#195 Kantung Plastik sebagai Pengganti Toilet

Kemajuan teknologi membuat perkembangan pola hidup manusia yang lebih cepat serta instan dengan ini dapat disebut era modern. Tak halnya kereta api yang dulunya hanya menggunakan teknologi mesin uap hingga perubahan zaman dengan adanya mesin listrik dengan kecepatan tinggi, sebagai contoh Jepang menciptakan kereta listrik yang bernama Shinkansen dengan kecepatan waktu tempuh hampir sekitar 300 km/jam. Di Belanda kereta listrik tersebut telah menyusul dengan kecepatan waktu yang cukup luar biasa juga.
Kecanggihan teknologi kereta Belanda yang diusung badan PerkeretaapianNederlandse Spoorwegen (NS) kerap menuai pujian, di antaranya karena presisi waktu yang luar biasa. Namun, kecanggihan kereta api di Negara Kincir Angin tersebut tercoreng akibat tidak adanya toilet untuk penumpang menunaikan hajat. Untuk mengatasi hal ini, NS mengeluarkan terobosan baru, yaitu kantung plastik anti bocor yang diberi label TravelJohn. Dilansir dari harian Die Welt, Senin 7 November 2011, kantung itu akan tersedia di 131 kereta baru di Belanda yang tidak dilengkapi toilet.
Gambar Logo Travel John, plastik untuk buang air (traveljohn.com)
Sesuai dengan namanya tagline TravelJohn, ‘Solusi Yang Bijak! Kapan Saja! Dimana Saja!’, kantung plastik ini dapat digunakan bahkan di tempat duduk kereta sekalipun. Sebuah solusi bagi mereka yang ingin buang air di tengah perjalanan. Selain anti bocor, di dalam kantung tersebut terdapat bubuk putih yang akan berubah menjadi gel jika terkena cairan. Setelah digunakan, penumpang dapat meninggalkan TravelJohn dalam kereta atau membawanya dan membuangnya ke tong sampah terdekat.
Terobosan terbaru ini membawa kabar baik bagi rakyat belanda sendiri karena sebelumnya banyak gerbong kereta listrik belanda belum melengkapi fasilitas toilet, kantung plastik cukup murah di pasaran perkeretapian belanda, sekaligus lebih praktis dalam penggunaanya.
– ditulis oleh Eka Hasibuan
Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s