#205 Teknologi Inovatif dari Negeri Bunga Tulip

Layaknya bunga tulip yang berwarna warni serta memiliki keunikan tersendiri, sebuah daerah dengan sebagian besar datarannya berada di bawah permukaan laut telah mempesona siapa saja yang telah mengunjunginya. Ya, Belanda itulah namanya. Sebuah negara dengan luas setara dengan delapan kali luas pulau dewata ini memiliki berbagai julukan unik yang tidak asing lagi ditelinga setiap orang.

Total football, kincir angin, dam dan bunga tulip melekat padanya sebagai identitas yang mengarah pada keberadaan sebuah tempat dibagian barat benua biru. Belanda selalu memberikan tempat dihati semua orang. Perkembangan sains teknologi, pendidikan, olah raga dan banyak bidang lainnya memperlihatkan negara ini sebagai sebuah tempat yang kaya dengan inovasi.

Salah satu yang menarik dari inovasi tersebut adalah dikembangkannya berbagai sumber energi listrik alternatif. Sebagai negara dengan julukan kincir angin, tentulah sebagian energi listrik kebutuhan rumah tangga negeri bunga tulip ini dicukupi oleh energi listrik tenaga angin. Sampai saat ini, pengoptimalan energi ramah lingkungan ini terus dikembangkan. Jangan lupa, Belanda memiliki perusahaan terbesar didunia yang mampu mengkonversi sampah menjadi enegi listrik pula. Seolah tidak puas dengan inovasi ramah lingkungannya, baru baru ini sebuah universitas di Belanda mempublikasikan penelitiannya mengenai sumber energi listrik alternatif yang unik pula, apakah itu?

Percayakah anda jika lalu lalang kendaraan di jalan raya dapat menghasilkan energi yang digunakan untuk menyalakan lampu lalu lintas? Hmmm,jangan pesimis dulu! Hal ini sedang dikembangkan dinegeri bunga tulip. ”Getaran molekul” dua buah kata inilah yang mewakili bahan piezoelektrik. Para ilmuwan salah satu universitas di Belanda melakukan eksperimen terkait dengan getaran yang dihasilkan mobil pada jalan.Getaran yang dihasilkan dari arus lalu lintas, digunakan untuk menggetarkan molekul bahan peizoelektrik yang nantinya dikonversi menjadi  energi listrik, menarik bukan?

Tak sebatas getaran dijalan raya saja, rencananya bahan piezoelektrik tersebut akan diaplikasikan pada beberapa jembatan di Belanda. Lebih jauh lagi, bahan yang sama akan diintegrasikan pula di tepi lintasan kereta api ataupun ditepi saluran irigasi. Logikanya sederhana, bahan tersebut hanya butuh getaran dari luar untuk memproduksi energi listrik. Jadi semakin besar getaran yang timbul, besar pulalah energi listrik yang dihasilkan. Bukankah ini suatu pesona inovasi yang unik! Bayangkan saja,aktivitas manusia yang kesannya boros energi dapat menghasilkan energi yang ramah lingkungan pula. Tentunya, dua acungan jempol mestinya diberikan ke negeri bunga tulip ini dengan pesona inovasi energi alternatif yang unik, layaknya harmoni warna warni bunga tulip dibarat benua biru.

– ditulis oleh Surya Gumilar

16 Komentar

Filed under entri, kompetiblog2012

16 responses to “#205 Teknologi Inovatif dari Negeri Bunga Tulip

  1. fajree

    tulisan yang bagus, dan meinspirasi
    hai, teman , salam kenal, mau berbagi tulisan nih saya juga peserta kompiti blog!
    kemenangan bagi saya ketika orang lain dapat membaca tulisan saya dan bermanfaat tentunya.
    jadi selamat membaca !

    https://kompetiblog2012.wordpress.com/2012/05/17/511-perhiasan-jendela-dunia-extreme-creativity-from-netherlands/#comment-2308

  2. Dea Agnes

    waah inovasi yang cukup kreatif jugaa..semoga penelitiannya cepat selesai dan memang benar-benar bisa digunakan sebagai energi alternatif yang ramah lingkungan..

  3. Hadi

    setuju …… tapi kalo hanya bisa berargumen tanpa ada aplikasi buat negara sendiri hanya bisa “tepuk tangan- hore …..

  4. ipah

    inovasi yang sangat bagus, getaran lalu lintas di jalan raya yang kebanyakan orang menganggap tidak penting dapat menjadi sebuah penemuan yang hebat… 🙂

  5. fikar

    nice info, tinggal tunggu aja perkembangan dari negeri kincir angin.

  6. gagasan bagus, tinggal bilang ke SBY ja sur

  7. bagus gasgasn tersebut,, tinggal surya bilang ke SBY ja untuk acc he…

  8. gagasan bagus,,kira2 berapa biaya dan berapa lama untuk menerpkan proyek gagasan tersebut?

  9. gagasan bagus,,klo gagasan trsbut diterapkan di indonesia kira2 berapa biaya y?

  10. sainsforall

    gOod i like it, tidak semua orang bisa menulis untuk bisa menulis membutuhkan pengetahuan yang luas seluas samudra agar tulisan itu bermakna dan menjadi inspirasi dapat menjadi penggerak perubahan jaman. Alat yang lebih tajam dari pedang adalah tulisan. Apapun hasilnya tetap melakukan yang terbaik,,, dukungan untuk mu,,, Agar tajam harus sering diasah. Topiknya ga jelek walaupun aku merasa ada topik lain yang dapat diangkat mengenai kepribadian/karakteristik orang negeri belanda. Aku ga tau karakteristik orang negeri belanda tapi dulu dapat menguasai negeri ini 3.5 abad bukan waktu yang singkat. Pasti ada sesuatu yang membuat mereka dapat melakukan hal itu. komentar: menarik dan membikin penasaran

  11. wah, sepertinya biaya nya akan mahal tuh….

  12. Semoga biaya produksi alatnya tidak lebih besar dari biaya pembelian energi konvensional. Jangan sampai seperti nasib energi cahaya yang belum selesai PR-nya gara-gara biaya panel “Surya” yang mahal………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s