#193 Peran Industri Kreatif dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Negara Belanda

Sejak beberapa tahun terakhir, kata-kata industri kreatif sudah tidak asing di telinga kita. Industri kreatif dapat memicu tercapainya ekonomi kreatif. Belanda sebagai negara yang terkenal dengan kreativitasnya juga mencantumkan industri kreativ sebagai salah satu sektor utamanya. Seperti apakah gambaran industri kreatif di Belanda? Dan bagaimana peran sektor industri kreatif ini dalam perekonomian di Belanda?

Perekonomian Belanda bersifat terbuka. Negeri kincir angin ini banyak bergantung pada perdagangan internasional, baik ekspor maupun impor. Menurut data dari id.alumnieeni.com, dengan pendapatan per kapita 30,600 USD, Belanda memiliki angka ekspor sebesar 3,54 % dan impor sebesar 3,18%. Ekspor utama Belanda bergerak di bidang bahan makanan, mesin dan kimia. Meskipun sektor pertanian hanya memberikan kontribusi 4%, namun  negeri ini mampu menjadi pengekspor makanan terbesar setelah Amerika Serikat dan Prancis. Dan angka inflasi di negara Belanda selalu direncanakan untuk tetap berada di bawah 1,5 %.
Industri kreatif Belanda terdiri dari desain, arsitektur, fashion, tari, format TV, computer games, dll. Industri ini lah yang memberikan gambaran secara umum tentang negeri Belanda. Bermodal budaya yang beraneka ragam dan memiliki kekhasan sendiri, Belanda sebagai negeri yang penuh kreativitas dapat menjadi negara tujuan wisata dengan jumlah turis mencapai rata-rata 3000 orang setiap tahunnya. Industri kreatif memang mencerminkan tentang apa yang khas dari suatu negara tersebut, yang tidak dimiliki oleh negara lain.
Namun, apa anda tahu seberapa besar peran industri kreatif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Belanda? Bayangkan saja, ada 261.000 orang di Belanda yang bekerja di sektor industri kreatif. Untuk industri fashion saja menghasilkan pendapatan tahunan mendekati 9 milyar Euro, 4,4% berasal dari ekspor. Dan yang tidak kalah mengejutkan, omset untuk ekspor musik mencapai hingga 35,9 milyar Euro dengan 37% berasal dari musik tari. Pemerintah Belanda pun sangat mendukung penuh sektor industri kreatif, salah satunya dengan pembentukan Dewan Industri Kreatif Belanda (Dutch Creative Industries Council/D-CIC).
Industri kreatif memberikan kontribusi nyata pada masyarakat dan ekonomi Belanda, serta turut meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menyediakan lapangan kerja yang substansial. Menurut Explorative Study of the Creative Industry SenterNovem tahun 2009, nilai tambah industri kreatif mencapai sekitar 16,9 milyar Euro, atau lebih dari 3% GDP.  Rata-rata dalam periode 2004-2007, pertumbuhan lapangan kerja di sektor industri kreatif sebesar 6% jauh diatas pertumbuhan lapangan kerja sebesar 3%.  Sektor arsitektur mempekerjakan 33.500 orang, turnover 10.9 milyar euro. Ekspor pertahun industri kreatif mencapai 7 milyar euro atau 1,7 % total ekspor Belanda (Berenschot, 2008, commission by Innovative Platform).
Dengan melihat data-data tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa industri kreatif Belanda memang menyumbang cukup besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Belanda. Hal ini tentu saja tidak hanya karena adanya peran pelaku ekonomi, namun juga berkat dukungan penuh dari  pemerintah Belanda. Dukungan tersebut salah satunya melalui penerapan standar tinggi pendidikan desain di Belanda seperti Design Academy of Einhoven, yang dinyatakan oleh Time Magazine sebagai “School of Cool” dan Artez Fashion Institute di Arnhem.
Industri kreatif Belanda memang memiliki selling point, diantaranya Belanda merupakan pionir internasional di event-event musik dan tari, kuat di bidang komunikasi desain, memiliki pengalaman tentang pendekatan terpadu pembangunan kota dan proyek konstruksi, bukan hanya arsitektur tetapi juga lingkungan sekeliling, kesinambungan, konteks sosial dan perencanaan. Selain itu Belanda juga terkenal sebagai negara yang inovatif. Maka tidak mengherankan jika industri kreatif di Belanda dapat berkembang pesat. Hal ini tentunya berdampak positif pada perekonomian negeri kincir angin ini.
– ditulis oleh Kusdiana Lusi Kartikasari

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s