#189 Peka Terhadap Lingkungan Memberi Manfaat Lebih Lho!!

Beberapa waktu yang lalu saya dengar berita kalau tarif listrik naik, dan baru – baru ini kita dihebohkan bahwa harga minyak juga naik. Apa yang terjadi? Pernah dengar bukan kalau dunia sekarang menggalami krisis energy. Dimana – mana sekarang baik negara berkembang seperti Indonesia dan negara – negara maju sedang mengembangkan proyek energy alternative,

Energy alaternative dari tenaga nuklir yang dikembangkan oleh Jepang termasuk juga menjadi perhatian Indonesia. Energy alternative tenaga nuklir, memiliki akibat yang cukup parah jika terjadi kebocoran.

Kenapa kita tidak menggambil energy alternative dari alam dan lingkungan seperti energy angin mengingat kuantitas angin di Indonesia juga cukup tinggi, seperti yang dilakukan Belanda bertahun – tahun lalu dengan Kincir anginya.

Dewasa ini Belanda tidak hanya mengembangkan energy alternative dari angin tapi juga mengembangkan Vibration energy sebagai energy alternative. Vibration energy adalah getaran dari kendaraan yang kemudian diubah menjadi energi, dengan bantuan material piezoelectric. Materi ini nantinya digunakan pada permukaan jalan raya. Jadi nantinya, jumlah kendaraan yang lewat dan jumlah elemen piezo di jalan sangat mempengaruhi jumlah energi yang dihasilkan.

Kedepannya mereka akan memasang material piezo ini tidak hanya di bawah jembatan dan viaduct, namun juga di bawah lempengan jalan beton, polisi tidur, di samping jalur kereta api ataupun di saluran air drainase.

Disamping itu, pembangunan tanggul – tanggul di Belanda (kanal), seperti halnya tanggul Afsluitdijk, tanggul yang memisahkan Ijsselmeer (air tawar) dan Laut Wadden (air asin), tidak hanya berfungsi sebagai penahan air laut agar tidak terjadinya banjir besar di Belanda ataupun menahan dari badai besar di Belanda. Tapi mega proyek ini juga memberikan kontribusi lainnya. Perbedaan antara air tawar dan asin itu menimbulkan perbedaan tegangan yang bisa menghasilkan listrik.

Hal ini dapat menciptakan sebuah pembangkit energi dari air tawar dan air asin. Ini tampaknya menjadi sumber energi baru berkesinambungan yang mudah diakses. Peneliti Leeuwarden akan mencaritahu seberapa sukses sebenarnya blue energy ini dalam penerapan dalam pemenuhan listrik di Belanda. Secara teoritis, proses ini setidaknya dapat menampung pasokan listrik setidaknya 100% untuk Belanda.

Dari 3 hal yang coba dikembangkan oleh pihak Belanda, saya pikir juga dapat di kembangkan oleh Indonesia mengingat jumlah kendaraan di Indonesia cukup tinggi dan Indonesia juga memiliki banyak situ yang dapat dimanfaatkkan sebagai energy alternative.

– ditulis oleh Dini Hardilla

1 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

One response to “#189 Peka Terhadap Lingkungan Memberi Manfaat Lebih Lho!!

  1. rizal ardianto

    kembangkan terus energi terbarukan, dan kenapa kita tdk meniru belanda membuat kincir angin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s