few factors, for one you do not use all three H tags in your post, also I notice that you are not using bold or italics properly in your SEO optimization. On-Page SEO means more now than ever since the new Google update: Panda. No longer are backlinks and simply pinging or sending out a RSS feed the key to getting Google PageRank or Alexa Rankings, You now NEED On-Page SEO. So what is good On-Page SEO?First your keyword must appear in the title.Then it must appear in the URL.You have to optimize your keyword and make sure that it has a nice keyword density of 3-5% in your article with relevant LSI (Latent Semantic Indexing). Then you should spread all H1,H2,H3 tags in your article.Your Keyword should appear in your first paragraph and in the last sentence of the page. You should have relevant usage of Bold and italics of your keyword.There should be one internal link to a page on your blog and you should have one image with an alt tag that has your keyword….wait there’s even more Now what if i told you there was a simple WordPress plugin that does all the On-Page SEO, and automatically for you? That’s right AUTOMATICALLY, just watch this 4minute video for more information at. Seo Plugin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s